gentlemancode.id
8 Cara Melatih Otak Agar Lebih Kreatif

8 CARA MELATIH OTAK AGAR LEBIH KREATIF

Published on Tuesday, 15 November 2016

Tahukah kalian bagian mana dari tubuh kita yang memiliki peranan penting dalam kehidupan kita sehari-hari? Yups, otak. Otak adalah pusat informasi dan itulah yang membuat otak merupakan organ yang paling vital dalam tubuh kita. Setiap sel otak terdiri dari jutaan sel, namun sebenarnya yang efektif kita gunakan saat kita berpikir keras hanyalah sepersekian persen dari jumlah keseluruhan sel otak kita.

Tahukah kalian bahwa ilmuwan dunia Albert Einsten yang mana merupakan ilmuwan pengembang fisika hanya menggunakan 1% dari sel otaknya. Padahal kita semua tahu Einsten merupakan salah satu ilmuwan yang sangat cerdas dan juga kreatif, dan bahkan hampir setiap saat memikirkan hal-hal baru.

Berbeda dengan kita di jaman sekarang ini. Kemampuan berpikir kreatif manusia, sangatlah terbatas karena tidak dilatih untuk menggunakannya.

Nah biar otak kita gak tumpul Bro ga ada salahnya kalian mengikuti 8 cara ini biar otak Lo tetep tajam setajam silet. Hehehe.

1. Jangan malas baca Bro

Kalo Lo tipe orang yang males baca, sebaiknya mulai sekarang Lo biasain buat baca deh. Salah satu manfaat membaca adalah dapat melenturkan otot-otot otak, entah itu bacaan ringan seperti komik maupun bacaan berupa informasi. Menurut studi Dr. Nikolaos Scarmeas pada tahun 2001, ternyata membaca dapat membantu membangun 'cadangan kognitif' untuk menunda timbulnya demensia.

2. Bermain permainan yang membutuhkan kita untuk berfikir

Cobalah untuk memainkan permainan strategi seperti catur, monopoli atau games yang ada pada komputer atau smartphone Lo. Permainan tersebut akan melatih kita menggunakan otak kanan yang mana itu dapat membantu orang untuk lebih berpikir kreatif.

3. Coba untuk membiasakan untuk aktif kidal maupun kanan

Coba deh untuk melakukan tugas dengan tangan yang tidak dominan, Kalo biasanya Lo menggunakan tangan kiri atau kidal maka Lo harus mencoba untuk menggunakan tangan kanan atau sebaliknya. Misal saat menggunakan smartphone, menulis, menggosok gigi, atau mengikat sepatu dengan arah berlawanan. Menurut Franklin Institute, jenis latihan seperti ini bisa memperkuat hubungan syaraf yang ada dan bahkan dapat membentuk saraf baru.

4. Bermain puzzle atau TTS

Jenis permainan seperti kotak rubik, TTS, Sudoku, dan jenis permainan puzzle lainnya dapat melatih otak khususnya otak bagian kiri.

5. Coba deh belajar bahasa asing

Ketika kita mempelajari bahasa asing, maka aktifitas ini akan mengaktifkan bagian otak yang belum kita gunakan sejak kita mulai berbicara. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2007 di York University di Toronto, menemukan bahwa penggunaan beberapa bahasa dapat meningkatkan suplai darah menuju otak untuk menjaga kesehatan koneksi saraf.

6. Bosen dengan rutinitas? coba dirubah deh Bro

Menurut Lawrence Katz, profesor Neurobiologi di Duke University Medical Center, Mengubah rutinitas dapat mengaktifkan koneksi otak yang sebelumnya tidak aktif. Lo bisa memulai dengan mencoba rute baru dari rumah menuju tempat kerja atau mulai mencoba menu baru ketika sarapan atah bahkan sekedar mengatur ulang meja kerja.

7. Olahraga jangan sampe engga Bro

Salah satu manfaat dari olahraga atau latihan fisik adalah dapat meningkatkan kesehatan otak. Menurut Stanford Center on Longevity dan The Max Planck Institute for Human Development, latihan fisik dapat meningkatkan perhatian, nalar dan memori.

8. Coba untuk mencari hobi yang baru untuk dijalankan

Cobalah untuk selalu menemukan sesuatu yang baru dan menarik untuk kita kerjakan agar dapat menjaga otak tetap aktif. Kalo Lo misalnya hobi berenang coba deh untuk mencoba hobi lain seperti basket atau sepak bola. Intinya paksa diri kita agar selalu melakukan hal-hal baru, agar otak kita terlatih dengan segala keadaan dan perubahan.

Nah Bro, itu tadi 8 cara yang bisa Lo lakuin untuk melatih otak kita agar tetap kreatif. Asal ada kemauan, pasti ada jalan Bro. Cheers.

Sumber gambar:
[1] https://www.pexels.com/

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini