gentlemancode.id
Sejarah Motor Paling Keren di Dunia, Harley Davidson

SEJARAH MOTOR PALING KEREN DI DUNIA, HARLEY DAVIDSON

Published on Friday, 23 March 2018

Harley Davidson merupakan pabrikan motor paling ikonik dari Amerika. Diciptakan di sebuah gudang kecil pada tahun 1903 oleh William S. Harley dan saudaranya Arthur dan Walter Davidson di Milwaukee, Wisconsin, mereka mulai membuat sepeda motor cruiser tradisional yang menggunakan V-Twin Engine berpendingin udara. 

Ketika Harley dan Davidson membuat dan menjual motor pertama mereka pada tahun 1903, motor mereka menjadi salah satu motor yang unik diantara motor yang ada disana saat itu. Sekarang, Harley Davidson sudah menjadi bagian dari budaya Amerika dan bagian dari sejarah negara itu sendiri.

Harley Davidson didirikan pada tahun 1907, tepat dengan bergabungnya William Davidson dengan kedua saudaranya Harley. Bermarkas di Milwaukee, Harley Davidson mulai memperkerjakan karyawan dan mereka mulai memproduksi motor yang menggunakan mesin yang menjadi ciri khas mereka yaitu 45-degree air-cooled V-Twin.

Dari waktu ke waktu, Harley Davidson terus berkembang. Penjualan paling banyak dihasilkan dari militer Amerika yang mengambil motor Harley selama perang dunia pertama.

Semakin kesini Harley Davidson terus berkembang dengan pesat, satu-satunya yang menjadi pesaingnya saat itu adalah Indian. Sekali lagi Harley Davidson memperluas produksinya pada masa damai dan memproduksi lebih banyak motor untuk militer Amerika pada masa perang dunia ke dua.

Harley Davidson mengalami pergantian kepemilikan pada tahun 1960, dan mulau Go public pada tahun 1965 dan bergabung dengan AMF (American Machine and Foundry) pada tahun 1969. Penurunan pendapatan membuat AMF menjual kembali sahamnya kepada pemilik saat ini, yang termasuk anggota keluarga pendiri, di awal tahun 1980. Keterlibatan keluarga Davidson dalam menjalankan Harley Davidson terus berlanjut, dengan Willie G. Davidson yang menjabat sebagai President of Styling.

Tahun 1980 dan 1990 adalah tahun dimana Harley Davidson memperkenalkan model-model motor yang terus berlanjut sampai sekarang seperti Softail, FLT, Road King dan Electra Glide. Pada tahun 1990 Harley Davidson juga memantapkan cengkramannya atas sepeda motor Buell, dengan mengambil sebagian besar saham dan menjual motor Buell di banyak dealer Harley Davidson.

Dari waktu ke waktu, Harley Davidson tetap mempertahankan citranya sebagai ikon motor klasik Amerika. Meskipun begitu, mereka tetap berusaha untuk menjangkau pasar yang lebih luas dengan memperkenalkan model yang berorientasi kepada kinerja seperti V-Rod yang menggunakan pendingin liquid. Selain itu, demi menarik pelanggan yang lebih muda, Harley Davidson juga merilis dan melakukan make over kepada model-model klasik yang mereka miliki seperti Cross Bones dan Iron 883.

Harley Davidson juga sudah bekerja keras untuk meningkatkan kualitas motor touring mereka. Pada tahun 2009, motor ini tidak menggunakan lagi kerangka tunggal yang sudah melekat selama 30 tahun. Harley Davidson menggantinya dengan rangka single-spar dan rangka rigid backbone. Perubahan ini juga membuat motor ini menjadi lebih lebar dan swingarm yang lebih panjang. Pada tahun tersebut juga Harley Davidson memperkenalkan motor roda tiga mereka yang dikenal dengan Tri Glide yang memiliki gaya klasik dan fitur touring Classic Electra Glide.

Racing History

Kebanyakan orang mungkin lebih mengenal motor Harley Davidson untuk model motor penjelajahnya saja seperti model Cruisers. Tapi, motor Harley Davidson pernah punya sejarah dalam dunia balapan juga, bro. Sebelum perang dunia ke dua, Joe Petrali banyak mendapatkan gelar di kejuaraan balap Grand National dengan menggunakan motor dari Harley Davidson.

Pasca Perang, Harley Davidson juga sempat mencatatkan keberhasilan di dunia balap jalanan. Satu nama yang sering dikaitkan dengan Harley Davidson adalah Cal Rayborn. Cal Rayborn pernah memenangkan kejuaraan Daytona 200s untuk Harley dan juga memecahkan rekor motor paling cepat dengan 165.492 mph.

Di jalur tanah, Harley Davidson XR750 mendominasi seri AMA. Pengendara paling sukses dalam track ini adalah Scott Parker, yang mencatat 93 kemenangan dan Sembilan gelar kejuaraan di bawah bendera Harley Davidson. Selain Scott Parker, pembalap lain yang terkait dengan nama Harley Davidson dan XR750 adalah Chriss Carr, juara flat track tujuh kali.

Pada tahun 2009, Andrew Hines dan Eddie Krawiec memimpin tim Vance & Hines NHRA. Krawiec memenangkan gelar NHRA pertamanya pada tahun 2009, sementara pebalap dan juara bertahan Kenny Coolbeth terus menjadi pengendara untuk dikalahkan dalam seri AMA Flat Track.

Engines

Dari pertama, Harley Davidson selalu konsisten dengan jenis mesin yang mereka gunakan yaitu 45-degree air-cooled V-Twins Engines. Dibawah ini adalah beberapa mesin yang sudah digunakan oleh Harley Davidson selama ini, diantaranya adalah:

Twin Cam 103 1999-2006 
Twin Cam 96 2007-Present 
Twin Cam 88B (counter balanced version of the Twin Cam 88) 2000-2006 
Twin Cam 88 2000-2006 
Evolution 1340cc 1984-1999 
Shovelhead 1966-1985 
Panhead 1948-1965 
Knucklehead 1936-1947 
Flathead 1930 -1948 
F-Head, aka JD, pocket valve and IOE (intake over exhaust) 1914-1929 (1000cc), and 1922-1929 (1200cc) 
Revolution Engine 2001-Present 
Evolution Sportster 1986-Present 
Ironhead Sportster 1957-1985 
Flathead K Model 1952-1956

Baca juga: Jenis-jenis sepeda motor

Referensi:
[1] http://www.motorcycle-usa.com

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini