gentlemancode.id
5 Hal Ini Penting untuk Lo Ketahui jika Ragu Menyuarakan Pikiran Lo

5 HAL INI PENTING UNTUK LO KETAHUI JIKA RAGU MENYUARAKAN PIKIRAN LO

Published on Thursday, 19 April 2018

Nggak selamanya ungkapan "diam itu emas" bisa Lo terapkan dalam setiap keadaan. Diam untuk hal-hal nggak penting memang dianjurkan, namun adakalanya Lo harus bia mengungkapkan apa yang Lo rasakan dan menyuarakan pikiran Lo. Ya bro, untuk kondisi-kondisi tertentu, kalo Lo nggak mengemukakan pikiran atau pendapat Lo justru akan merugikan Lo dan mungkin orang lain. Dibawah ini adalah 5 hal penting yang harus Lo ketahui ketika Lo ragu dalam menyuarakan pikiran Lo.

1. Pendapat Lo mengenai sesuatu hal, bisa saja bermanfaat untuk orang lain bro

Semua orang pasti memiliki pendapat masing-masing terhadap sesuatu permasalahan. Ketika Lo berani untuk mengutarakan pendapat Lo, bisa saja pendapat Lo tersebut bisa diterima oleh banyak orang karena pendapat Lo memang bagus misalnya. Semua orang bebas untuk mengemukakan pendapatnya bro nggak ada aturan yang melarang hal itu. 

2. Hanya diam, akan membuat orang salah paham

Ketika misalnya Lo nggak suka terhadap suatu hal dan Lo tidak memberitahukan hal tersebut kepada orang lain, orang nggak akan tahu bro mengenai apa yang Lo rasakan. Hal ini mau nggak mau akan membuat orang lain salah paham dan Lo pun jadinya bakalan makan hati terus karena ketidaktahuan mereka. Dengan Lo mengatakan hal-hal yang Lo tidak suka kepada orang lain, maka orang lain akan mengerti mengenai hal-hal yang enggak Lo suka itu sehingga akhirnya kalian bisa saling memahami.

3. Diam kadang bisa menyiksa diri Lo

Ketika Lo nggak suka terhadap perlakuan seseorang sama Lo, dan Lo nggak ngomongin hal tersebut sama orang yang bersangkutan, maka disini Lo yang akan menjadi orang yang tersiksa bro. Nyambung ke poin nomor dua tadi, bahwa kalo Lo hanya diam maka orang nggak akan tahu bahwa Lo nggak suka sama perlakuannya karena mereka mengira Lo fine-fine aja. 

4. Terlambat dalam menyuarakan pikiran, kadang bisa merugikan Lo

Ketika Lo ada dalam suatu perusahaan misalnya, kemudian Lo melihat ada sesuatu yang tidak beres dan Lo terlambat untuk ngomongin hal tersebut, maka yang terjadi adalah perusahaan tersebut tentu akan mengalami masalah. Kalo ini terjadi, yang rugi tentunya bukan Lo doang bro karena orang lain juga pasti akan kena dampaknya. 

5. Mau menyuarakan pikiran, akan membangun suatu ikatan

Mengatakan apa yang ada dalam pikiran Lo kepada orang lain adalah salah satu cara dalam membangun suatu ikatan atau koneksi antara Lo dan orang disekitar Lo. Menyuarakan pikiran Lo adalah salah satu bentuk kejujuran yang akan membangun kepercayaan hingga nanti terbentuklah suatu ikatan. Ketika Lo misalnya ada di dalam sebuah tim, maka hal ini penting untuk dimiliki agar visi dan misi yang kalian miliki bisa sejalan. 

Sudah tahu kan bro gimana gambaran konsekuensinya kalo Lo nggak menyuarakan pikiran Lo? Nggak cuma Lo doang yang bisa rugi, tapi bisa jadi orang lain juga akan kena dampaknya. Selama itu benar, untuk kebaikan dan caranya juga benar, ungkapkan lah isi pikiran dan pendapat Lo.

Baca juga: Karakter Pemimpin Ideal

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini