gentlemancode.id
Kebiasaan-kebiasaan Yang Bisa Menghambat Lo Menjadi Orang Kaya

KEBIASAAN-KEBIASAAN YANG BISA MENGHAMBAT LO MENJADI ORANG KAYA

Published on Tuesday, 19 September 2017

Hallo, Bro. Gimana kabar Lo? Gw doain Lo semua dalam keadaan yang baik ya. Sebagai pembuka, Gw pengen nanya nih, saat ini sedekat apa sih Lo sekarang sama  resolusi-resolusi Lo? Apakah sedikit lagi Lo capai, atau malah perlahan menjauh?

Kali ini Gw bukan pengen ngebahas resolusi sih sebenernya, tapi salah satu hal yang bisa menjamin Lo untuk mewujudkan resolusi-resolusi Lo. Apakah itu? Uang. Ya, suka tidak suka uang memang memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan kita, Bro. Lo tau sendiri, setiap hal atau apapun di jaman sekarang ini selalu membutuhkan uang untuk mendapatkannya. Mau sekolah Lo butuh uang, mau berobat Lo butuh uang, bahkan ke toilet umum pun Lo harus punya uang.

Uang adalah suatu alat yang bisa menjamin terpenuhinya kebutuhan-kebutuhan Lo. Bagi kebanyakan orang, menjadi kaya dan makmur adalah sebuah tujuan, dan itu sama sekali gak salah, toh ketika Lo punya uang Lo lebih mampu untuk menjadi orang yang lebih bermanfaat untuk orang lain di sekitar Lo. Jadi bercita-citalah untuk menjadi orang yang kaya raya sekaligus bermanfaat untuk orang banyak.

Untuk mencapai itu, tentunya tidak mudah, Bro. Pada kesempatan kali ini, Gw pengen share tentang kebiasaan-kebiasaan yang seharusnya tidak Lo lakukan karena bisa membuat Lo gagal total menjadi orang mapan. Nah, Kalo Lo mau jadi orang kaya dan mapan, hindari melakukan kebiasaan-kebiasaan ini!

1. Lapar mata untuk membeli barang-barang mahal

Ketika gadget, kendaraan, pakaian, dan trend atau apapun yang terbaru selalu Lo ikuti, dan Lo selalu menuruti kemauan Lo untuk punya itu semua, maka kecil peluang Lo untuk menjadi kaya terlebih pendapatan Lo juga pas-pasan. Inget, keinginan itu gak ada habisnya, Bro. Kalo Lo terus mengikuti semua keinginan Lo, kapan Lo nabungnya?

Bahkan kalo pendapatan Lo udah mulai meningkat, jangan jadikan itu pembenaran untuk menaikkan gaya hidup, Bro. Tahanlah diri Lo untuk tidak membeli barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu Lo butuhkan. Pintar-pintarlah memilih barang yang layak Lo pakai, dan bertahanlah dengan apa yang Lo punya selama itu masih bisa Lo gunakan.

2. Kerja keras tapi engga kerja cerdas

Lo kerja saat ini untuk apa sih, Bro? Pasti ujungnya uang juga. Lo boleh kerja keras, tapi harus disertai pemikiran yang cerdas, Bro. Ketika misal Lo, saat ini sedang menjadi karyawan di perusahaan A, dan Lo dapat gaji dari situ, Lo jangan hanya memikirkan berapa uang yang akan Lo tabung saja, tapi Lo juga harus mikirin uang Lo itu akan Lo puterin dimana sih supaya uang Lo itu bisa berkembang dalam artian bisa menghasilkan.  

Nah, gw punya referensi nih Bro, menurut Ric Edelman, penasihat keuangan. Salah satu cara cerdas yang bisa Lo lakukan dalam mengelola uang Lo adalah dengan menginvestasikan uang Lo di pasar saham atau dana pensiun. Sehingga, nantinya uang Lo akan kembali menghasilkan uang. Lo bisa melakukan ini tanpa banyak melakukan usaha, dan tanpa banyak memakan waktu Lo.

3. Tidak realistis

Siapa sih yang engga pengen punya uang banyak, hidup serba ada dan serba berkecukupan. Setiap orang pasti pengen kaya gitu, Bro. Tapi ingat, Lo juga harus realistis dengan jumlah penghasilan dan pengeluaran pribadi Lo, Bro. Sesekali intip coba jumlah uang di rekening Lo dan pikirkan bagaimana menggunakannya dengan benar. Realistislah dengan apa yang Lo punya sekarang. Dengan Lo realistis dan Lo membelanjakan uang Lo sesuai dengan kebutuhan Lo, maka peluang Lo buat menjadi kaya semakin besar, Bro.

4. Tidak punya daftar kebutuhan pribadi

Ini emang engga semua orang bisa sih dan engga semua orang juga bakal telaten. Tapi Lo bisa coba, Bro. Kalo Lo tidak menuliskan daftar kebutuhan Lo beserta jumlah pengeluaran yang Lo butuhkan, mustahil Lo bisa terhindar dari kebiasaan boros. Ketika Lo tidak memiliki daftar kebutuhan pribadi Lo ujung-ujungnya nanti Lo akan merasa butuh ini dan butuh itu. Jadi banyak banget yang Lo butuhin. Coba deh, tulis semua rencana pengeluaran Lo tiap bulan dan prediksi berapa uang yang bisa ditabung dalam waktu yang sama.

5. Lo nyaman dengan Penghasilan Tetap

Apakah saat ini Lo bahagia sama pendapatan Lo sekarang? Apakah Lo udah merasa cukup? Atau sebaliknya. Ya Bro, rata-rata orang memilih untuk digaji berdasarkan waktu, misal bulanan atau upah per jam. Tapi Bro, kalo Lo mencoba untuk berani untuk berwirausaha atau mendirikan usaha sendiri, Lo engga musti nunggu waktu gajian, Bro. Nih ada kalimat yang menarik yang Gw kutip dari Steve Siebold, "Bukan berarti tidak ada orang kelas dunia yang dibayar dengan gaji (bulanan), namun untuk sebagian besar, ini adalah langkah paling lambat untuk kemakmuran". Nah, gaji bulanan memang bisa membuat Lo menjadi kaya selama Lo bisa mengelolanya. Tapi progress-nya akan lambat, Bro.

6. Melenceng dari anggaran

Ketika Lo sudah membuat anggaran atau daftar kebutuhan pribadi yang Gw sebutkan di poin 4, tidak sedikit orang yang gagal saat mencoba mengikuti daftar anggaran yang sudah dibuatnya. Karena memang nggak gampang Bro Gw akuin, yang paling penting adalah Lo harus terus mencoba dan tidak menyerah untuk melakukannya. Anggap aja ini adalah bagian dari pelatihan untuk mematuhi anggaran-anggaran yang udah Lo tetapkan.

7. Tidak punya tujuan finansial

Kalo Lo ingin membangun kekayaan, prosesnya akan lebih mudah dan menyenangkan kalo Lo punya tujuan yang jelas dan spesifik dalam merencanakan tujuan finansial Lo, Bro. Apakah Lo akan membeli mobil, rumah, jalan-jalan, atau apapun, coba deh tulislah semua rencana Lo untuk Lo wujudkan nanti, Bro. T Harv Eker berkata, "Orang-orang kaya memilih untuk berkomitmen dalam memperoleh kekayaan. Butuh fokus, keberanian, pengetahuan, dan banyak usaha, namun segalanya mungkin kalo Lo memiliki tujuan dan visi yang jelas." Jadi, tetapkan tujuan finansial yang jelas supaya Lo punya target dan strategi untuk mencapai tujuan Lo tadi.

8. Tidak mau keluar dari zona nyaman

Nah ini, salah satu penyakit yang akan menghambat Lo untuk menjadi kaya. Kalo Lo pengen kaya, sukses, atau maju dalam hidup, maka Lo harus terbiasa dengan ketidakpastian atau ketidaknyamanan, Bro. Orang-orang kaya selalu merasa nyaman dengan ketidakpastian. Steve Siebold berkata. "Kenyamanan fisik, fisiologis, dan emosional adalah tujuan utama pola pikir kelas menengah. Para pemikir kelas dunia mempelajari lebih dulu bahwa menjadi miliarder tidak mudah. Mereka belajar untuk nyaman bekerja dalam ketidakpastian." Gimana, Bro menurut Lo? Menurut Gw, gentleman itu harus berani untuk keluar dari Zona nyamannya demi mencapai semua mimpi dan cita-citanya.

Nah itu dia Bro yang bisa Gw sampaikan. Ketika Lo punya niat, tujuan dan kemauan untuk merubah kebiasaan, engga ada yang mustahil Bro karena selama Lo mau berusaha maka semuanya sangat mungkin bisa terwujud.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ya. Thanks.

Sumber gambar:
[1] https://www.pexels.com/

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini