gentlemancode.id
#LoPastiBisa - Pengen usaha nggak punya modal?  Bisa kok!

#LOPASTIBISA - PENGEN USAHA NGGAK PUNYA MODAL? BISA KOK!

Published on Friday, 04 May 2018

Menjadi pengusaha bukan hanya bisa dilakukan oleh orang yang punya pendidikan tinggi saja. Menjadi pengusaha bukan hanya bisa dilakukan oleh orang yang kaya saja. Menjadi pengusaha bukan hanya bisa dilakukan oleh orang yang punya modal saja. Menjadi pengusaha itu adalah hak semua orang yang memiliki keinginan yang kuat dan mau berusaha untuk mewujudkannya. Kalo nggak ada keinginan, siapapun nggak akan bisa sekalipun orang tersebut berpendidikan tinggi dan punya modal yang besar.

Ya bro, semua orang bisa menjadi pengusaha dan semua orang bisa sukses seperti pengusaha besar lainnya. Nggak ada yang nggak mungkin di dunia ini bro selama Lo mau bekerja keras untuk mendapatkannya. 

Ketika Lo memiliki cita-cita atau mimpi, memang akan banyak halangan yang akan menghalangi Lo dalam meraih mimpi Lo tersebut, bro. Nah, buat yang pengen buka usaha atau bisnis biasanya yang sering menjadi halangan utama adalah modal. Ketika nggak ada modal mereka berhenti dan mengubur dalam-dalam mimpi dan cita-cita yang mereka miliki itu. Tapi, apakah modal adalah hal yang paling utama ketika Lo ingin memulai usaha?

Modal memang penting, tapi itu bukan menjadi syarat utama ketika Lo ingin memulai usaha.

Selain modal, ada hal-hal yang jauh lebih penting yang harus Lo perhatikan ketika Lo akan memulai usaha bro, diantaranya adalah:

1. Lakukan segera apa yang bisa Lo lakukan untuk memulai

Apapun usaha yang akan Lo jalankan, segera lakukan apa yang bisa Lo lakukan untuk mewujudkan usaha Lo tersebut. Jangan kebanyakan mikir dan jangan ditunda-tunda. Pokoknya apa yang bisa Lo lakukan untuk memulai, segera lakukan. 

Misal, Lo pengen jualan tapi Lo nggak punya modal. Jangan bingung bro, Lo bisa mulai dengan jualin barang orang lain dan Lo bisa dapet fee dari situ. 

Atau, Lo pengen bikin start up. Lo jangan musingin apa-apa dulu bro, cukup eksekusi ide Lo dan terus kembangin apa yang pengen Lo bikin. 

2. Jangan mikirin rugi doang

Kalo belum mulai aja Lo udah mikirin rugi maka Lo nggak akan pernah mau untuk memulai, bro. Mikirin risiko itu perlu, tapi jangan terlalu dipikirin sampe Lo takut untuk memulai usaha atau bisnis Lo. Yang  paling penting adalah Lo harus melihat peluang bukan cuma risiko doang, jadi Lo akan memiliki motivasi untuk mengambil peluang tersebut dan Lo akan berusaha untuk terus mengembangkan usaha atau bisnis Lo.

3. Jangan gampang terpengaruh apa kata orang

Mungkin akan ada orang yang meragukan Lo. Mungkin akan ada orang yang menganggap bahwa usaha yang akan Lo jalankan itu tidak akan menghasilkan. Dan mungkin akan ada orang yang mengatakan bahwa usaha Lo itu akan gagal. Hal ini wajar bro karena orang lain bebas untuk berpendapat. Tapi, jangan sampe apa yang dikatakan orang lain mengenai Lo dan usaha yang sedang Lo jalankan mempengaruhi Lo dan membuat Lo berhenti, bro. Lo nggak akan pernah tahu hasilnya seperti apa ketika Lo belum mencoba. 

4. Konsisten dengan apa yang Lo lakukan

Kalo Lo udah yakin sama usaha yang akan Lo jalankan, Lo jangan gampang nyerah dalam mewujudkannya, bro. Jangan sampe ketika Lo baru menjalankannya beberapa bulan, Lo udah berhenti dan Lo menyerah dengan mimpi Lo. Usaha yang Lo lakukan dengan konsisten, cepat atau lambat akan memberikan Lo hasil bro. Beda kalo misalnya Lo berhenti ditengah jalan, maka usaha apapun yang ingin Lo tekuni pasti akan gagal karena Lo nggak konsisten.

5. Komitmen dan disiplin

Menjalankan sebuah usaha itu butuh komitmen dan disiplin yang tinggi bro. Tanpa itu, maka Lo nggak akan pernah bisa membuat usaha atau bisnis Lo berhasil. Lo harus disiplin dengan plan yang Lo buat dan Lo harus punya komitmen dalam menjalankan segala kewajiban Lo. Dengan komitmen dan disiplin yang tinggi, apapun keinginan Lo pasti akan bisa Lo dapat, bro.

Modal memang penting ketika kita ingin memiliki usaha sendiri. Namun, modal bukanlah hal utama bro karena tanpa usaha, kemauan, konsistensi, disiplin dan komitmen yang tinggi, modal yang besar nggak akan berguna sama sekali. Semua orang bisa menjadi pengusaha, bukan hanya orang yang punya modal saja. Pengen usaha tapi nggak punya modal? #LoPastiBisa!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini