gentlemancode.id
Jangan pernah mengabaikan nasihat orang tua

JANGAN PERNAH MENGABAIKAN NASIHAT ORANG TUA

Published on Wednesday, 20 December 2017

Kalo Gw tanya sama Lo siapa orang yang paling berharga dalam hidup Lo, Gw yakin Lo semua akan menjawab orang tua, bener nggak? Tanpa mereka kita nggak akan kaya sekarang dan tanpa kasih sayang mereka Gw rasa kita nggak akan hidup dengan nyaman kaya sekarang. 

Ibu sudah bersusah payah mengandung kita selama sembilan bulan dan setelah kita lahir Ibu mengasuh kita dengan penuh kasih sayang. Ayah punya tugas lain yang nggak kalah berat Bro, dia lah yang menjaga keluaga kita dari segala macam bahaya dan ayah lah yang selalu memberikan apa saja yang kita butuhkan meskipun dirinya sedang kesusahan.

Sungguh besar jasa mereka dan kita nggak akan pernah bisa membalasnya bagaimanapun juga.

Lo semua pasti sadar, orang tua adalah guru pertama yang kita kenal. Banyak ilmu yang sudah mereka berikan mengenai banyak hal dari mulai belajar mengenal kata untuk berbicara, berjalan, makan dan lain sebagainya. Pada hakikatnya mendidik anak itu adalah kewajiban penuh orang tua, bukan orang lain.

Sebagai orang yang sudah banyak memakan asam garam kehidupan, salah satu cara meraka mendidik kita adalah dengan memberikan nasihat, Bro. Sebagai anak, sudah menjadi kewajiban kita untuk tidak mengabaikan nasihat mereka karena:

1. Mereka ingin kita menjadi pribadi yang baik

Ketika Lo kecil Lo pasti sering mendapat nasihat tentang bagaimana Lo ngomong sama orang yang lebih tua, bersikap kepada orang yang lebih tua, gimana cara berbahasa dan lain sebagainya. Itu semua adalah bagian dari pelajaran tata krama yang mana akan menuntun Lo tumbuh menjadi orang yang sopan dan memiliki tata krama yang baik. Bagaimana pun juga tata krama adalah pondasi dasar yang wajib untuk ditanamkan karena itu adalah modal seseorang untuk bersikap baik dalam kehidupan sosial. Keinginan mereka tidak berlebihan Bro karena mereka hanya ingin kita semua tumbuh menjadi anak yang punya sopan santun dan berbudaya bukan anak serampangan yang tidak tahu etika.

2. Pengelaman mereka lebih banyak, wajar kalo mereka memperingatkan Lo mana yang baik dan mana yang benar

Bagaimanapun juga, mereka sudah lebih banyak mengalami berbagai macam kejadian di dalam kehidupannya. Jadi wajar kalo misalnya mereka ngingetin Lo supaya hati-hati dalam melangkah dan bawel ngasi tau Lo harus begini dan harus begitu. Sebagai anak, Lo wajib dengerin dengan baik semua nasihatnya tanpa menyela atau bahkan mencela. Kalo pun Lo nggak setuju Lo bisa ngomong baik-baik sampe Lo dan orang tua Lo nemuin titik temu. Itu orang tua Lo, bukan musuh Lo Bro, jangan di ajak ribut atau bahkan memperlakukan mereka seperti kaya sama musuh Lo.

3. Keinginan mereka sederhana, mereka pengen liat Lo sukses

Jangan bosen dengerin orang tua Lo nasihatin Lo. Jangan bosen dengerin orang tua Lo yang nyuruh Lo supaya rajin. Jangan bosen juga kalo Lo sering di ingetin supaya Lo jangan gampang nyerah. Itu semua mereka lakukan karena mereka ingin liat Lo sukses, Bro. Mereka nggak pengen liat Lo susah. Sepahit apapun nasihat orang tua Lo, kalo itu baik dengerin Bro jangan dibantah. 

Biasanya, orang tua mengalami kehidupan yang belum senyaman sekarang ketika mereka masih muda dulu. Mereka banting tulang untuk meraih kesuksesan dan mereka jatuh bangun disitu. Nah, dalam upaya mereka agar Lo nggak susah kaya mereka dulu maka mereka bawel ngingetin Lo supaya Lo disiplin, rajin, dan selalu bekerja keras. Gitu Bro kira-kira.

4. Sukses iya, tapi mereka ingin kita juga sadar bahwa dunia bukan segalanya

Wajar banget kalo orang tua Lo selalu ngingetin Lo untuk ibadah karena gimanapun juga dunia ini bukan sesuatu yang harus Lo jadikan sebagai tujuan utama. Iya sih kadang kita suka males, makanya mereka suka bawel tuh ngingetin kita kadang sampe marah juga. Nah, kenapa sih mereka sampe segitunya? Seperti yang Gw bilang tadi Bro, mereka pengen Lo itu hidup dengan benar. Nggak cuma sukses soal dunia, mereka juga sangat ingin Lo nggak melupakan untuk beribadah kepada Tuhan yang maha kuasa. Dunia ini hanya sementara, Bro.

Pengorbanan yang sudah orang tua kita berikan jangan sampe kita sia-sia kan, Bro. Orang tua itu nggak pernah nuntut banyak, ngeliat Lo sehat, bahagia, dan sejahtra aja mereka udah bahagia banget. Tapi, apa sih yang membuat mereka sangat bahagia? Nah, salah satunya adalah ketika mereka melihat Lo menjalankan nasihat mereka dengan baik, menghargai apa pandangan mereka, dan tidak mengabaikan apa yang mereka ajarkan.  Hargai mereka, dengarkan, dan cobalah untuk mebahagiakan mereka

Baca juga: Kegagalan bukan jalan buntu tapi jalan untuk memutar

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini