gentlemancode.id
#LoPastiBisa - Katakan apa yang ingin Lo katakan

#LOPASTIBISA - KATAKAN APA YANG INGIN LO KATAKAN

Published on Wednesday, 23 May 2018

Tidak semua orang bisa mengungkapkan apa yang ada dalam isi kepala mereka dengan lancar. Sebagian ada yang merasa malu, sebagian ada yang takut salah, dan sebagian lagi mungkin ada yang takut terlihat bodoh di mata orang lain. Ini merupakan perasaan yang wajar bro dan kalo Lo sering mengalami hal ini, tenang aja karena Lo nggak sendirian. Banyak orang di luar sana yang juga mengalami hal yang sama persis seperti yang Lo rasakan.

Meskipun begitu, bukan berarti Lo harus selalu diam karena ada waktunya Lo harus bisa mengatakan apa yang ingin Lo katakan. Kalo Lo hanya diam, nggak akan ada yang paham dengan pemikiran Lo, keinginan Lo, atau apa yang membuat Lo nggak nyaman. 

Berani berbicara itu baik, selama apa yang Lo bicarakan itu nggak ada muatan negatif. Berikut ini adalah keuntungan yang bisa Lo dapatkan ketika Lo berani berbicara dan mengatakan apa yang ingin Lo katakan, diantaranya adalah:

1. Melatih kemampuan Lo dalam bersosialisasi

Ketika kita ingin membangun hubungan yang baik dengan orang lain, maka komunikasi adalah hal penting yang harus Lo perhatikan. Tanpa adanya komunikasi yang baik, musatahil kita bisa bersosialisasi dengan baik dengan orang lain. Nah, ketika Lo mampu mengatakan apa yang ingin Lo katakan, maka kemampuan Lo dalam berbicara, dalam memandang suatu hal, dan cara menyampaikan sesuatu, akan membantu melatih Lo dalam bersosialisasi. Lo akan punya banyak teman dan orang nggak akan canggung ketika berbicara sama Lo karena Lo memiliki sikap yang terbuka. 

2. Orang lain bisa lebih menghargai Lo

Setiap orang pasti memiliki hal yang tidak disukai dalam hidup mereka. Nah, orang lain nggak akan tahu ketika Lo tidak mengatakan apa yang tidak Lo sukai itu. Misal, Lo nggak suka kalo ketika janjian itu pada telat. Dengan Lo mengatakan hal ini, orang lain akan tahu mengenai ketidaksukaan Lo itu dan mereka akan berusaha untuk tidak melakukan apa yang tidak Lo sukai. Nah, ini adalah salah satu bentuk penghargaan dari orang lain karena mereka tahu apa yang tidak Lo sukai dan mereka nggak akan tahu kalo Lo tidak mengatakannya.

3. Lo bisa aktif memberikan ide ketika berdiskusi

Ketika kita berada dalam forum diskusi, tentunya semua orang diharapkan untuk bisa memberikan ide mereka mengenai sesuatu. Kalo Lo diam saja tanpa memberikan pendapat, maka konsekuensinya adalah mungkin hasil diskusi akan tidak sesuai dengan keinginan Lo. Untuk itu, Lo harus berani mengatakan apa yang ada dalam pikiran Lo apa pun itu agar semua orang tahu ide Lo seperti apa. Nggak usah takut dibilang ide Lo nggak guna, karena pada dasarnya nggak ada ide yang tidak berguna ketika kita berada dalam suatu forum diskusi. Just say it bro nggak usah ragu.

4. Orang akan lebih mengerti Lo

Apa yang Lo suka dan tidak suka orang lain nggak akan tahu ketika Lo tidak mengatakannya. Berbeda keadaannya ketika mereka tahu, maka mereka akan mengerti Lo itu orangnya seperti apa. Keadaan inilah yang kemudian akan membuat tumbuhnya pengertian di dalam suatu lingkungan dan saling pengertian ini adalah hal yang penting yang harus ada di dalam suatu hubungan apapun itu.

Memang nggak semua orang bisa mengatakan apa yang ingin mereka katakan. Tapi, bagaimanapun juga kita harus bisa untuk mengatakan apa yang ingin kita katakan, terlebih apa yang ingin kita katakan itu adalah hal positif. Ya bro, selama itu baik, katakan saja apa yang ingin Lo katakan sebelum Lo menyesal. #LoPastiBisa!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini