gentlemancode.id
15 Hal yang tidak akan dilakukan oleh orang yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi

15 HAL YANG TIDAK AKAN DILAKUKAN OLEH ORANG YANG MEMILIKI KEPERCAYAAN DIRI YANG TINGGI

Published on Friday, 03 March 2017

Orang yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi selalu percaya kepada kemampuan mereka.  Ketika Lo gak percaya kepada kemampuan Lo sendiri, bagaimana mungkin orang lain akan percaya sama Lo? Maka sangat penting untuk kita untuk memiliki kepercayaan diri, karena perannya akan sangat penting buat kita nanti. Dalam urusan karir, bisnis dan bahkan urusan asmara, rasa percaya diri memiliki peran yang penting untuk memuluskan urusan-urusan tersebut.

Untuk mengembangkan kepercayaan diri Lo, perhatikanlah 15 hal ini yang tidak akan mungkin dilakukan oleh orang yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

1. Mereka gak banyak bikin alasan

Orang yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi akan bertanggung jawab atas konsekuensi dari pikiran dan tindakan mereka. Mereka gak nyalahin macet ketika datang terlambat kekantor.  Mereka gak membuat alasan atas kekurangan atau kesalahan yang mereka lakukan, mereka gak akan mengatakan "Gw gak punya waktu" atau "Gw gak cukup baik", mereka akan selalu menyediakan waktu untuk meningkatkan kemampuan mereka agar bisa berkembang menjadi lebih baik.

2. Mereka tidak menghindari untuk melakukan hal yang mereka takuti

Orang yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi  tidak ingin membiarkan rasa takut mendominasi kehidupan mereka. Mereka tahu bahwa hal yang menakutkan untuk mereka adalah hal yang justru harus mereka lakukan agar mereka dapat terus berkembang menjadi orang yang lebih baik.

3. Mereka tidak hanya diam di dalam zona nyaman mereka

Ya, orang yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi justru akan menghindari zona nyaman, karena mereka tahu bahwa zona nyaman adalah tempat dimana mimpi mereka mati. Mereka justru mencari hal-hal baru yang mungkin tidak nyaman bagi mereka, kerena mereka menganggap itu sebagai cara untuk membuat mereka menjadi semakin matang dan kuat.

4. Mereka gak menunda-nunda pekerjaan

Mereka tahu bahwa sebuah ide yang bagus akan lebih baik jika di eksekusi sekarang juga dibandingkan dengan rencana yang baik yang di lakukan di lain waktu. Mereka gak menunggu waktu yang tepat atau tempat yang tepat untuk melakukan sesuatu, karena mereka tahu bahwa itu hanyalah perasaan takut terhadap perubahan. Mereka melakukan action hari ini juga,  sekarang, dan tidak akan menunda-nunda karena mereka tahu disitulah mereka akan menemukan perkembangan.

5. Mereka tidak terobsesi dengan pendapat negatif orang lain

Orang yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi tidak akan terjebak dengan pendapat negatif orang-orang. Disaat mereka peduli dengan kesejahtraan banyak orang dan ingin membuat impact positif kepada lingkungannya, mereka tidak akan terjebak dengan pendapat negatif orang lain, yang mana dia gak bisa melakukan apa-apa mengenai hal tersebut. Mereka tahu bahwa teman sejati mereka akan menerima mereka apa adanya, dan mereka sama sekali gak peduli dengan orang-orang yang memang tidak suka kepada mereka.

6. Mereka gak menilai atau menghakimi orang

Orang dengan kepercayaan diri yang tinggi tidak akan menghabiskan waktunya untuk hal-hal yang tidak perlu. Mereka merasa sama sekali gak perlu untuk menjelek-jelekan temannya di belakang, atau bergosip tentang rekan kerja atau bos mereka. Mereka sangat nyaman dengan keadaan mereka dan mereka merasa gak perlu untuk memandang rendah orang lain.

7. Mereka gak menjadikan kekurangan fasilitas sebagai alasan untuk berhenti

Orang dengen kepercayaan diri yang tinggi mampu memaksimalkan fasilitas yang ada disekitar mereka, gak peduli itu banyak atau sedikit. Mereka tahu bahwa ide apapun bisa diwujudkan dengan kreativitas dan kerja keras. Mereka selalu mencari solusi, dan selalu menolak untuk menyerah.

8. Mereka gak membuat perbandingan dengan orang lain

Orang dengan kepercayaan diri yang tinggi tahu bahwa mereka tidak berkompetisi dengan orang lain. Mereka hanya berkompetisi dengan diri mereka yang kemarin. Karena mereka tahu bahwa dirinya saat ini harus lebih baik dari diri mereka kemarin. Mereka tahu bahwa setiap orang memiliki cerita masing-masing sehingga apabila membandingkan dirinya dengan orang lain tentu akan menjadi absurd dan sia-sia.

9. Mereka tahu bahwa mereka gak bisa membuat semua orang senang

Orang dengan kepercayaan diri yang tinggi sama sekali gak akan memaksakan dirinya untuk membuat semua orang senang. Mereka sadar bahwa gak semua orang akan suka kepadanya, dan begitulah hidup, ada yang suka ada juga yang gak suka. Mereka hanya peduli kepada kualitas hubungan mereka dengan orang-orang yang berarti di sekitarnya, bukan kuantitas.

10. Mereka tahu bagaimana menghadapi masalah

Orang dengan kepercayaan diri yang tinggi tidak akan mudah menyerah. Mereka tahu bahwa hidup ini gak selalu sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Disaat mereka tidak bisa mengontrol semua kejadian dalam kehidupan mereka, mereka memilih untuk bersikap positif terhadap apapun yang terjadi dan tetap maju kedepan dengan tidak lupa selalu melakukan introspeksi.

11. Mereka tidak menghindari masalah

Orang dengan kepercayaan diri yang tinggi akan selalu menghadapi segala masalah yang dia alami. Mereka tahu bahwa apabila mereka membiarkan suatu masalah tanpa diselesaikan maka masalah tersebut akan bertambah besar dikemudian hari. Mereka memilih untuk menyelesaikannya dengan segera meskipun misalnya harus terjadi konflik dengan orang lain, karena mereka berfikir masalah itu harus segera diselesaikan bukan dibiarkan.

12. Kegagalan tidak akan menghentikan mereka

Orang dengan kepercayaan diri yang tinggi akan segera bangkit ketika terjatuh atau gagal. Mereka tahu bahwa kegagalan adalah sebuah proses yang akan menguatkan mereka dikemudian hari. Mereka selalu mencari tahu mengapa mereka gagal, dan mengapa cara yang mereka lakukan tidak berhasil. Setelah memodifikasi rencana dan cara kerja mereka, mereka akan mencoba kembali dengan cara yang lebih baik, dan mereka tidak akan pernah berhenti untuk mencoba.

13. Mereka tidak bergantung kepada orang lain

Orang dengan kepercayaan diri yang tingi akan melakukan apapun tanpa ragu. Setiap hari mereka mengatakan kepada diri mereka bahwa "Kalo gak Gw, sipa lagi? kalo gak sekarang, kapan?"

14. Mereka punya banyak solusi

Orang dengan kepercayaan diri yang tinggi tidak membatasi diri dengan hanya satu rencana saja. Mereka memiliki banyak rencana dan alternatif untuk memperoleh tujuan mereka. Mereka akan mencoba semua rencana dan akan mencari cara-cara lain apabila rencana mereka gagal. Mereka memiliki banyak solusi untuk mengatasi sebuah masalah, karena mereka gak membatasi diri kepada satu hal saja.

15. Mereka gak menerima begitu saja informasi yang mereka dapat dari internet

Orang dengan kepercayan diri yang tinggi tidak begitu saja menerima dan setuju dengan suatu artikel yang mereka dapat dari internet. Mereka akan menggali lebih dalam dan mempelajari isi artikel tersebut dengan perspective mereka sendiri. Mereka akan mengambil apa yang memang relevan dan akan mengabaikan yang sama sekali tidak sesuai.

Nah Bro, udah tau kan apa aja yang gak dilakukan oleh orang-orang yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi? Kalo Lo sekarang masih merasa kurang PD, coba deh praktekin 15 hal tadi.

Memiliki kepercayaan diri itu penting, karena kalo gak percaya diri siapa yang mau percaya ama Lo? Semoga bermanfaat, dan jangan lupa di share ya! Cheers!

Sumber gambar:
[1] https://www.pexels.com/

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini