gentlemancode.id
6 Tindakan Ini Buktikan Lo Mampu Menjadi Pemimpin yang Baik

6 TINDAKAN INI BUKTIKAN LO MAMPU MENJADI PEMIMPIN YANG BAIK

Published on Wednesday, 28 August 2019

Basically, tiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk bisa menjadi seorang pemimpin. Akan tetapi, nggak semua orang memiliki jiwa kepemimpinan yang baik. Sehingga, keberadaannya mampu membuat orang-orang di sekitarnya merasa aman, nyaman dan selalu bisa diandalkan.

Leadership sendiri, bukanlah suatu bakat, tapi bisa terbentuk dari tindakan-tindakan kecil, yang pada akhirnya menjadi sebuah kebiasaan. Kalo Lo merasa memiliki jiwa kepemimpinan yang baik, tentu saja keenam tindakan berikut ini pasti sudah menjadi kebiasaan Lo.

1. Peka terhadap masalah di sekitar Lo

Sekalipun nggak menyangkut diri Lo secara personal, tapi Lo bisa tahu ketika di sekitar Lo sedang terjadi masalah. Nggak hanya sampai di situ, intuisi Lo juga membuat Lo tergerak untuk mencari tahu lebih lanjut. Bukan sekadar penasaran doang. Namun Lo ingin turut menganalisa. Sehingga jika diperlukan, Lo bisa memberikan bantuan yang dibutuhkan.

2. Selalu berpikir objektif

Dalam menghadapi segala permasalahan, Lo bisa melihat itu dari sudut pandang yang netral. Lo akan memposisikan diri sebagai orang ketiga, dan akan berusaha menyelesaikan masalah tersebut dengan baik. Sehingga nggak ada salah satu pihak yang merasa dirugikan. Ibarat ada dua orang yang tengah berselisih pendapat, Lo bisa hadir sebagai penengah yang adil.

3. Tidak gegabah dalam mengambil keputusan

Begitu pula saat harus memutuskan sesuatu. Lo nggak akan gegabah mengambil keputusan. Segala aspek dan kemungkinan telah Lo pikirin dengan baik. Jangan sampe salah langkah, dan justru membuat masalah menjadi semakin runyam.

Maka nggak heran, kalo Lo butuh waktu yang lama untuk memikirkan sebuah solusi. Terkadang itu membuat orang di sekitar Lo jadi nggak sabar. Tapi buat mereka yang sudah tahu sifat Lo dengan baik, mereka akan lebih sabar menunggu. Karena mereka tahu, Lo sedang mencari jalan penyelesaian yang terbaik.

4. Lo mau menghargai pendapat orang lain

Lo selalu mau terbuka dengan segala kritik dan pendapat dari orang lain. Saat teman Lo memberikan pendapatnya, Lo akan mendengarkannya dengan baik. Nggak hanya itu, Lo juga bisa memilah mana pendapat yang perlu dilakukan, dan mana pendapat yang hanya perlu didengar saja.

Dengan begitu, akan banyak orang yang merasa nyaman membicarakan berbagai macam topik sama Lo. Selain didengarkan, mereka juga merasa dihargai sama Lo.

5. Jeli melihat potensi orang lain

Pemimpin yang baik akan memiliki kepekaan untuk bisa melihat kelebihan orang lain. Ketimbang menyorot kekurangannya saja. Bahkan ketika orang tersebut merasa minder, dan beranggapan kalau dia tidak memiliki kelebihan apapun, Lo bisa membantunya menemukan potensi yang ada dirinya.

 

Untuk itu, saat nanti Lo benar-benar menjadi seorang pemimpin, Lo bisa menempatkan anggota tim Lo pada posisi yang potensial untuk mereka.

6. Daripada main suruh, Lo lebih suka memberi contoh

Terakhir, seorang yang memiliki jiwa kepemimpinan yang baik, nggak akan asal main perintah saja. Dia lebih suka memberikan contoh. Bahkan nggak ragu turun tangan langsung, sehingga dia bisa merasakan masalah dan kesulitan yang dihadapi oleh anak buahnya.

Nah, dari situ akan terbentuk kerja sama tim yang solid. Percaya sama Gw, seorang pemimpin yang seperti itu akan disegani oleh anak buahnya, bro. Bukan takut Lo marahi, tapi mereka bakal menaruh rasa respect sama Lo, sehingga mereka akan total melakukan tugas yang  Lo berikan.

 

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini