gentlemancode.id
Karakter Pemimpin Ideal

KARAKTER PEMIMPIN IDEAL

Published on Wednesday, 18 April 2018

Pemimpin adalah seseorang yang memiliki tanggung jawab lebih dalam memimpin suatu kelompok atau organisasi dalam mencapai suatu tujuan. Menjadi seorang pemimpin tidak bisa sembarangan, karena banyak hal yang harus dikuasai untuk menjadi pemimpin yang baik dan ideal.

"Seorang pemimpin adalah orang yang melihat lebih dari yang orang lain lihat, yang melihat lebih jauh daripada yang orang lain lihat dan yang melihat sebelum orang lain melihat." - Leroy Eimes.

Pada dasarnya, semua orang bisa menjadi pemimpin, minimal menjadi pemimpin untuk dirinya sendiri. Pemimpin itu bukan bos bro, melainkan seseorang yang bisa mengajak orang lain untuk berjalan menuju visi dan misi yang sama tanpa membuat orang yang di pimpinnya merasa diberatkan. Untuk menjadi pemimpin yang ideal itu memang nggak gampang, tapi bisa dilakukan dengan cara belajar dari berbagai macam pengalaman. Dibawah ini adalah beberapa karakter kepemimpinan yang harus Lo ketahui bro, diantaranya adalah:

1. Mau Mengamati dan Mau Mendengarkan

Sebagai seorang pemimpin, Lo harus bisa mengamati dengan baik apa yang sedang terjadi sama tim Lo. Ketika Lo melihat ada suatu masalah, Lo harus cepat untuk menghampiri mereka dan segera komunikasikan masalah tersebut. Kejelian dalam Lo mengamati apa yang sedang terjadi akan mencegah suatu masalah menjadi lebih besar lagi, bro. Selain itu, Lo harus mau untuk mendengarkan semua permasalahan yang anggota tim Lo alami supaya Lo tahu akar masalahnya itu apa bukan cuma asumsi Lo doang. Kadang bro asumsi itu akan membawa Lo kepada kekeliruan, jadi dengarkan dengan baik mengenai masalah yang mereka alami dan mereka pasti akan jauh lebih menghargai Lo.

2. Cerdas

Kecerdasan adalah salah satu hal yang sangat penting yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Cerdas dalam bersikap, cerdas dalam berbicara, cerdas dalam bersosialisasi, cerdas dalam melakukan inovasi dan cerdas dalam mengambil suatu keputusan. Tanpa kecerdasan yang baik maka seorang pemimpin akan hilang wibawanya. Dan tanpa kecerdasan yang baik, seorang pemimpin hanya akan membawa orang-orang yang dimpimpinnya kepada situasi yang tidak jelas kemana arahnya.

3. Selalu Berinisiatif

Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang selalu memiliki inisiatif untuk melakukan suatu hal tanpa menunggu orang lain mengerjakannya terlebih dahulu. Inisiatif jelas dibutuhkan oleh seorang pemimpin demi terciptanya sinergi antara anggota tim. Tanpa inisiatif, maka suatu kelompok atau organisasi tidak akan berjalan dengan baik bahkan cenderung lambat atau gagal.

4. Mau Berdiskusi

Ketika Lo dihadapkan dalam suatu masalah, atau Lo akan mengambil sebuah keputusan, sebaiknya Lo melakukan diskusi terlebih dahulu dengan anggota tim Lo. Dengan diskusi, maka anggota tim Lo akan merasa dilibatkan dalam pengambilan suatu keputusan dan mereka akan merasa punya peran dalam tim yang Lo pimpin. Nah, hal ini akan membangun loyalitas diantara anggota tim Lo bro dan mereka akan lebih respect sama Lo.

5. Mau Menerima Kritik

Pemimpin itu bukanlah manusia yang sempurna, bro. Untuk itu, ketika Lo menjadi seorang pemimpin, Lo harus mau menerima kritik dan menanggapinya dengan arif. Pada dasarnya, Lo butuh bro sama yang namanya kritik, karena dengan kritik Lo akan tumbuh untuk menjadi pemimpin yang lebih baik.

6. Bertanggung Jawab

Seorang pemimpin sudah pasti memiliki tanggung jawab yang lebih besar, bro. Untuk itu, Lo harus berani untuk bertanggung jawab atas segala keputusan yang sudah Lo ambil. Nggak ada orang yang akan mau mengikuti seorang pemimpin yang tidak bertanggung jawab atau bahkan menyalahkan orang lain di balik otoritasnya sebagai pemimpin. Pemimpin yang bertanggung jawab akan mendapatkan loyalitas dan respect dari anggota tim yang dia pimpin, bahkan mereka akan selalu mendukungnya bagaimanapun keadaannya.

7. Rela Berkorban

Dalam mencapai suatu tujuan itu, pengorbanan sudah pasti harus dilakukan. Sebelum orang lain yang melakukannya, sebagai pemimpin Lo harus menjadi orang yang pertama melakukannya karena Lo adalah pemimpin mereka. Pempimpin yang rela berkorban akan mampu memfokuskan diri untuk mencapai visi secara jelas dan terukur. Pemimpin yang rela berkorban akan mampu mengambil keputusan secara tepat tanpa merugikan banyak pihak.

8. Mau Memberikan Kepercayaan

Sebagai pemimpin, Lo harus bisa memberikan kepercayaan kepada orang-orang yang Lo pimpin, bro. Jangan sampe Lo ngeremehin kemampuan seseorang lalu Lo nggak ngasih kepercayaan kepada orang tersebut. Kepercayaan akan menjadi energi tersendiri untuk anggota tim Lo. Tanpa ada kepercayaan, maka akan mustahil untuk memiliki tim yang produktif untuk mencapai visi dan misi yang Lo miliki.

9. Percaya Diri

Pemimpin adalah seseorang yang diberikan hak penuh untuk mengambil suatu keputusan dan menentukan arah atau tujuan suatu kelompok atau organisasi. Untuk itu, perlu kepercayaan diri yang tinggi untuk melakukan hal tersebut agar orang-orang yang Lo pimpin juga nggak ragu untuk menjalankan keputusan Lo. 

10. Berfikir Positif dan Pantang Menyerah

Pola pikir nggak gampang menyerah tentu merupakan hal yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Seorang pemimpin dituntut untuk pantang menyerah dan selalu berfikir positif dalam keadaan apapun dan sesulit apapun. Apapun yang terjadi, hadapi semua itu dengan penuh dedikasi dan selalu yakin bahwa suatu saat Lo akan berhasil. 

Seorang pemimpin yang baik bukan berarti seseorang yang tidak pernah salah atau tidak pernah gagal dalam hidupnya. Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mau belajar untuk terus menjadi pribadi yang lebih baik dalam memimpin dirinya sendiri maupun orang lain. Pemimpin yang baik itu tidak lahir begitu saja, tapi mereka lahir dari pengalaman yang sudah dia alami dan dari pelajaran yang dia dapatkan dari berbagai hal yang dia lewati dalam kehidupannya. 

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini