gentlemancode.id
Maksimalkan 10 Hari Terakhir Bulan Ramadan

MAKSIMALKAN 10 HARI TERAKHIR BULAN RAMADAN

Published on Thursday, 30 June 2016

Tak terasa bulan puasa sudah akan pergi meninggalkan kita, sungguh sayang sekali apabila kita tidak memaksimalkan hari-hari terakhir puasa di tahun ini. Apabila kita merasa belum maksimal dalam menjalankan puasa maka belum terlambat untuk memperbaiki ibadah kita di bulan puasa ini.

Seperti kita ketahui, bulan puasa merupakan bulan yang penuh berkah, semua amalan ibadah yang kita lakukan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Sungguh sayang apabila kita melewatkannya begitu saja. Untuk memaksimalkan kwalitas ibadah puasa kita di 10 hari terakhir ini, Genta akan memeberikan beberapa tips untuk mengingkatkan kwalitas ibadah puasa kita.

Perbanyak membaca Al-quran

Memang terkadang kita malas untuk membaca Al-quran karena berbagai alasan, padahal Al-quran merupakan panduan hidup yang Allah turunkan untuk kita umat muslim. Setiap kita membaca Al-quran, 1 huruf yang kita baca akan dibalas dengan 10 kebaikan. Luar biasa bukan? Makannya Bro, jangan malas untuk membaca Al-quran ya. Apalagi kita membacanya di bulan yang suci ini, maka pahala yang akan kita terima akan berlipat-lipat banyaknya.

I'tikaf

I'tikaf adalah amalan yang dianjurkan dilakukan di 10 hari terakhir bulan Ramdan. I'tikaf bertujuan untuk menggapai malam lailatul qadar yang mempunyai keutamaan ibadah yang dilakukan lebih baik daripada 1000 bulan.

Berikut ini adalah keutamaan dan faedah i'tikaf:

1. Mencari malam Lailatul Qadar.
2. Orang yang i’tikaf akan terjaga dari perbuatan maksiat,
3. Orang yang i’tikaf akan dijauhkan dari neraka jahanam sejauh tiga parit. Menurut Al-Kandahlawi  jarak satu parit itu lebih jauh dari pada jarak antara langit dan bumi.
4. Orang yang beri'tikaf akan dengan mudah dapat mendirikan shalat fardhu secara kontinu dan berjamaah.
5. I'tikaf membantu menguatkan seseorang untuk menjalankan shalat dengan khusyuk.
6. Membantu orang melakukannya untuk menjalankan shalat atau amalan sunah.
7. Orang yang i'tikaf akan selalu beruntung karena selalu mendapatkan shaf pertama shalat berjamaah.
8. Mendapatkan pahala menunggu datangnya waktu shalat.
9. I'tikaf membiasakan jiwa  untuk senang berlama-lama di masjid, dan menggantungkan hati pada masjid.
10. I'tikaf memudahkan pelakunya untuk menjalankan shalat malam.
11. Membiasakan hidup sederhana, zuhud, dan berlaku tak tamak terhadap dunia.
12. I'tikaf ikut menjaga shaum seseorang dari perbuatan-perbuatan dosa, walau kecil sekalipun.
13. I'tikaf berguna untuk mendidik jiwa agar terbiasa  berlaku sabar dalam menjalankan amal saleh.
14. Dapat mencegah keinginan untuk melakukan kemaksiatan, serta mendidik berlaku sabar dalam menghadapi segala bentuk kemaksiatan.
15. I'tikaf dapat digunakan sebagai sarana untuk introspeksi diri, mengetahui sejauh mana kekuatan dan kelemahan yang ada.

Shalat berjamaah tepat waktu

Allah sangat mencintai orang yang sholat tepat waktu dan berjamaah. Mengapa demikian? Karena kita sebagai hambanya sudah patuh terhadap panggilan Nya. Shalat berjamaah memiliki banyak sekali keutamaan diantaranya adalah :

Dari Ibnu Umar ra bahwasanya rasulullah bersabda: shalat berjamah lebih utama daripada shalat sendirian dengan tujuh puluh derajat. Dalam riwayat lain: dengan dua puluh lima derajat. Muttafaq alaih ([1]).

Dari Abu Hurairah ra berkata: rasulullah saw bersabda: ((barangsiapa yang bersuci di rumahnya, kemudian pergi ke salah satu rumah Allah, untuk melaksanakan salah satu kewajiban terhadap Allah, maka kedua langkahnya yang satu menghapuskan kesalahan, dan yang lain meninggikan derajat)) ([2]).

Dari Abu Hurairah bahwasanya nabi saw bersabda: (barangsiapa yang pergi ke masjid di waktu pagi atau di waktu sore, maka Allah menyiapkan baginya makanan setiap kali pergi pagi atau sore) muttafaq alaih ([3]).

Perbanyak sedekah

Sedekah merupakan bukti iman dan ketaatan manusia pada Allah SWT. Sedekah itu tidak dapat dipaksakan, melainkan panggilan hati dan jiwa untuk melakukannya dengan ikhlas dan dapat menyenangkan hati orang lain.

Masih banyak lagi yang bisa kita lakukan untuk memaksimalkan ibadah puasa kita di 10 hari terakhir ini. Luruskan niat, dan mintalah kepada Allah agar dipertemukan kembali di bulan puasa mendatang. Aamiin.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini