gentlemancode.id
Mengenal Lebih Jauh Apa Itu DISC

MENGENAL LEBIH JAUH APA ITU DISC

Published on Wednesday, 02 May 2018

Bro, apakah Lo sudah pernah mendengar istilah DISC sebelumnya? Istilah ini biasa terdengar ketika Lo ikutan psikotest untuk masuk sebuah perusahaan. DISC sendiri adalah singkatan dari dominance, influence, steadiness, and consentious, empat kategori sifat yang biasa digunakan dalam dunia psikologi, khususnya bidang human resources. Tapi jangan salah, banyak juga yang menggunakan cara ini dalam mengenal teman atau rekan di lingkungan sekitar, bro! Mengenal lingkungan sekitar menjadi salah satu hal yang penting lho terutama waktu Lo baru mulai bekerja di tempat yang baru. 

Pada tahun 1940, seorang psikolog industri (industrial psychologist) bernama Walter Clark mengembangkan sebuah teori profil kepribadian dengan menggunakan hasil penelitian psikolog sebelumnya dan teori ini dianggap masih relevan hingga saat ini.

Biar makin jelas, berikut ciri-ciri dari empat kategori profil kepribadian berdasarkan teori DISC:

Dominance
Sebuah karakter pribadi yang cenderung results-oriented dan cepat dalam melakukan keputusan.

Influence
Adalah mereka  yang mudah bergaul dan biasa disebut sebagai people-person karena mereka senang berinteraksi dan memiliki sifat antusias.

Steadiness
Tipe karakter yang dapat diandalkan dan biasanya pandai bekerjasama dengan rekan satu kantor alias team player.

Conscientious
Adalah karakter pribadi yang detail-oriented alias suka memperhatikan hal-hal kecil dan senang menganalisa sekitar

Buat Lo yang sudah terjun ke dunia kerja, penting buat mengenal rekan kerja yang berada di sekitar Lo, gunanya adalah supaya Lo bisa menempatkan diri dengan baik baik dalam berbagai situasi. Hal ini bahkan bisa dibilang sangat penting khususnya bagi seorang yang memiliki posisi managerial dan memiliki anak buah. Contoh, diperlukan seorang dengan karakter consentious untuk tipe pekerjaan yang berhubungan dengan report dan data, namun diperlukan seseorang dengan karakter Influence untuk menjalankan pekerjaan yang berhubungan dengan bidang komunikasi atau sosialisasi.

Harapannya, dengan mengenal profil kepribadian rekan kerja, Lo dapat dengan lebih baik menempatkan diri sehingga tim kerja tersebut dapat bekerja dengan lebih efektif. Untuk itu, Lo perlu menyesuaikan diri dengan tipe profil kepribadian orang yang sedang Lo ajak kerjasama. Sebagai contoh, Lo bisa membahas agenda meeting dengan detail ketika rekan kerja yang Lo ajak meeting adalah seorang dengan karakter consentious, tapi bisa jadi berbeda halnya ketika rekan kerja yang Lo ajak meeting adalah seorang dengan karakter Dominance.

Lanjut!

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Lo coba terapkan ketika sedang berhadapan dengan masing-masing dari tipe profil kepribadian:

Dominance

Lo sedang perlu membahas hasil akhir yang ingin dicapai, ketika sedang berbicara dengan seorang berkarakter dominance maka biarkan mereka mencari tahu bagaimana caranya. Sebaiknya jangan coba untuk mengatur terlalu banyak langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk menghindari diskusi yang cenderung akan mengarah pada argumen tak berujung alias debat kusir. 

Influence

Dengan rekan kerja yang memiliki profil kepribadian influence, pendekatan yang biasanya cocok untuk mereka adalah melalui cara yang personal, santai dan bernuansa optimis. Hindari penyampaian yang terlalu detil atau terlalu serius, biasanya mereka lebih senang jika terselip humor di tengah diskusi. Buat suasana diskusi menjadi menarik atau seru dan hargai pendapat mereka.

Steadiness

Rekan kerja dengan profil kepribadian steadiness biasanya lebih senang pada pendekatan yang bernuansa ramah dan tidak terburu-buru. Mereka lebih menyukai penjelasan dengan step-by-step dengan tujuan agar target yang diinginkan bisa tercapai. Mereka sangat menghargai janji yang ditepati. Mereka kurang suka dengan perubahan yang mendadak dan drastis atau bisa dibilang senang dengan zona nyaman.

Consentious

Rekan kerja berkarakter consentious biasanya lebih menyukai pembahasan yang detil. Hindari jawaban yang mengambang dalam menanggapi pertanyaan yang mereka sampaikan. Sampaikan informasi yang benar-benar sudah pasti dan bukan sekedar "katanya" karena mereka hanya percaya pada fakta dan data, bro!

Nah, yang harus Lo lakukan pertama kali adalah menilai kira-kira Lo termasuk yang mana ini? Biasanya akan muncul dua dari empat kategori yang bisa menggambarkan sedikit banyak tentang bagaimana Lo bekerja. Setelah itu, baru mulai untuk menilai orang kira-kira mana dari empat karakter yang sesuai dengan dia.

Sekarang sudah banyak kok tes DISC gratis yang bisa Lo ikuti dari internet. So, selamat mencoba bro!

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini