gentlemancode.id
Mau Jadi Orang Sukses? Sisihkan waktu 5 jam dalam seminggu untuk melakukan hal ini

MAU JADI ORANG SUKSES? SISIHKAN WAKTU 5 JAM DALAM SEMINGGU UNTUK MELAKUKAN HAL INI

Published on Saturday, 25 February 2017

Tiap hari Lo kerja pagi sampe malem, tapi Lo ngerasa hingga saat ini belum ada kemajuan yang berarti dalam karir Lo. Lo ngerasa terjebak dalam level Lo saat ini, gak bisa maju atau berkembang lebih baik.  Sementara temen-temen Lo, rekan kerja Lo, udah pada berkembang, maju, dan dapet promosi. Trus Lo berfikir apa sih yang membuat mereka beda ama Lo?

Kalo Lo ngerasa ngalamin hal ini, maka Lo harus mulai menerapkan 5 aturan ini. Aturan ini dikenal dengan 5 Hour rule. Aturan-aturan yang akan Gw jelaskan ini, sebelumnya sudah dilakukan oleh banyak orang-orang sukses seperti Bill Gates, Oprah Winfrey, and Mark Zuckerberg, aturan sederhana ini dapat membantu Lo berubah dari orang yang biasa aja jadi orang yang lebih sukses.

Simak penjelasan dibawah ini agar Lo bisa mengerti dan Lo bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Yuk dibaca!

Gunakan waktu 5 jam dalam seminggu untuk belajar

Sediakan waktu 5 jam dalam seminggu atau 1 jam dalam 5 hari kerja, dan fokuskanlah perhatian penuh untuk belajar. Artinya Lo harus menyediakan waktu agar Lo bisa fokus belajar sesuatu hal yang baru tanpa ke-distract oleh kerjaan. Apa yang Lo pelajari bisa macem-macem, yang pasti itu akan membuat Lo lebih berkembang dari sebelumnya. Trus, apa aja sih yang bisa kita lakukan dalam tiap satu jam tersebut? Simak dibawah ini Bro!

Membaca

Membaca adalah kebiasaan banyak orang sukses di dunia dan merupakan hal yang sangat mudah untuk dilakukan. Cobalah untuk selalu membawa buku kemanapun Lo pergi dan buatlah target setiap minggunya. Lo bisa menargetkan untuk membaca 1 bab perhari atau mungkin satu buku perbulan. Kalo gak mau ribet bawa buku di tas, Lo bisa gunakan e-book yang mana lebih praktis bisa Lo bawa kemana aja dan kapan aja. Bill Gates diketahui membaca 50 buku dalam setahun, luar biasa bukan? rajin membaca tentu menjadi salah satu faktor yang membuat dia sukses seperti sekarang ini.

Refleksi

Refleksi adalah bagian penting dalam belajar. Mencoba untuk menyerap terlalu banyak informasi tanpa merefleksikannya dapat membuat Lo kewalahan dan akan menghambat Lo dalam mendapatkan keterampilan baru. Maka sangat penting untuk menyediakan waktu untuk refleksi. Cobalah membuat sebuah jurnal, yang akan memungkinkan Lo untuk merefleksikan apa yang telah Lo pelajari dari membaca. Ini juga akan memberi Lo kesempatan untuk berpikir tentang pelajaran yang Lo dapet selama bekerja dan mengembangkan ide-ide yang Lo miliki untuk masa depan.

Bereksperimen

Mencoba hal-hal baru atau bereksperimen dengan hal-hal yang belum pernah Lo lakukan adalah hal yang sangat esensial yang harus Lo lakukan kalo Lo ingin hidup Lo lebih berkembang. Sediakan waktu untuk mencoba sesuatu yang baru seperti mengimplementasikan ide-ide yang mungkin belum berani Lo lakukan. Banyak dari produk-produk atau brand berkualitas di dunia adalah hasil dari sebuah eksperimen. Inovasi bukanlah hal yang bisa dilakukan dengan melakukan hal yang sama berulang-ulang, inovasi adalah hasil dari pemikiran yang baru dan beda dari yang banyak orang lakukan. Jadi, jangan ragu untuk bereksperimen. Meskipun Lo gagal, Lo tetep akan dapet pelajaran.

Bekerja dan belajar adalah hal yang berbeda

Mungkin Lo berfikir bahwa bekerja 40 jam dalam seminggu sudah cukup untuk mengembangkan diri. Tapi gak gitu Bro. Disaat Lo fokus dengan rutinitas pekerjaan Lo, maka Lo gak akan mempunyai waktu untuk mengembangkan diri dengan belajar hal baru. Untuk sebagian pekerjaan mungkin akan dihadapkan dengan hal-hal baru dan Lo bisa dapet pelajaran disitu. Tapi, kalo ingin berkembang lebih baik lagi, Lo harus tetap menyediakan waktu untuk belajar setiap harinya. Buatlah target yang jelas dan sediakan waktu untuk mencapainya, maka Lo akan merasakan perkembangan yang baik dalam diri Lo.

Jangan hanya fokus terhadap produktivitas, tapi fokuslah juga kepada pengembangan diri

Mungkin Lo berfikir semakin produktif Lo bekerja maka akan semakin sukses Lo nanti. Ya, produktifitas memang berperan penting dalam kesuksesan karir, tapi engga buat perkembangan wawasan dan ilmu. Kalo Lo hanya fokus dengan pekerjaan Lo, maka Lo gak akan mendapatkan pengembangan diri yang baik, karena akan sangat sulit untuk menyisihkan waktu satu jam dalam sehari untuk belajar. Menyisihkan waktu untuk belajar memang gak akan memberikan Lo reward dalam waktu yang instant, namun Lo akan merasakannya nanti and it's worth it.

5 hal tadi bisa Lo lakukan untuk mengembangkan diri Lo menjadi orang yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Cobalah perlahan dan buatlah komitmen pada diri sendiri kalo Lo akan melakukannya dengan baik. Ambilah inspirasi dari pengusaha-pengusaha sukses dunia dan sediakan waktu 5 jam dalam seminggu untuk belajar. Dengan begitu Lo pasti akan lebih berkembang dan tentunya akan lebih sukses. Cheers!

Sumber gambar:
[1] https://www.pexels.com/

Referensi:
[1] http://www.lifehack.org/538067/the-5-hour-rule-that-turns-ordinary-people-into-successful-ones

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini