gentlemancode.id
Cara Untuk Mengatasi Rasa Minder

CARA UNTUK MENGATASI RASA MINDER

Published on Tuesday, 23 July 2019

Tidak semua orang memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Untuk beberapa orang, rasa rendah diri sering mereka rasakan ketika melihat ada orang lain yang lebih baik darinya. Emang sih, kita yang udah dewasa sekalipun, kadang suka minder dengan kekurangan yang ada dalam diri kita. Ngerasa minder sesekali mungkin wajar, namun jangan keseringan karena itu bisa memberikan dampak yang buruk buat Lo, bro.

Untuk itu, mulai sekarang jangan minderan lagi! Lo bisa mengikuti 7 cara ini untuk bisa meningkatkan rasa percaya diri Lo.

1. Cintai diri Lo apa adanya

Cara untuk mengatasi rasa minder yang pertama adalah Lo harus mencintai diri Lo sendiri apa adanya. Mau orang ngomong apa, terlepas dari kelebihan dan kekurangan Lo, Lo adalah orang yang luar biasa, bro. Inget kalo semua orang terlahir dengan keunikan dan kelebihan masing-masing, begitupun Lo.

Jangan Lo dengerin kalo ada orang yang bilang Lo jelek atau Lo nggak menarik. Hargai diri Lo dengan baik. Kalo misalnya Lo nggak menghargai dan mencintai diri Lo sendiri, gimana orang lain?

2. Mulai memperhatikan penampilan

Nggak harus berlebihan, cukup memperhatikan penampilan Lo agar selalu terlihat bersih dan rapih juga udah cukup, bro. Penampilan yang baik akan meningkatkan rasa kepercayaan diri Lo.

Penampilan emang bukan segalanya, tapi tetap saja penampilan merupakan poin penting yang orang lihat saat Lo ketemu sama orang baru. Ketika orang pertama kali bertemu sama Lo, hal yang pertama mereka lihat adalah penampilan. Jadi, nggak salah dong kalo Lo harus selalu menjaga penampilan Lo?

3. Bersikap ramah

Gimana caranya sih supaya kita bisa punya banyak teman?

Caranya sederhana, bro. Lo cukup bersikap ramah kepada orang lain ketika ketemu, senyum, nyapa, dan salam, lalu jangan lupa untuk selalu bersikap baik.

Mintalah maaf ketika Lo salah, ucapkan terimakasih ketika ada orang yang membantu Lo, dan katakan tolong ketika Lo butuh bantuan. Ingat bro, attitude  itu harus Lo jaga untuk membangun integritas Lo di mata orang lain selain penampilan. Orang akan hormat sama Lo ketika attitude Lo bagus, jadi bangunlah attitude yang baik dan menyenangkan dimana pun Lo berada.

4. Menambah wawasan dan pengetahuan

Orang yang pintar pasti lebih bikin orang segan. Untuk menjadi lebih pintar Lo perlu menambah pengetahuan yang bisa Lo dapet dari membaca, menonton video yang bermanfaat melalui internet, atau bisa juga Lo membaca informasi-informasi yang up to date.

Dengan wawasan yang luas, Lo jadi punya banyak bahan obrolan, bro. Lo bakalan nyambung dalam obrolan apapun. Nah, orang-orang juga pasti bakalan nyaman pas ngobrol sama Lo, ini merupakan nilai plus untuk meningkatkan rasa percaya diri Lo dalam menghadapi lingkungan atau orang baru.

5. Hadapi semua ketakutan dan tantangan

Takut itu wajar. Namun jangan sampe rasa takut Lo menjadi penghalang atau hambatan.

Lo itu harus berani bro dalam menghadapi semua ketakutan dan kekhawatiran yang mengganggu hidup Lo.

Takut berbicara di depan banyak orang? Takut kenalan sama cewek? Takut usaha rugi? Atau takut gagal? Lawan bro semua rasa takut itu, hadapi dengan aksi nyata yang konsisten supaya Lo menjadi pribadi yang lebih baik setiap waktunya. Kalo Lo takut mulu, kapan Lo maju?

6. Asah bakat Lo

Kita pasti terlahir dengan bakat yang unik, bro. Untuk itu, Lo harus mengenali apa kira-kira bakat dan keahlian Lo. Kalo Lo udah tahu, asah lah bakat Lo itu sampe Lo bener-bener jago jangan Lo biarin begitu aja. Punya bakat dan keahlian di bidang tertentu itu mampu meningkatkan rasa percaya diri Lo, bro. Sayang kan kalo Lo punya bakat tapi nggak Lo asah?

7. Perluas pergaulan

Nah, tips yang nggak kalah penting dalam cara mengatasi rasa minder selanjutnya adalah jangan malas atau bosan untuk mencari teman, bro. Memiliki teman-teman yang banyak dan tentunya baik bisa memberikan Lo dukungan yang berguna buat Lo nanti. Kalo suatu saat nanti Lo lagi down atau Lo lagi merasa rendah diri, teman-teman Lo inilah yang nanti akan memotivasi Lo untuk bangkit dan memotivasi Lo untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

8. Jangan membandingkan Lo sama orang lain

Ini nih penyebab paling utama yang sering menyebabkan seseorang menjadi merasa minder dan nggak percaya diri. Bro, mau Lo bandingin Lo sama orang lain ampe kaya gimana juga nggak bakal ada gunanya. Tuhan itu sudah menciptakan setiap orang dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi, jangan pernah Lo membandingkan diri Lo dengan orang lain.

Kalo untuk sekedar motivasi dalam hal kesuksesan misalnya, itu sih sah-sah aja. Yang jadi masalah itu adalah ketika Lo mebandingkan hal-hal yang emang udah nggak bisa di rubah lagi seperti misalnya keadaan fisik.

Kira-kira itu aja bro cara-cara yang bisa Lo ikuti untuk cara mengatasi rasa minder. Inget bro, Lo itu terlahir luar biasa. Semoga artikel ini bermanfaat ya, sukses buat Lo semua, thanks and have a nice day!

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini