gentlemancode.id
Cara Tegas Mengambil Keputusan

CARA TEGAS MENGAMBIL KEPUTUSAN

Published on Tuesday, 22 August 2017

Untuk mengambil sebuah keputusan memang nggak gampang Bro, apalagi ketika Lo dihadapkan oleh beberapa pilihan yang harus Lo ambil dalam waktu yang bersamaan, atau Lo harus mengambil keputusan yang berimbas bagi kehidupan orang banyak. Menurut sumber yang Gw baca, hanya sekitar tiga persen dari populasi manusia yang memiliki sikap tegas secara alamiah. Selebihnya memiliki ketegasan yang terbentuk dari lingkungan ataupun melalui pengetahuan dan pengalaman. Nah, kalo Lo pernah nggak berada di posisi ini, Bro? Posisi dimana Lo sulit untuk mengambil keputusan.

Di tengah posisi ini, sering kali banyak dari kita yang kadang merasa kesulitan mengambil keputusan, entah karena banyak piliham, kurang percaya diri atau kitanya yang terlalu perfeksionis. Nah, gimana sih cara tegas dalam mengambil keputusan? Simak caranya dibawah ini, Bro!

1. Percaya Dengan Diri Lo Sendiri

Pastikan apapun keputusan yang akan Lo ambil adalah yang terbaik menurut Lo. Percayakan itu pada insting dan naluri Lo, karena insting dan naluri Lo timbul dari pengalaman dan informasi yang Lo dapatkan sepanjang hidup Lo.  Tapi kalo Lo mendapatkan masukan dari orang lain, seperti keluarga atau teman Lo, Lo jangan menutup diri Bro. Lo bisa menggunakan saran dan masukan tersebut untuk memperkuat keputusan Lo. Nah, selain itu untuk memperkuat pilihan yang Lo ambil, pastikan Lo punya alasan-alasan yang mendukungnya.  Ketika Lo bisa mengambil keputusan berdasarkan kesimpulan dari insting, naluri dan alasan-alasan yang mendukung Lo, dan tanpa meninggikan ego, Lo udah tegas Bro!

2. Cepat Tapi Tidak Tergesa-Gesa

Setiap kali Lo harus mengambil keputusan, aturlah waktu dan mulailah prosesnya. Batasan waktu akan memaksa Lo menilai apa manfaat dan dampak dari suatu keputusan, sehingga Lo akan cepat dalam mengambil keputusan.

3. Fokus Pada Saat Ini

Seringkali Lo dibuat bingung dengan masa depan. Lo mencoba untuk melihat bagaimana keputusan Lo akan mempengaruhi diri Lo dimasa yang akan datang. Hal ini justru akan menguras pikiran Lo Bro, karena Lo mencoba untuk melihat setiap langkah dan akibat dari langkah tersebut. Sebaiknya Lo menyimpan energi tersebut untuk melakukan hal yang Lo sedang kerjakan sekarang, dan mencoba untuk mengambil keputusan terbaik yang paling mungkin. Hiduplah pada saat ini, buatlah keputusan berdasarkan apa yang akan membuat langkah Lo selanjutnya lebih mudah. Melakukan hal ini untuk setiap langkah yang Lo ambil adalah keputusan terbaik, Bro.

4. Jangan Ragu

Musuh terbesar ketika Lo mengambil sebuah keputusan adalah rasa ragu. Ragu akan membuat sistematika pemikiran dan kesimpulan yang Lo ambil menjadi berantakan. Ketika Lo sudah percaya dengan diri Lo, ya sudah. Lo memang perlu hati-hati, tapi jangan ragu-ragu. Ketika Lo sudah memantapkan pilihan, Lo sudah tegas Bro! Nggak masalah kalau Lo salah dalam mengambil keputusan dan pilihan, Lo hanya perlu menerima dan memperbaikinya. Setidaknya Lo pasti mendapatkan pelajaran baru dari kesalahan yang Lo lakukan ini. Jadi, kenapa Lo masih saja meragukan diri?

5. Jangan Berusaha Untuk Menjadi Sempurna

Kalo Lo menuntut segalanya untuk menjadi sempurna, Lo akan kesulitan untuk menentukan keputusan apa yang bakal Lo ambil, Bro. Setiap keputusan, apapun itu akan selalu punya dampak, entah itu baik ataupun buruk. Apapun hasilnya, Lo harus siap dengan segala konsekuensinya. Lo harus siap dengan risiko-risikonya, oleh karenanya Lo butuh percaya dengan diri Lo Sendiri, tidak tergesa-gesa dan jangan ragu, dengan begitu Lo akan meminimalisir risiko yang mungkin kurang baik yang akan timbul dari keputusan yang Lo pilih.

Nah itulah poin-poin yang bisa Gw sampaikan buat Lo yang sedang dalam keraguan dalam mengambil keputusan. Apapun masalah Lo, bagaimana pun keputusan Lo, keputusan besar atau kecil, sebagai cowok Lo harus tegas Bro. Salah satu sifat gentleman yang membedakan Lo dengan cowok ingusan adalah berani dalam mengambil keputusan dan tidak plin-plan. Kalo Lo tegas, yakin dan siap dengan semua konsekuensinya, Lo harus percaya bahwa semuanya akan baik-baik saja. Ketika Lo membiasakan tegas dengan mempertimbangkan cara-cara yang Gw sebutkan tadi, Lo akan jauh dari kebimbangan dan keraguan hati yang menyiksa diri Lo sendiri Bro. Ada seseorang yang bilang "Orang yang tegas lebih memilih untuk menanggung resiko, lebih baik salah dalam memilih daripada terlalu lama dalam keraguan dalam perencanaannya."

Oke deh Bro, Itu aja yang bisa Gw sampein sama Lo, semoga bisa memotivasi Lo, dan semoga bermanfaat, Bro! O iya, Jangan lupa share ke temen-temen Lo ya! Trims.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

ARTIKEL TERKAIT
KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini