gentlemancode.id
4 Hal Yang Harus Kita Perhatikan Ketika Ingin Memulai Sebuah Bisnis

4 HAL YANG HARUS KITA PERHATIKAN KETIKA INGIN MEMULAI SEBUAH BISNIS

Published on Wednesday, 30 November 2016

Buat kita yang baru aja berfikir untuk membangun sebuah usaha atau bisnis, kadang akan mengalami kebingungan dalam menjalankannya. Wajar aja, karena biasanya kita belum memiliki pengalaman dan panduan untuk menjalaninya. Pertanyaan-pertanyaan seperti harus memulai dari mana, modalnya dari mana, apakah akan berjalan baik atau tidak, dan macam-macam hal lainnya akan terus  menjadi pertanyaan-pertanyaan yang akan membingungkan jika kita tidak tau caranya.

Untuk menjawab beberapa pertanyaan tersebut, Gw punya beberapa tips yang mudah-mudahan bisa membantu kalian yang ingin memulai sebuah usaha atau bisnis. Ga usah panjang lebar lagi, langsung disimak aja ya Bro.

1. Bergabung dengan komunitas

Bergabung dengan sebuah komunitas bisnis membuat Lo akan bertemu dengan berbagai macam orang yang sudah berpengalaman dalam menjalankan bisnis dalam berbagai bidang. Disitu Lo bisa saling tukar pikiran, sharing pengalaman, berbagi ilmu, dan banyak hal positif lainnya. Dengan begitu, Lo akan memiliki banyak informasi mengenai hal-hal yang bisa berguna dalam menjalankan bisnis yang Lo jalankan.

2. Carilah mentor yang sudah berpengalaman

Karena minimnya pengalaman kita dalam menjalankan sebuah  bisnis, maka kita wajib memiliki seorang mentor yang baik dalam memulai usaha atau binis kita. Lalu apa sih kriteria seseorang untuk dijadikan mentor? Tentunya dia harus sudah mempunya pengalaman dalam menjalankan ilmu yang sudah dia pelajari, dia juga memiliki formula sendiri yang merupakan gabungan dari apa yang ia pelajari dengan pengalamannya di lapangan. Mentor yang sudah berpengalaman akan menjabarkan apa aja yang harus Lo lakukan dalam menjalankan bisnis Lo. Selain itu, dia bisa menunjukan dimana posisi Lo dalam bisnis yang sedang Lo jalankan. Ga cuman itu, dia juga akan memandu Lo untuk sampai menuju tujuan yang sudah direncanakan. So, memiliki mentor yang baik adalah salah satu kunci utama dalam membangun sebuah bisnis.

3. Cari Co-Founder atau bentuklah sebuah tim

Lo ga bisa ngerjain semuanya sendirian. Maka dari itu Lo butuh yang namanya Co-Founder. Apa sih yang dimaksud dengan co-founder? Co-founder adalah seorang yang bekerja bersamaan dengan founder utama dalam membangun usaha atau bisnis, dari mulai awal, hingga perusahaan itu meraih keberhasilan. Intinya gini, co-founder merupakan orang kedua, ketiga, dan seterusnya, yang merupakan pendamping si founder yang disebut sebagai orang pertama. Co-founder gak cuman harus punya skill yang baik, tapi juga harus mempunyai tekad yang kuat untuk membangun usaha bersama, gak peduli apa pun yang terjadi nanti.

4. Mengikuti seminar-seminar

Kita bisa mendapatkan banyak manfaat ketika mengikuti seminar-seminar, diantaranya adalah:

- Sarana untuk berbagi dan belajar
- Sarana untuk bersosialisasi dan menambah jaringan
- Mencari inspirasi bisnis
- Menambah kwalitas diri dan reputasi sebagai pebisnis

Begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari sebuah seminar. Maka jangan ragu dan malas untuk mengikuti sebuah seminar, karena siapa tau jalan sukses Lo bisa terbuka disitu. Gak rugi ko kalo Lo ikut seminar, bener deh.

Nah Bro, 4 hal tadi bisa menjadi dasar yang bisa Lo ikuti untuk memulai bisnis Lo. Kunci yang paling utama adalah, jangan pernah berhenti belajar dan selalu lapar akan ilmu. Jangan lupa juga untuk selalu rendah hati dan tidak sombong ketika kita berhasil. Cheers!

Sumber gambar:
[1] https://www.pexels.com/

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini