gentlemancode.id
5 Cara Mudah Berbuat Baik yang Sering Terlewatkan

5 CARA MUDAH BERBUAT BAIK YANG SERING TERLEWATKAN

Published on Friday, 06 April 2018

Menjadi orang yang baik itu mudah bro nggak susah! Lo nggak harus selalu menyumbang dengan dana yang besar, mengajak liburan keluarga sampai ke luar negeri atau bahkan membelikan barang-barang mewah kepada pasangan. Banyak hal-hal baik yang bisa Lo lakukan tanpa mengeluarkan dana atau usaha yang besar tapi punya dampak positif bagi orang lain.

Daripada bingung, mendingan langsung cek cara mudah untuk berbuat baik yang sering terlewatkan versi Gentlemancode, di bawah ini:

1. Menahan Pintu

Lo pasti pernah masuk ke sebuah gedung atau kantor melalui pintu dorong atau tarik kan? Nah, biasanya pintu tersebut memiliki hidrolik yang membuat pintu tersebut menutup dengan sendirinya.

Ketika posisinya Lo masuk lebih dahulu dan ada orang di belakang, nggak ada salahnya bro untuk menahan pintu tersebut sejenak. Setidaknya sampai ia bisa menggapai daun pintu dan menahannya sendiri.

Apalagi kalau Lo melihat orang tersebut membawa barang yang lumayan banyak, atau orang yang lebih tua, pasti mereka akan merasa sangat terbantu dengan aksi kecil Lo itu.

2. Memencet Tombol Closed Door

Pernah naik lift dan berdiri di posisi paling dekat dengan tombol-tombolnya, bro? Untuk lift yang nggak ada penjaganya seperti di beberapa mall atau hotel mewah, tentunya semua orang di situ diharuskan mandiri memencet ke lantai berapa yang menjadi tujuannya.

Jika Lo berdiri paling dekat dengan posisi tombol-tombol, jangan segan untuk membantu memencet tombol closed door atau open door dengan tujuan mempercepat penutupan pintu lift atau membantu orang yang juga ingin masuk ke dalam agar tidak terjepit.

Apalagi kalau dalam posisi lift yang penuh, jangan ragu juga untuk membantu orang lain memencet lantai tujuannya, terutama kalau orang tersebut berdiri jauh dari posisi tombol-tombol di lift.

3. Membiarkan Orang Keluar KRL Terlebih Dahulu

Pasti Lo sering melihat betapa ramainya KRL jabodetabek terutama di jam-jam pagi hari berangkat kerja dan pulang kerja di sore hari kan? Nah, jumlah armada yang tidak mampu menyaingi jumlah penumpang yang terus meningkat menjadi salah satu penyebab terjadinya hal tersebut.

Sebenarnya tidak hanya di KRL bro, tapi di kendaraan atau fasilitas umum lain juga berlaku seperti ini. Selalu dahulukan orang yang ingin keluar terlebih dahulu, baru Lo melangkahkan kaki untuk masuk. Jangan sampai memaksakan untuk langsung masuk karena bisa membuat orang yang hendak keluar jadi nggak bisa keluar!

4. Menelepon Keluarga dan Sahabat

Mungkin terlihat sepele dan remeh, tapi bayangkan betapa senangnya seseorang ketika mendapatkan telpon dari orang yang disayanginya. Bisa orang tua, anggota keluarga sampai sahabat. Menelepon mereka menandakan Lo peduli bro, walaupun hanya sekedar bertanya kabar maupun kegiatan yang sedang dilakukan pada saat itu.

Berinisiatif menjaga hubungan seperti itu akan membuat mereka selalu ingat sama Lo. Bukannya sebuah kepuasan tersendiri kalau bisa membantu orang tua, keluarga maupun sahabat jikalau mereka sedang dilanda masalah? Dan bukannya menjadi sebuah kesenangan pribadi juga kalau Lo bisa menjadi orang pertama yang tau tentang kabar bahagia yang mereka sampaikan ketika Lo menelepon?

5. Membeli Barang Dagangan Pedagang Pinggir Jalan

Sepertinya hampir di setiap lampu merah terutama di kota-kota besar terdapat pedagang yang menjajakan dagangannya. Mulai dari cemilan seperti kacang-kacangan, permen, minuman dingin sampai pedagang tissue, koran, kalender dan poster.

Namun, terkadang Lo sendiri juga nggak punya kebutuhan untuk membeli barang-barang tersebut sehingga Lo menolak ketika mereka menawarkan barang dagangannya.

Tapi nggak ada salahnya lho merelakan 5 sampai 10.000 hanya untuk membeli dagangan mereka, walaupun Lo tidak sedang terlalu butuh. Uang yang Lo keluarkan mungkin terlihat sepele buat Lo, tapi buat mereka beda bro. Uang segitu akan sangat berguna untuk mereka dan bisa menambah semangat mereka untuk bekerja juga!

Nah bro, itu tadi lima cara untuk berbuat baik yang bisa Lo lakukan. Nggak ribet kan?

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini