gentlemancode.id
5 Cara Untuk Mengatasi Pikiran yang Berlebihan

5 CARA UNTUK MENGATASI PIKIRAN YANG BERLEBIHAN

Published on Thursday, 14 November 2019

Memikirkan sesuatu secara berlebihan udah pasti sangat sangat mengganggu. Berifikir lebay atau biasa dikenal dengan overthinking bisa sangat menggangu aktivitas Lo, mengganggu hubungan Lo dengan orang lain, dan berbagai ketidaknyamanan lainnya.

Nah bro, Lo pernah ngalamin ini nggak?

Memikirkan sesuatu secara berlebihan ini jangan dijadiin kebiasaan, karena bisa berdampak buruk buat Lo.

Lo pasti pernah ngalamin dimana Lo memikirkan sesuatu hal dengan sangat intense dan pikiran tersebut akhirnya membuat Lo jadi stres sendiri. Nah, itulah tandanya Lo udah overthinking!

Dibawah ini adalah beberapa cara yang bisa Lo lakukan untuk berhenti berfikir berlebihan agar hidup Lo lebih tenang, yaitu:

1. Kendalikan pikiran Lo

Ketika Lo sudah merasa terganggu dan lelah dengan apa yang ada di pikiran Lo, segera kendalikan pikiran Lo untuk berhenti memikirkannya. Lo harus punya Kendali bro sama apa-apa yang ada di dalam isi kepala Lo. Jangan sampe Lo tenggelam dalam isi kepala Lo tanpa Lo bisa mengendalikannya karena itu sangat berbahaya.

Pikiran itu kalo nggak dikendaliin ibarat mobil yang melaju kencang tanpa rem. Pikiran Lo bisa mengawang-ngawang kemana-mana hingga akhirnya Lo jadi khawatir dan cemas. Kalo udah gini, Lo bisa stress atau bahkan depresi.

Untuk itu, sangat penting buat Lo untuk bisa mengendalikan pikiran Lo agar tetap terkontrol dan tidak memikirkan hal-hal yang memang belum pasti. Just relax and control your mind!

2. Jangan hidup di masa lalu

Salah satu hal yang bisa memicu overthinking adalah terlalu memikirkan hal-hal yang sudah terjadi di masa lalu. Tenggelam dalam penyesalan atau mungkin berharap bisa melakukan sesuatu yang lebih baik pada saat itu.

Bro, masa lalu itu udah lewat. Mau masa lalu Lo jelek, mau Lo udah berbuat hal bodoh pada saat itu, itu semua udah lewat dan Lo nggak mungkin bisa balikin itu semua. Its impossible!

Menyesal atas kesalahan di masa lalu itu bagus, tapi jangan sampe membuat Lo jadi terpuruk. Yang perlu Lo lakuin sekarang itu adalah memperbaiki diri dan tutup masa lalu Lo serapat-rapatnya. Apapun yang terjadi dulu, jadikan itu sebagai pelajaran.

Ingat bro, Lo hidup pada saat ini. Lo nggak hidup di masa lalu atau di masa depan.

3. Jangan mengkhawatirkan hal yang belum terjadi

Selain tenggelam dalam masa lalu, mengkhawatirkan hal-hal yang belum terjadi juga adalah pemicu Lo menjadi overthinking. Nah bro, satu hal yang harus Lo sadari bahwa hal-hal yang belum terjadi itu nggak perlu terlalu Lo pikirin karena itu masih misteri, bro. Sama dengan masa lalu, masa depan juga adalah sebuah waktu yang Lo nggak ada disitu.

Memikirkan apa yang akan terjadi di masa yang akan datang itu hanya akan membuang-buang waktu Lo. Akan lebih baik kalo Lo memikirkan apa rencana Lo di waktu yang akan datang. Setelah Lo membuat rencana, Lo tinggal membuat langkah-langkah yang akan Lo lakukan dan Lo harus menjalankan setiap langkah tersebut dengan baik.

Untuk hasilnya? Untuk hasil kita nggak pernah tahu karena itu semua adalah misteri yang harus Lo cari tahu sendiri lewat usaha Lo.

Kalo rencana udah Lo buat, dan Lo udah usaha, just let it flow jangan terlalu banyak mikir ini itu atau khawatir takut ini takut itu.

4. Bercerita dengan orang yang Lo percaya

Bercerita bisa mengurangi beban pikiran Lo, bro. Ketika Lo merasa pikiran Lo udah berat banget, cobalah untuk menceritakan apa yang ada di kepala Lo sama orang yang Lo percaya dan memang punya kemampuan untuk membantu Lo. Mintalah saran dan pendapat agar Lo bisa mendapatkan pandangan dari orang lain sehingga pikiran Lo akan lebih terbuka.

Ingat, jangan cerita sama sembarang orang karena itu malah bisa memperburuk keadaan.

5. Cari kesibukan

Biasanya, penyebab orang terlalu banyak berfikir dan overthinking adalah orang-orang yang kurang memiliki kesibukan. Untuk itu, kalo Lo merasa Lo orangnya gampang banget overthinking, Lo harus cari kesibukan supaya pikiran Lo bisa teralihkan.

Lo bisa nongkrong sama temen-temen Lo, Lo bisa jalan-jalan sama keluarga Lo, olahraga, atau Lo bisa juga menjalankan hobi Lo. Intinya, jangan kasi kesempatan buat Lo untuk melamun atau nganggur. Cari kesibukan dan terus bergerak agar Lo nya juga lebih fresh dan tetap aktif.

Gw rasa itu aja sih bro tips yang bisa Gw bagi sama Lo kali ini tentang bagaimana cara mengatasi pikiran yang berlebihan. Ingat, sesuatu yang berlebihan itu pasti nggak baik, begitu juga dengan pikiran yang berlebihan. Semoga artikel ini bermanfaat ya, sukses buat Lo semua, thanks and have a nice day!

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini