gentlemancode.id
10 strategi yang bisa kita lakukan untuk mengubah mimpi mejadi kenyataan

10 STRATEGI YANG BISA KITA LAKUKAN UNTUK MENGUBAH MIMPI MEJADI KENYATAAN

Published on Friday, 07 April 2017

Mimpi, adalah hal yang membuat hidup kita menjadi lebih hidup. Seringkali mimpi lah yang membuat kita tetap semangat dan mimpi juga lah yang membuat kita tetap bergairah dalam melakukan sesuatu. Mimpi yang kita miliki biasanya sudah kita miliki dalam waktu yang cukup lama, bahkan mungkin dari kita anak-anak. Kita gak memiliki mimpi ini secara kebetulan dan lebih penting lagi adalah bahwa mimpi yang berharga itu sangat layak untuk kita perjuangkan.

Berikut ini adalah strategi yang bisa kita lakukan untuk mewujudkan mimpi yang kita miliki.

1. Jujur pada diri Lo sendiri

Jujur akan membebaskan Lo dari rasa khawatir, rasa bersalah, atau apapun yang menahan Lo dari mengejar mimpi Lo. Setiap saat Lo harus jujur sama diri Lo sendiri  mengenai  kelebihan atau kekurangan Lo. Tegaskan sama diri Lo sendiri bahwa Lo ingin mewujudkan mimpi Lo. Kalo misalnya ada sesuatu dalam diri Lo yang Lo kurang suka atau Lo anggap kurang baik, maka Lo bisa cari cara untuk memperbaikinya.

Misal Lo memiliki masalah keuangan, Lo harus jujur sama diri Lo sendiri kalo Lo selama ini mungkin melakukan beberapa kesalahan dalam mengatur pengeluaran Lo. Gak apa apa, sekarang saatnya Lo cari cara untuk memperbaiki kesalahan Lo, dan Lo harus membuat komitmen agar tidak mengulangi kesalahan tersebut. Apapun masalahnya, kalo Lo jujur ama diri Lo sendiri, Lo pasti akan menemukan jalan keluar untuk permasalahan Lo. Untuk jujur kepada diri sendiri itu emang gak gampang, tapi sekali Lo bisa melakukannya Gw percaya Lo akan selalu bisa mengatasi masalah yang Lo hadapi.

"Honesty is the first step to prosperity." - Michael Demadema

2. Mulailah dengan melakukan hal kecil terlebih dahulu

Sering kali, justru hal-hal kecil lah yang akan membantu kita meraih hal-hal besar. Mungkin Lo perlu membersihkan sampah yang menumpuk beberapa hari didepan rumah Lo. Mungkin Lo harus mulai mengatur pakaian Lo dalam lemari dengan cara yang lebih terorganisir. Atau mungkin Lo harus mulai menghubungi teman atau sahabat lama Lo. Apa aja Bro, lakukan aja hal-hal yang Lo rasa akan memiliki manfaat. Lakukanlah hal-hal kecil terlebih dahulu, karena sukses selalu dibangun dengan hal-hal kecil yang detail.

3. Bersiaplah

Lo harus menyiapkan diri Lo agar Lo siap dalam menghadapi hal-hal luar biasa yang akan terjadi ketika Lo sukses meraih mimpi atau cita-cita Lo. Gimana caranya? Caranya adalah dengan cara merencanakannya.

Perencanaan yang Lo buat pada akhirnya akan mempertajam tujuan Lo. Itu menunjukan bahwa Lo serius untuk berhasil.  Perencanaan akan sering Lo temukan dalam kehidupan dan lingkungan sekitar Lo. Saat ini, jutaan orang merencanakan perjalanan mereka menuju tempat kerja mereka, makanan apa untuk makan siang nanti, dan hadiah apa yang akan mereka belikan untuk diberikan kepada orang tersayang. Semuanya dilakukan dengan perencanaan.

Bayangkan bahwa mimpi Lo itu seperti ibarat membangun sebuah rumah. Untuk membuat rumah ini Lo perlu memikirkan segala halnya, dari mulai analisa biaya dan berapa banyak uang yang harus disiapkan. Ketika Lo merencanakan hal tersebut, pada dasarnya Lo sedang menghubungkan kenyataan dengan mimpi Lo. Lo menghubungkan biaya, jadwal, dan resiko dalam usaha Lo mencapai mimpi Lo.

4. Tanamkan hal-hal baik dalam diri kita

Untuk mewujudkan mimpi atau cita-cita, gak mungkin kita bisa berbuat seenaknya. Kita perlu menanamkan hal-hal yang baik dalam diri kita seperti pola pikir yang baik, kata-kata yang baik, dan perbuatan yang baik.  Apa yang kita tanam, itulah yang akan kita tuai. Kalo kita menanam hal-hal yang baik dalam diri kita, maka hasilnya Gw yakin tentu akan baik juga.

"Life is an echo. What you send out comes back. What you sow, you reap. What you give, you get. What you see in others exists in you."  -  Zig Ziglar

5. Jangan ragu untuk berkorban demi mimpi Lo, karena mimpi Lo pasti ada harganya

Yups, bener Bro. Mimpi Lo itu pasti ada harganya. Harganya adalah pengorbanan yang memang harus Lo lakukan. Tanyakan pada diri Lo, apa yang harus Lo lakukan dan korbankan untuk mendapatkan mimpi atau cita-cita Lo? Itu bisa jadi Lo harus mengorbankan waktu istirhat Lo, waktu liburan Lo, atau bahkan mungkin pekerjaan Lo. Untuk mendapatkan apa yang Lo inginkan, udah pasti Lo harus melakukan pengorbanan. Gak mungkin engga.

You don’t get without letting go. You don’t receive without giving.

"Success is like a cake: to get a bigger slice you have to pay a bigger price."  - Michael Demadema

6. Jangan pernah puas

Selalu bersyukur, namun jangan pernah merasa puas. Puas terhadap pencapaian yang sudah kita dapatkan adalah hal yang akan membuat kita menjadi malas. Tetap lah berimprovisasi dan tetapkanlah tujuan yang lebih besar. Dunia ini selalu menunggu kehadiran inovasi baru, produk baru, teknologi baru, dan perusahaan baru. Dan itu bisa jadi Lo Bro!

"There is no passion to be found in settling for a life that is less than what you are capable of living."  -  Nelson Mandela

7. Berbuat baik kepada orang lain

Apapun mimpi Lo, Lo pasti akan selalu membutuhkan orang lain dalam mewujudkan mimpi Lo itu. Seseorang diluar sana membutuhkan Lo seperti Lo membutuhkannya.  Mereka membutuhkan Lo untuk sharing mengenai mimpi Lo atau bakat Lo.  Bisa jadi, apa yang menjadi mimpi Lo tersebut ternyata mampu menyelesaikan banyak masalah yang terjadi saat ini.

Tulislah orang-orang yang ingin Lo berikan bantuaan. Tulis siapa aja yang pengen Lo gapai dengan musik Lo, buku Lo, atau layanan bisnis Lo. Ditempat kerja Lo, cobalah untuk berdiskusi bersama rekan kerja Lo mengenai apa yang baik dan tidak terlalu baik yang sudah dilakukan selama ini. Raihlah sesuatu yang lebih besar dan bermanfaat dimanapun Lo berada.

8. Jangan banyak alasan, lakukan yang memang perlu dilakukan

Ketika kita banyak alasan untuk tidak melakukan sesuatu, maka mimpi Lo akan semakin jauh dari gapaian Lo. Alasan, adalah rintangan terbesar yang akan menghentikan langkah Lo.

"The world is tired of excuses; it’s ready for more results."  - Michael Demadema

9. Jalani semua prosesnya

Jangan pernah Lo berharap bahwa Lo akan mudah dalam mendapatkan mimpi Lo.

Mungkin Lo akan mengalami waktu dimana Lo banyak menemui kesulitan dan Lo gak yakin apakah Lo akan mampu mencapai mimpi Lo. Untuk setiap apa yang kita lakukan, sudah pasti akan ada tahapan yang harus kita lewati untuk sampai pada suatu titik tertentu.

Semua masalah yang Lo alami adalah hal yang bisa membuat Lo untuk lebih meningkatkan kemampuan Lo. Bisa jadi itu adalah masalah kesehatan, masalah modal, atau masalah kekurangan sumber daya. Jalani aja tahap itu dengan penuh keyakinan, keyakinan bahwa Lo bisa melewati itu semua dengan baik, dan yakin lah bahwa semua masalah pasti ada solusinya. Gak mungkin engga.

10. Kerjakan sekarang juga

Setiap saat dalam waktu yang kita punya adalah kesempatan untuk mengerjakan apa yang harus Lo lakukan untuk mencapai tujuan atau cita-cita Lo. Kalo Lo pengen menjadi ahli dalam bidang Lo, maka mulailah untuk mempelajari semua hal yang Lo perlu ketahui satu persatu mulai dari sekarang dan jangan ditunda-tunda. Karena sesuatu  yang ditunda-tunda biasanya kebanyakan malah gak dikerjain sama sekali.

Ketika  Lo ingin mengejar atau mewujudkan mimpi Lo, maka Lo harus melakukannya dengan penuh keyakinan dan penuh keberanian. Jangan takut, and just do it!

"You don’t have to be great to start but you have to start to be great."  - Zig Ziglar

Sumber gambar:
[1] https://www.pexels.com/

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini