gentlemancode.id
5 Alasan Kenapa Kesalahan Tidak Selalu Buruk

5 ALASAN KENAPA KESALAHAN TIDAK SELALU BURUK

Published on Wednesday, 13 March 2019

Semua orang di dunia ini Gw yakin pasti pernah merasakan gagal, kecewa dan merasa nggak guna. Nah, akar dari semua itu hanya satu bro, kesalahan. Ya, semua manusia pasti pernah salah dan dari kesalahan inilah yang membuat orang jadi takut untuk mencoba. Alasannya, takut gagal dan takut salah.

Dibawah ini adalah beberapa hal yang akan ngasi tahu Lo kalo kesalahan itu nggak selalu buruk, diantaranya adalah:

1. Ketika kita salah dan kita tahu, maka kita bisa introspeksi diri untuk menjadi lebih baik lagi

Semua manusia pasti pernah salah. Nah, yang Lo perlu lakukan hanya satu yaitu Lo harus memperbaiki setiap kesalahan Lo, bro. Untuk itu, Lo harus peka untuk mengetahui apa kesalahan Lo dan apa saja penyebabnya. Salah itu pasti, dan manusia akan belajar dari setiap kesalahan yang mereka lakukan untuk tumbuh dan berkembang.

Dari kesalahan, kita akan tahu bahwa kita tidak sempurna. Dan dari ketidak sempurnaan itu kita akan terus belajar untuk menjadi orang yang lebih baik.

2. Kalo Lo mengakui kesalahan maka Lo merupakan orang yang berani

Mengakui kesalahan bukanlah hal yang mudah. Banyak banget orang yang susah untuk mengakui kesalahannya. Ego, merasa paling benar, dan gengsi adalah beberapa hal yang menjadi barrier untuk seseorang mengakui kesalahannya. Padahal ketika kita mau mengakui kesalahan, disaat itu kita sedang membuka pintu untuk sesuatu yang lebih baik dalam hidup kita. Mengakui kesalahan itu emang pahit dan butuh keberanian, keberanian untuk melawan ego, rasa takut, dan gengsi untuk terus belajar. Berani untuk mengakui kesalahan adalah ciri orang bertanggung jawab dan ciri seorang gentleman sejati, bro.

3. Salah itu biasa dan Lo memang harus pernah salah dalam hidup ini

Salah merupakan hal yang sangat manusiawi, bro. Lo memang akan melakukan kesalahan dalam hidup ini nggak mungkin engga. Itulah hidup, Lo akan mengalami pahit dan manisnya, dan dari kesalahan itulah Lo akan berproses. Dari yang dulunya Lo nggak bisa jalan dan sering jatuh. Sampe akhirnya Lo bisa jalan dan bahkan lari. Semua proses itu diawali dari sebuah kesalahan. Nah, manfaatkan kesalahan yang pernah Lo alami itu untuk membentuk diri Lo menjadi lebih baik lagi.

4. Lo akan menjadi lebih hebat ketika Lo belajar dari kesalahan

Berbuat salah adalah salah satu buah dari sebuah perjalanan. Sebuah kesalahan akan membuat Lo lebih baik ketika Lo mampu menyadari kesalahan Lo dan Lo mau memperbaikinya. Jangan berkecil hati ketika Lo berbuat salah, tapi jadikan kesalahan itu sebagai pembelajaran buat Lo maka Lo akan menjadi pribadi yang lebih hebat lagi.

5. Dengan memperbaiki kesalahan Lo akan menjadi lebih bijaksana

Hal terakhir yang bisa Lo petik dari sebuah kesalahan adalah Lo akan lebih bijaksana dalam bersikap. Ketika Lo sadar akan kesalahan Lo dan Lo berusaha memperbaikinya maka nantinya Lo akan berusaha untuk menjaga diri Lo untuk tidak melakukan kesalahan yang sama. Lo akan lebih bijak dalam bersikap dengan memikirkan apa dampaknya. Semakin sering Lo memperbaiki diri, maka akan semakin bijak sikap Lo. 

Poin Gw adalah, jangan pernah merasa terpuruk ketika Lo melakukan kesalahan. Orang berbuat salah itu wajar, yang penting Lo mau memperbaiki dan tentunya nggak Lo ulang lagi. Semoga artikel ini bermanfaat dan sukses buat Lo semua. Thanks and have a nice day!

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini