gentlemancode.id
9 hal yang bisa kita lakukan untuk menjalani hidup anti ribet

9 HAL YANG BISA KITA LAKUKAN UNTUK MENJALANI HIDUP ANTI RIBET

Published on Saturday, 22 April 2017

Sekarang ini, kita hidup dimana orang memandang kesuksesan seseorang berdasarkan jumlah materi yang mereka punya. Kita hidup dimana gaya hidup konsumtif menjadi kebiasaan yang sulit untuk dihilangkan. Dan entah kenapa kebiasaan ini menjadi tolak ukur posisi kita di masyarakat. Ya, sukses diukur dengan banyaknya uang, rumah yang besar, mobil yang banyak, gadget terbaru, dan seberapa sering kita berbelanja.

Apakah kita lebih bahagia seperti itu dibandingkan dengan kita menjalani kehidupan yang lebih sederhana? Apakah konsumerisme benar-benar meningkatkan kebahagiaan dan kesejahteraan kita?

Jawabannya adalah enggak Bro. Bahagia bukan cuman soal punya banyak duit, bahagia bukan soal berapa banyak mobil yang kita punya. Bukan Bro, bukan cuman itu, bahagia itu tergantung kita memberi makna terhadap apa yang kita punya. Bener Ga?

Lo punya duit banyak tapi banyak hutang bahagia engga? Lo punya mobil banyak tapi sakit-sakitan bahagia engga? Bahagia itu bukan cuman soal harta dan gaya hidup Bro. Coba sekarang liat barang-barang Lo? Apa Lo membutuhkan semua barang-barang Lo? Gw yakin pasti ada barang-barang Lo yang gak kepake karena Lo udah punya banyak banget barang yang udah Lo beli dulu.

Gw saranin Lo mulai keluarin tuh barang-barang yang gak kepake sama Lo, kasih sama orang yang emang bener-bener butuh. Daripada barang tersebut gak ada gunanya, mendingan buat orang lain kan?

Mengeluarkan barang yang tidak perlu gak cuman bisa bikin ruangan Lo makin lega, percaya gak percaya itu bisa bikin pikiran Lo lebih fresh Bro, gak sumpek. Dan ini tentu baik buat Lo Bro karena Lo udah menyederhanakan hidup Lo.

Hidup sederhana akan menjadikan hidup Lo menjadi hidup yang anti ribet. Kalo Lo pengen bahagia, ya sederhanain hidup Lo. Jangan apa-apa dibikin ribet. Hidup yang lebih sederhana bisa memperbaiki pola pikir Lo dan bagaimana Lo bertindak. Gimana cara nyederhanainnya? Ikuti 10 tips ini Bro!

1. Tendang dan buang pikiran negatif

Memikirkan hal negatif hanya akan membuang waktu Lo aja. Terlalu banyak mikirin hal-hal yang negatif sama sekali gak akan memberikan manfaat buat hidup Lo. Pikiran negatif itu kaya racun Bro, dia akan menggerogoti kebahagiaan Lo sediki demi sedikit. Pada akhirnya, pikiran negatif hanya akan membuat Lo menderita, sehingga Lo terpuruk dan tidak mampu memperbaiki keadaan yang perlu Lo perbaiki.

Sebagai manusia, kita punya kendali penuh terhadap pikiran kita Bro, jadi tergantung sama pilihan Lo, mau mikirin hal negatif atau memikirkan hal lain yang lebih bermanfaat? Kendalinya ada di Lo Bro, jangan sampe Lo diracuni oleh pikiran-pikiran negatif yang akan menghancurkan Lo.

2. Jangan kelamaan ngabisin waktu di depan komputer atau gadget Lo

Udah jutaan jam mungkin waktu yang kita habiskan di depan layar komputer, tv, atau gadget kita. Ya, di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini kita memang susah untuk lepas dari barang-barang tersebut. Kita menghabiskan begitu banyak waktu didepan layar komputer atau layar televisi. Seringkali kita menghabiskan waktu berjam-jam didepan layar komputer untuk bekerja. Setelah itu, kita juga menghabiskan waktu untuk menonton video YouTube tanpa henti atau untuk bermain game. Gak cukup sampai disitu, ketika kita akan beranjak tidur pun kita masih asik dengan smartphone kita untuk sekedar membuka social media, aplikasi chatting dan lain sebagainya. Bayangkan, berapa lama waktu yang sudah kita habiskan didepan layar monitor dan smartphone kita? Kita tidak menyadari berapa banyak waktu yang sudah habis yang mana sebenarnya waktu tersebut bisa kita habiskan untuk melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat dan lebih produktif.

3. Kalo ngomong disaring, mana yang perlu mana yang gak perlu

Ini bukan berarti Lo harus jadi orang yang pendiam Bro, bukan itu. Maksud Gw adalah perhatikanlah perkataan yang akan Lo ucapkan. Apakah itu positif? Apakah itu bermanfaat? Atau apakah perkataan tersebut cuman gosip, perkataan kebencian atau bentuk kecemburuan? Pikirkan apa yang ingin Lo katakan karena kita gak sempurna dan kebanyakan dari kita memiliki kecenderungan untuk menuruti kata-kata yang kita tahu seharusnya tidak perlu kita katakan. Maka, hindari perkataan yang sama sekali gak ada manfaatnya. Kualitas selalu lebih baik dari kuantitas Bro.

4. Kurang-kurangiun maen social media

Sekarang ini, kayanya semua orang pasti memiliki account social media seperti Facebook, Instagram atau Twitter. Tidak dipungkiri kehadiran social media memang banyak membawa dampak positif dalam keseharian kita. Namun, meskipun begitu bukan berarti social media tidak memiliki dampak negatif. Ada juga Bro dampak negatifnya, salah satunya yaitu kecemburuan sosial.

Terkadang ketika hidup tidak berjalan dengan baik, kita membandingkan diri kita dengan orang lain. Kita iri ketika melihat postingan teman kita mengenai kesuksesannya, atau bisa juga kita jadi terobsesi dengan barang yang dimiliki oleh teman kita. Yang kaya gini gak beres Bro, hidupnya jadi gak tenang karena terlalu fokus dengan yang orang lain punya bukan fokus terhadap apa yang dia punya.

Sederhanakan hidup kita dengan mengurangi penggunaan social media. Lo pasti akan melihat dampak yang signifikan dalam keseharian Lo dengan melakukan hal tersebut.

5. Jangan terlalu terikat dengan materi yang kita punya

Memiliki segala hal yang kita inginkan memang menyenangkan, tapi kadang itu semua membuat kita menjadi budak harta. Pernah Lo merasa takut memakai sepatu karena harga sepatu Lo diatas 5 juta? Takut kotor, takut lecet, kotor dikit di lap, kena debu dikit di cuci, ditaro juga hati-hati banget. Haha, ribet ya?

Ketika kita terlalu terikat dengan harta benda yang kita miliki, kita secara tidak sadar akan diperbudak oleh harta kita itu. Padahal, seharusnya justru kita yang mengendalikan harta benda yang kita miliki, bukan sebaliknya.

Kunci kebahagiaan itu bukan berarti kita bisa membeli segala hal yang kita inginkan, bukan Bro. Tapi, bahagia itu adalah ketika kita bisa memenuhi kebutuhan kita tanpa mengabaikan orang-orang yang ada disekitar kita.

6. Selesaikan hutang

Punya hutang itu gak tenang Bro, sekalipun kecil yang namanya utang itu harus dibayar. Gak boleh engga. Kalo Lo terlanjur memiliki hutang, mulailah membuat langkah untuk melepaskan diri Lo dari hal itu. Buat rencana pembayaran yang jelas. Apapun yang Lo lakukan untuk mengurangi hutang, meskipun kecil, pasti akan membawa rasa kebebasan finansial untuk hari berikutnya. Percaya deh ama Gw!

7. Jauhi Makanan Tidak Sehat

Sangat penting untuk mengontrol apa yang kita masukkan ke dalam tubuh kita. Lakukan usaha untuk menghilangkan kebiasaan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Mulai sekarang kurangi dan jauhi Makanan tinggi gula, garam berlebih, lemak berlebih, dan perasa buatan. Makanan tersebut bisa menjadi racun bagi kita jika kita memakannya secara terus menerus. Jalani hidup sehat dengan menurunkan resiko terkena penyakit terutama saat kita memasuki usia tua. Mengurangi makanan yang buruk tidak hanya akan membantu kita merasa jauh lebih baik dan memberi kita lebih banyak energi tapi juga akan mempermudah hidup kita dalam jangka panjang.

8. Jangan terlalu banyak menetapkan tujuan

Dalam upaya untuk membuat diri kita menjadi orang yang lebih baik, maka kita dituntut untuk menentukan tujuan. Memiliki tujuan tentu adalah hal yang sangat baik, tapi ketika kita terlalu banyak menentukan tujuan maka hal ini akan justru membuat kita gak fokus dan akhirnya malah gak ada tujuan yang bisa kita raih. Dengan hanya memiliki satu atau dua tujuan penting, kita akan bisa lebih fokus untuk mencapai tujuan tersebut. Tingkat keberhasilan pun akan lebih tinggi karena kita memfokuskan tenaga dan fikiran kita 100% untuk tujuan tersebut.

9. Stop Multitasking dan jangan so sibuk

Multitasking dalam kehidupan sehari-hari dapat menyebabkan stres dan kecemasan yang tidak diinginkan. Jangan so sibuk, kerjain satu persatu aja. Manusia itu gak bisa multitasking, kalo bisa dikerjain satu persatu ngapain harus maksain diri ngerjain semuanya?

Sederhanakan hidup Lo dengan menyelesaikan satu pekerjaan pada satu waktu, dan ketika waktunya istirahat ya Lo harus istirahat bukannya kerja. Hal ini baik untuk kesehatan fisik dan juga mental Lo Bro.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini