gentlemancode.id
Tips menghasilkan Foto Pro dengan Kamera Handphone

TIPS MENGHASILKAN FOTO PRO DENGAN KAMERA HANDPHONE

Published on Saturday, 14 October 2017

Bro, siapa diantara Lo yang suka nyolong momen diem-diem untuk ngambil foto pake handphone? Emang seru sih Bro, tapi kadang hasilnya emang nggak sebagus yang kita mau. Nah untuk mengambil foto di momen yang waktunya nggak kita duga atau ketika Lo lagi males bawa kamera, salah satu benda yang bisa Lo manfaatkan adalah handphone. Handphone jaman sekarang emang udah canggih-canggih, bahkan bisa menandingi kamera prosumer, atau bahkan setara dengan kamera DSLR. Hmm, kalo pun handphone Lo masih dengan kamera standar, nggak masalah, Bro. Karena untuk menghasilkan foto yang bagus itu butuh teknik bukan masalah kamera Lo aja. Untuk itu, kali ini Gw akan mencoba share gimana sih cara menghasilkan foto yang bagus dengan kamera ponsel.

Pertama, Lo Musti Tau Keterbatasan Kamera Handphone Lo

Ketika handphone Lo mengusung kamera yang hanya misal 5MP, dengan sensor yang nggak wah seperti smartphone dengan kelas high-end, Lo tetep bisa kok menghasilkan foto yang bagus. Coba deh, setiap kali Lo motret, terapkan semua pengetahuan fotografi yang Lo tau, kalo pun Lo belum tau, Gw akan share di poin selanjutnya ya!

Nah Bro, meskipun kamera handphone Lo belum mampu menghasilkan pixel gambar yang oke atau bokeh yang wah, Lo juga masih tetap bisa menggunakan teknik editing menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa Lo donwload, Bro. Nah, kalo Lo mau menghasilkan foto dengan detail pixel yang oke, terpaksa Lo musti upgrade handphone Lo  dulu Bro!

Kedua, Lo Musti Tau tentang Pengetahuan Fotografi

Lo nggak harus jadi expert untuk sekadar mengambil foto menggunakan kamera handphone, Bro. Lo cukup tau apa-apa saja teknik fotografi sederhana dalam dunia fotografi. Seperti yang Gw lansir dari contrastly.com, ini dia beberapa hal yang musti Lo tau dalam dunia fotografi!

1. Eksposure

Sederhananya Eksposure adalah tingkat pencahayaan. Kalo foto yang dihasilkan terlihat gelap maka itu artinya gambar kurang mendapatkan pencahayaan yang baik atu under eksposure, nah kalo gambar Lo terlalu terang berarti itu artinya over eksposure. Eksposure intinya menunjukan seberapa banyak cahaya yang masuk dalam kamera, atau seberapa banyak cahaya yang bisa ditangkap oleh sensor dalam kamera. Lo bisa mengatur nilai eksposure melalui fitur yang sudah disematkan dalam kamera handphone Lo. Ketika Lo merasa setting pencahayaan Lo udah oke, Lo bisa memulai untuk memotret objek yang Lo mau.

2. Tau Mode Kamera

Untuk kamera smartphone saat ini, rata-rata kamera yang di sematkan sudah memiliki pilihan pengoperasian Bro, mulai dari yang mudah (auto) sampai pilihan manual untuk mengatur bagaimana gambar yang akan dihasilkan. Lo bisa menguliknya melalui menu settings yang ada di aplikasi kamera Lo.

3. Fitur Auto Fokus

Lo bisa memanfaatkan fitur auto fokus pada kamera di handphone Lo untuk menghasilkan foto yang bagus, Bro. Sentuh pada objek yang akan Lo fokuskan pada kamera untuk mendapatkan efek bokeh di sekitar objek yang Lo mau. Kalo efek bokeh belum Lo dapatkan secara maksimal, Lo bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa Lo download, Bro.

Ketiga, jagalah kestabilan posisi handphone saat mengambil gambar suatu objek

Untuk menghasilkan foto yang baik, usahakan posisi Lo stabil ketika mengambil gambar. Untuk hasil yang oke, Lo bisa menggunakan fitur timer untuk mengambil gambar secara otomatis sesuai dengan waktu yang Lo atur. Hal ini juga berguna untuk mengurangi gerakan ketika Lo menekan tombol shoot. Biar lebih oke lagi, Lo bisa menggunakan tripod Bro.

Keempat, hindari menggunakan fitur zoom

Ketika Lo menggunakan kamera handphone untuk mengambil gambar, sebaiknya jangan menggunakan fitur zoom Bro. Lebih baik Lo mendekatkan kamera Lo sama objek yang akan Lo foto. Perlu Lo ketahui nih Bro, fitur kamera untuk smartphone kebanyakan tidak memiliki optik atau menggunakan lensa zoom sehingga kalo Lo menggunakan fitur zoom pada smartphone maka itu akan memangkas resolusi dari foto yang Lo potret. Gitu Bro.

Kelima, Susun Komposisi Sehingga Lo Bisa Menghasilkan Foto yang Bagus

Hal  lain yang nggak boleh Lo abaikan untuk mendapatkan foto yang bagus melalui kamera handphone adalah komposisi. Untuk membuat komposisi yang bagus emang gampang-gampang susah, Bro. Bisa dibilang gampang adalah ketika objek dan elemen-elemen objek utama memang bagus dari segi warna dan pencahayaan.  Nah, susahnya ketika Lo harus mengambil foto dimana objeknya sedang bergerak atau diam-diam Lo mengambil objek tersebut. Ya ini tergantung bagaimana kreatifitas dan jiwa seni yang ada dalam diri Lo sih, Bro.

Nah, ukuran handphone yang kecil, dengan bobot yang enteng dan gampang dibawa akan mempermudah Lo dalam menyusun komposisi karena Lo gak akan kesusahan ketika sedang menggunakannya.

Keenam, Pakailah Mode HDR (high dynamic range)

Fitur HDR sudah hadir di hampir semua smartphone saat ini Bro, kalo kamera di handphone Lo sudah ada fitur ini maka Lo bisa memanfaatkannya. Apalagi untuk memotret objek diam, atau misal Lo sedang foto rame-rame bareng teman-teman Lo, Lo bisa memanfaatkan fitur ini untuk menghasilkan gambar yang lebih detail, Bro.

Seperti yang Gw lansir dari digitaltrends.com, fitur HDR bisa berguna kalo Lo pengen memotret sesuatu dengan kontras yang tinggi, fitur ini memungkinkan Lo untuk mendapatkan hasil foto yang terang dan punchy. Nah, HDR adalah pilihan yang tepat ketika objek memiliki pencahayaan terang dari belakang dan Lo ingin melihat latar depan, tapi akan jelek ketika Lo ada di tempat yang gelap, atau Lo mengambil objek yang bergerak. Foto dengan memanfaatkan fitur HDR ini biasanya akan memakan memori Lo, karena size-nya yang lebih besar ketimbang tanpa Lo menggunakan HDR.

Ketujuh, sebaiknya hindari untuk menggunakan filter

Kebanyakan kamera pada smartphone saat ini sudah menyematkan fitur filter. Nah, sesekali boleh lah Lo menggunakan foto filter. Tapi akan lebih baik kalo Lo tidak menggunakan fitur ini saat mengambil gambar melainkan setelahnya, Bro. Kalo Lo punya foto original, Lo akan bisa memiliki banyak variasi foto melalui filter yang Lo gunakan. Semua kembali soal selera, karena filter hanya berfungsi sebagai bumbu penyedap untuk foto yang Lo hasilkan. Kalo Lo menggunakan filter sebaiknya Lo tidak berlebihan  dalam menggunakannya ya, Bro.

Nah, itu dia Bro yang bisa Gw sampaikan. Jangan sampai Lo ketinggalan momen berharga dalam hidup Lo ya. Karena setiap kejadian yang diabadikan, akan bisa Lo kenang suatu saat nanti. Yuk, jepret!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini