gentlemancode.id
Mengenal Motor Cafe Racer

MENGENAL MOTOR CAFE RACER

Published on Monday, 26 March 2018

Saat para pengemudi mobil harus menunggu antrian macet, mereka yang naik motor bisa dengan mudah mencari celah untuk tetap jalan menerobos kemacetan. Itulah yang menjadi alasan kenapa motor memang pilihan paling ampuh untuk menghadapi sadisnya macet di jalanan yang semakin gila seperti sekarang. Dengan kelincahannya, kita bisa dengan mudah bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya.

Ada banyak banget jenis motor yang beredar, tapi ada satu jenis motor yang sekarang ini bisa dibilang lagi naik daun dan banyak digandrungi pria muda, namanya Cafe Racer. Nama Cafe Racer pertama kali muncul di London pada tahun 1950-an lalu kemudian berkembang meluas ke seluruh dunia menjadi sebuah subculture bagi para pecinta motor yang suka ngebut dengan berpenampilan ala rock and roll.

Jadi apa sih yang disebut dengan Cafe Racer? Bisa dibilang Cafe Racer adalah definisi dari si pengendara dan pilihan mesin / motor yang ia pakai sebagai sarana transportasi sekaligus simbol gaya hidup. Ciri khas Cafe Racer ada pada penampilan mereka yang cool dan terkesan rebel. Budaya Cafe Racer punya dampak yang signifikan untuk industri sepeda motor karena telah menjadi faktor pendorong lahirnya beberapa motor legendaris seperti Royal Enfield Continental GT 535 yang old school atau Kawasaki W175 yang tahun kelahirannya jauh lebih muda.

Bisa dibilang, dua motor tersebut adalah inspirasi bagi para anak motor yang melakukan modifikasi terhadap kendaraan mereka untuk mendapatkan look and feel motor ala Cafe Racer. Namun bagi mereka yang ingin beli motor Cafe Racer tanpa perlu modifikasi berat ya bisa langsung aja beli, dengan catatan, sebelum beli ada baiknya kenali dulu contoh motornya nih bro!

Royal Enfield

Mengenal Motor Cafe RacerBerdiri sejak tahun 1839, Royal Enfield adalah satu motor legendaris yang sampai sekarang masih diproduksi secara masal. Awalnya the Enfield Cycle Company dikenal sebagai produsen senjata laras panjang, hal ini bisa terlihat dari logo mereka yang bentuknya meriam, serta moto mereka: "Made Like A Gun". Dua hal yang akan didapat oleh seorang pengedara motor Royal Enfield adalah kualitas dan eksklusivitas karena keunikan motor premium ini.

Motor Royal Enfield pertama kali diproduksi tahun 1948 dengan mesin empat tak dan silinder tunggal dengan dua tipe pilihan yaitu 350 CC dan 500 CC. Motor ini digunakan sebagai kendaraan militer oleh pemerintah Inggris pada saat perang dunia kedua. Walaupun pada tahun 1971 perusahaan produsen motor ini berpindah lokasi dari Inggris ke India, namun euforia dan bisnis penjualan mereka terus berlanjut tanpa hambatan hingga saat ini.

Sejak mereka berpindah lokasi ke India di tahun 1971, Royal Enfield kembali memasarkan motor mereka ke Inggris pada tahun 1984. Dan kerennya, sampai saat ini motor Royal Enfield dijual melalui sekitar 300 dealer mereka yang tersebar di kurang lebih 42 negara, termasuk Indonesia, Bro!

Concept Store Royal Enfield Indonesia berlokasi di Jl. Pejaten Barat I No.5, RT.1/RW.8, Pejaten Bar., Ps. Minggu, DKI Jakarta dan memiliki desain interior yang sengaja dibuat mirip dengan ruang keluarga seorang anak motor lengkap dengan display baju, aksesoris dan lampu yang berbentuk headlamp.

Kawasaki W175

Mengenal Motor Cafe RacerPada tahun 1960-an Kawasaki adalah sebuah perusahaan produsen pesawat terbang yang mengakuisisi sebuah perusahaan motor bernama Meguro, sehingga mereka mendapatkan izin untuk memproduksi mesin motor dengan mesin 500 CC. Meguro sendiri adalah sebuah perusahaan motor asli Jepang yang pada saat itu sedang mengalami kesulitan keuangan dan di akuisisi oleh pihak Kawasaki yang kemudian mampu membantu bisnis sang produsen motor tersebut untuk kembali berjalan sesuai rencana. Lalu pada tahun 1963, Kawasaki Motorcycle Corporation secara 100% mengakuisisi Meguro dan melanjutkan aktivitas produksi motor perusahaan tersebut.

Kawasaki pertama kali mengeluarkan motor varian seri W pada tahun 1965 dan mulai mendistribusikannya di pasaran Amerika Utara pada tahun 1966. Yang menjadi kekuatan utama motor seri W ini adalah kapasitas mesin yang sangat besar, bro!

Pada tahun 1965 mereka meluncurkan sebuah varian motor baru dengan mesin 624 CC yang diberi nama Kawasaki W1. Sebuah motor yang punya tangki bensin yang lebih enak dipandang, spakbor yang lebih sporty dan beberapa detail desain lain yang khusus dibuat untuk menarik minat pasar Amerika Utara.

Lalu pada tahun 2017, Kawasaki meluncurkan Kawasaki W175 di Indonesia secara resmi dengan spesifikasi mesin 177 CC, piston tunggal dan engine balancer. Motor Kawasaki ini menggunakan karburator Mikuni VM24, sistem pembuangan bergaya peashooter dan pipa header lengkung. Velg yang digunakan berukuraan 17 inci dengan jari-jari krom yang mampu memberikan kesan klasik yang semakin dominan. Tipe W175 sendiri memiliki dua varian yaitu varian Standard dan Special Edition (SE). 

Pada tipe SE, baut yang dipakai memiliki warna chrome dan mesin berwarna hitam sehingga menghasilkan kesan lebih klasik, mewah dan elegan. Sementara warna dan corak jok pada tipe SE adalah garis-garis, jauh berbeda dengan tipe standar yang muncul dengan jok dengan warna polos. Jadi, intinya perbedaan dua tipe ini nggak terlalu signifikan sebetulnya karena hanya berbeda pada detail tampilan aja.

Kendaraan Adalah Bagian dari Style

Dua motor tersebut boleh banget dijadikan pilihan buat Lo para gentleman yang percaya bahwa kendaraan adalah bagian dari style. Minat dan hobi otomotif seperti ini emang seru banget buat dicoba, karena nggak cuma bisa dapet kesan keren yang didambakan dan bikin pede, tapi juga bisa nambah teman karena biasanya ada komunitas sesama pecinta motor Cafe Racer. Bagaimana, tertarik bro?

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini