gentlemancode.id
Bahkan Lebah Sekalipun Bisa Kita Jadikan Guru

BAHKAN LEBAH SEKALIPUN BISA KITA JADIKAN GURU

Published on Thursday, 15 September 2016

Orang bijak pernah berkata Pelajaran bisa kita ambil dari mana saja, dari siapa saja dan dari apa saja. Kalimat ini Gw rasa sangat benar adanya. Kita bisa belajar dari semua hal yang ada disekitar kita. Karena sejatinya ilmu itu tidak selalu tersurat namun juga tersirat. Hal-hal yang tersirat ini lah yang perlu kepekaan kita untuk membacanya. Apakah ini penting? tentu saja. Semua ilmu itu tentu penting, bahkan ilmu mencuri sekalipun. Sederhananya gini Bro, dengan Elo tau ilmu mencuri, Elo bisa tau gimana cara mencegah Elo dari kemalingan. See, sesimple itu Bro.

Intinya, Tuhan selalu mempunyai cara-Nya sendiri untuk memberi pelajaran atau ilmu kepada manusia sebagai hambanya. Kadang kita "dijewer" ketika kita berbuat salah agar cepat kembali kepada jalan-Nya. Kadang juga Tuhan memperlihatkan kejadian demi kejadian yang kita anggap biasa sebagai pengingat dan bahan pembelajaran untuk kita. Keterbatasan kita sebagai manusia lah yang kadang membuat kita luput untuk menangkap hal-hal tersebut, dimana sebetulnya kita bisa memetik ilmu dan hikmah dari segala yang terjadi di sekitar kita.

Oke Bro, tanpa panjang lebar lagi kali ini Gw pengen ngajak Elo buat berguru kepada salah satu hewan yang banyak sekali memberi manfaat kepada kita. Hewan itu adalah lebah. Ya, Lebah. Tuhan mencipatakan hewan ini dengan banyak sekali manfaatnya untuk kita, salah satu manfaatnya adalah madu yang dihasilkan oleh hewan ini. Para ahli sudah banyak yang mengatakan bahwa manfaat madu untuk tubuh kita sangat luar biasa. Tapi, ga cuman sampe situ Bro. Kalo Elo perhatiin lebah ini unik, tingkah lakunya bisa kita tiru. Makanya Gw ngajak Elo untuk berguru kepada si lebah ini. Kenapa? ini penjelasannya Bro.

Pertama, lebah hanya menghisap saripati bunga. Ia hanya mengambil yang inti dan membiarkan yang lain.

Lebah hanya mengambil bagian yang dia butuhkan saja. Dia tau yang menjadi haknya dan dia tidak serakah dengan mengambil bagian yang lain.

Pelajaran yang bisa kita ambil adalah kita sebagai manusia hanya boleh mengambil yang memang hak kita saja, bukan mengambil hak orang lain. Lebah juga mengajarkan kita agar tidak serakah.

Hmmm, mungkin para pejabat di negri ini perlu belajar kepada hewan ini ya Bro.

Kedua, lebah menghasilkan madu. Ia memberikan manfaat kepada manusia.

Seperti yang gw pernah sebutkan diatas tadi, bahwa salah satu manfaat lebah adalah dia menghasilkan madu yang bermanfaat bagi manusia. Madu dihasilkan dari saripati bunga yang baik saja, maka madu yang dihasilkan pun adalah madu yang bagus dan berkualitas.

Pelajarannya adalah apapun yang kita buat atau lakukan apabila dimulai dengan sesuatu yang buruk maka hasilnya juga akan buruk. Namun sebaliknya, apapun yang kita buat atau lakukan apabila dimulai dengan sesuatu yang baik maka hasilnya pun akan baik pula.

Ketiga, lebah tidak merusak. Di mana pun dia hinggap, tak ada tangkai daun ataupun ranting pohon yang patah.

Luar biasa ya, begitu sopan hewan ini. Dia tidak merusak lingkungan disekitarnya dan dia sangat hati-hati dalam tingkah lakunya.

Prinsip lebah ini perlu kita tiru dalam kehidupan kita sehari-hari, kita jangan jadi orang yang senantiasa merusak. Dan jangan pula kita menjadi orang yang sering menyakiti orang lain. Dimanapun kita berada kita harus menjadi pribadi yang menentramkan bukan menjadi ancaman.

Keempat, lebah punya harga diri. Dia tidak akan pernah mengganggu orang lain selama kehormatan dan harga dirinya dihormati.

Elo ga akan disengat lebah kalo Elo ga ganggu mereka. Mereka hanya akan menyengat ketika mereka diganggu karena merasa terancam. Lebah tidak akan menyengat tanpa alasan.

Pelajaran yang bisa kita ambil adalah jangan sampai kita menjadi pribadi yang suka mengganggu orang lain. Jadilah pribadi yang menyenangkan bukan mengancam. Tapi ketika Elo diganggu, Elo tentu boleh bertindak ga mungkin Elo diem aja karena Elo punya harga diri Bro. Asal, tidak berlebihan dalam bereaksi.

Komitmen lebah dalam bersikap dan berbuat perlu kita tiru sebagai pembelajaran untuk diri kita. Seperti disinggung diawal bahwa kita bisa belajar dari mana saja, dari siapa saja, dan dari apa saja. Tuhan sudah menciptakan lebah dengan beragam manfaatnya untuk kita. Ga ada salahnya kan belajar sama lebah?

Semoga bermanfaat, terimakasih.

Sumber gambar:
[1] https://www.pexels.com/photo/brown-and-black-honey-bee-on-white-flower-near-green-plants-during-daytime-128573/

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini