gentlemancode.id
Cara Menghadapi Orang yang Membenci Lo

CARA MENGHADAPI ORANG YANG MEMBENCI LO

Published on Wednesday, 04 October 2017

Menurut  Gw, nggak ada satupun orang di dunia ini yang benar-benar disukai oleh semua orang tanpa ada orang yang gak suka sama Lo. Kenyataannya, hidup nggak sesempurna itu, Bro. Saat ini tanpa Lo sadari atau bahkan Lo sadari pasti ada orang yang nggak suka sama Lo, bener nggak?

Kali ini Gw akan mencoba berbagi tips, untuk gimana sih menghadapi orang-orang yang nggak suka sama Lo. Entah itu karena kesalahan yang pernah Lo perbuat, perkataan yang mungkin tidak mengenakan yang nggak sengaja Lo lontarkan, atau memang sikap dan sifat dia yang memang pembenci. Langsung aja kita bahas yuk, Bro.

1. Introspeksi diri

Seperti yang Gw sampaikan sebelumnya, hidup nggak akan sesempurna yang Lo mau, Bro! Kadang dalam beberapa titik pada kehidupan kita pasti ada saja kesalahan dan perkataan yang nggak sengaja kita lakukan, sehingga ada orang yang mungkin marah dan akhirnya membenci kita. Ketika Lo merasa ada seseorang yang tiba-tiba berubah sikapnya sama Lo, entah yang biasanya ramah jadi bersikap cuek, atau yang tadinya akrab jadi menghindar, atau yang tadinya biasa aja jadi menunjukkan sikap tidak sukanya. Nah, apa sih yang sebaiknya Lo lakukan? Hal pertama yang harus Lo lakukan adalah introspeksi diri Bro supaya Lo tau apa kesalahan yang Lo sudah lakukan.

Dengan Lo introspeksi diri dan mengevaluasi diri sendiri, itu akan memberikan kesempatan buat Lo untuk berfikir dan memperbaiki diri menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Setelah Lo instrospeksi dan Lo menyadari apa yang Lo perbuat itu salah, Lo harus minta maaf Bro, jangan malu karena gentleman itu adalah orang yang mau mengakui kesalahannya.

Tapi, kalo misalnya ada seseorang yang membenci Lo tanpa sebab, Lo harus cari tahu tuh, dekati dia pelan-pelan, jangan malah menjauhi atau balik membencinya. Cari tahu apa penyebab yang menyebabkan dia jadi benci sama Lo dan Lo harus tetap ramah sama dia.

2. Kalo Lo udah coba introspeksi dan minta maaf tapi dicuekin, abaikan saja Bro

Setelah Lo melakukan langkah pertama yang Gw sebutin tadi, dan orang yang membenci Lo tetap memberikan sikap yang kurang enak. Sepertinya akan lebih baik apabila Lo mengabaikannya saja, Bro. Toh Lo udah nyoba untuk memperbaikinya. Ketika orang yang nggak suka sama Lo misalnya memprovokasi Lo, Lo punya hak untuk mengabaikannya, karena itu pilihan yang bijak menurut Gw.

Nah, kalo yang dia lakukan udah merugikan Lo baik secara moril dan materil, cobalah untuk tidak membalas apa yang dia lakukan dengan hal yang sama, Bro. Memang susah untuk menerima hal yang nggak enak dari orang lain, tapi sebagai seorang gentleman,  Lo harus bisa menahan diri. 

Kalo Lo memang nggak melakukan hal-hal yang salah, Lo musti mengklarifikasi dan berani bicara, Bro. Tetap bersikap baik dan jangan jadi pembenci. Ketika Lo terbukti tidak bersalah, orang yang membenci dan memprovokasi Lo akan malu sendiri  karena telah menyebarkan kata-kata yang nggak sesuai dengan realita.

Inget Bro, sesekali Lo perlu mengabaikan hal-hal yang gak penting seperti ngeladenin orang yang benci sama Lo.

3. Hadapi dan  carilah solusi

Ketika seseorang bisa benci sama Lo, pasti ada sesuatu yang salah sekalipun itu adalah kesalahpahaman. Ketika langkah pertama dan kedua sudah Lo lalui tapi tidak menghasilkan dampak yang baik buat Lo. Saatnya Lo bergerak untuk menghadapinya dan mencari solusi. Gimana caranya?

Supaya orang yang membenci Lo, tau siapa Lo sebenarnya, bagaimana sifat asli Lo, dan sama-sama tau alesan kenapa dia bisa membenci Lo. Lo butuh meluruskannya dengan berbicara sama orang tersebut. Dengan begini Lo akan mengetahui lebih jelas akar permasalahannya apa. Seperti yang Gw bilang sebelumnya, kalo penyebabnya adalah karena perkataan atau perbuatan yang Lo lakukan, maka segeralah untuk meminta maaf, Bro. Tapi, kalo ternyata dia nggak suka sama Lo karena misal Lo mengambil posisi yang dia rasa posisi tersebut seharusnya untuk dia, Lo butuh bicara Bro supaya dia mengerti.

4. Selesaikan dengan cerdas

Biasanya, pembenci akan melakukan berbagai cara untuk menjatuhkan Lo, Bro. Ketika pembenci beraksi di dunia nyata, langkah satu sampai tiga musti Lo lakukan. Sekarang, Gw mau mencoba mengambil kasus lain, gimana kalo dia yang nggak suka sama Lo beraksi di dunia maya, melalui social media. Ketika dia mencoba menebarkan berita hoax tentang Lo, mengancam,  atau me-mention Lo, jangan tersulut emosi, Bro. Lo bisa kok menghapus tag, report ke platform yang bersangkutan, atau memblokir orang tersebut, dan kalo Lo merasa itu sudah benar-benar keterlaluan dan membahayakan, Lo bisa melaporkan kepada pihak yang berwajib, Bro. Nah, ketika Lo sudah melakukan hal tersebut, Lo nggak perlu repot menghadapinya karena sudah ada hukum yang bisa menjerat orang yang menebar kebencian, menjatuhkan, atau merusak nama baik Lo, Bro.

5. Hadapi dengan gagah berani dan tunjukan aja prestasi Lo

Kalau memang dasarnya pembenci, dan Lo sudah melakukan langkah pertama sampe langkah ke empat, tapi nggak membuahkan hasil juga. Lo hanya perlu mengabaikannya, Bro. Lo nggak perlu ambil pusing lagi. Udah biarin aja dia mau gimana. Bebas. Mau jadi pembenci, mau jadi monyet, biarin aja terserah! Haha. Fokuskan energi Lo untuk berkarya, bekerja, dan berprestasi. Udah itu aja. Biarin Mereka menghabiskan waktu mereka dengan hal yang tidak perlu. Berkaryalah sebaik mungkin dan berprestasilah setinggi mungkin.

Nah, Gw rasa itu aja yang bisa Gw sampaikan. Ingat Bro, Lo gak bisa membuat semua orang di dunia ini suka sama Lo. Lo cukup bersikap baik aja, jangan biarkan orang yang membenci Lo mempengerahui Lo dalam bersikap. Kalo Lo memang ada masalah atau kesalah pahaman, maka selesaikan lah secara jantan jangan dibiarin begitu aja. Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ya! Thanks.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini