gentlemancode.id
Gak ada yang namanya gagal

GAK ADA YANG NAMANYA GAGAL

Published on Monday, 03 April 2017

Dalam hidup, kita semua pasti pernah berada dalam berbagai macam situasi dan keadaan. Susah, senang, sedih, susah lagi, senang lagi, kecewa, bahagia, dan lain sebagainya. Macem-macem Bro, karena memang begitu yang namanya hidup, gak bisa ditebak dan selalu menjadi misteri untuk kita.

Dalam usaha kita untuk mendapatkan apa yang kita inginkan, kadang gak semudah membalikan telapak tangan. Jalannya kadang terjal atau malah terlihat seperti jalan buntu, dan saat kita sampai disini kita harus pandai untuk mengambil keputusan. Apakah kita akan mencari jalan lain atau malah berhenti sampai disitu saja.

Satu hal yang pasti, sukses itu gak ada ujungnya dan kegagalan itu gak pernah final.

Semua yang terjadi, baik atau buruk pasti ada hikmahnya

Coba deh Lo inget-inget lagi situasi-situasi sulit yang pernah Lo alami dalam hidup Lo. Lo pasti akan nemuin hikmah dari kejadian-kejadian tersebut. Mungkin dulu Lo pernah nyoba daftar untuk masuk universitas negri ternama yang Lo anggap itu akan menjamin masa depan Lo. Tapi sayang, Lo gagal memasuki universitas tersebut karena hasil tes Lo tidak memenuhi syarat.  Tapi apakah benar itu adalah sebuah kegagalan, atau malah itu justru adalah hal yang menuntun Lo menuju jalan yang ternyata lebih baik buat Lo dan Lo happy dengan hal itu?

Pada awalnya mungkin kita tidak menyukainya, pait rasanya Bro, tapi kegagalan terkadang adalah justru merupakan batu loncatan yang disediakan menuju jalan yang akan menuntun kepada mimpi kita.

Dibalik kegagalan, tersimpan rencana besar yang sudah Tuhan persiapkan untuk kita, dan untuk mencapai jalan tersebut kadang kita memang harus merasakan kegagalan terlebih dahulu agar kita bisa belajar.

I have not failed

I have not failed. I have just found 10,000 ways that won’t work

Ini adalah kata-kata yang sangat terkenal yang diungkapkan oleh Thomas A Edison, ketika dia akhirnya menciptakan sebuah lampu, setelah dia gagal mencoba selama 10.000 kali. Bayangkan Bro, 10.000! Andai saja dia berhenti pada percobaan ke 10 atau 100, mungkin saat ini kita masih belum bisa menikmati hasil karyanya yang sangat bermanfaat hingga saat ini.

Jadi, apa yang harus kita garis bawahi adalah, bahwa kita harus selalu positif sekalipun kita menghadapi penolakan, kegagalan, dan mungkin diremehkan. Gagal terhadap sesuatu tidak berarti kita tidak bisa mendapatkan kesuksesan, itu artinya kita harus berusaha lebih keras lagi, bekerja lebih cerdas, dan selalu belajar kepada pengalaman.

Menyerah adalah satu-satunya cara untuk gagal

Kita pasti sering mendengar orang-orang sukses mengatakan bahwa lebih baik mencoba dan gagal daripada tidak pernah mencoba sama sekali. Mereka mengatakan ini bukan tanpa alasan, mereka ngomong ini karena mereka mengalaminya. Gak ada yang namanya sukses tanpa kegagalan dalam proses mencapai kesuksesan itu sendiri.

Ketika Lo mencoba sesuatu untuk pertamakalinya, kemungkinan besar Lo gak akan langsung berhasil. Coba deh inget pas dulu Lo belajar sepeda? Atau Lo belajar nyetir? pasti Lo semua gak akan langsung bisa kan? Tapi karena Lo gak berhenti buat nyoba, akhirnya Lo bisa dan lancar.

Ibarat anak kecil yang sedang belajar mengendarai sepeda. Mereka tidak pernah menyerah meskipun mereka jatuh berkali-kali. Kadang mereka jatuh dan terluka dan kadang mereka menangis. Tapi itu semua gak menghentikan mereka untuk terus mencoba hingga akhirnya mereka bisa.

Hidup kita juga kaya gitu Bro, kita akan gagal hanya ketika kita menyerah. Coba, dan coba terus. Sekalipun mungkin kita gak berhasil, coba terus jangan berhenti! Gak ada yang namanya gagal. Ketika kita tidak berhasil, artinya kita sedang dalam proses belajar, proses yang sangat berharga yang akan menuntun kita mendapatkan apa yang menjadi keinginan kita. Coba dan coba lagi berkali-kali sampai akhirnya berhasil.

Sumber gambar:
[1] https://www.pexels.com/

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini