gentlemancode.id
Sebetulnya Hidup Itu Selalu Diatas, Bro!

SEBETULNYA HIDUP ITU SELALU DIATAS, BRO!

Published on Wednesday, 09 August 2017

Bro, Lo semua pasti udah sering banget denger pepatah yang mengatakan bahwa hidup itu seperti roda, kadang diatas namun kadang ada dibawah. Hari ini dapet duit, besok mungkin gak dapet. Tahun ini naik gaji, tahun depan belum tentu, dan hari ini dapat untung,  besok kita gak pernah tau. Hal ini lah yang menjadi alasan mengenai pepatah yang Gw sebut tadi. Hidup itu selalu berputar, kadang kita ada diatas namun kadang kita ada dibawah.

Tapi apa emang beneran kaya gitu, Bro?

Menurut Gw sih engga ya, Bro. Hidup kita ini sebenernya selalu diatas loh gak pernah ada dibawah. Tapi, itu semua akan Lo rasakan ketika Lo banyak bersyukur, Bro. Bersyukur terhadap apa yang udah Lo punya saat ini dan tidak memusingkan dengan apa yang belum Lo dapat saat ini.

Klise?

Kalo itu tergantung sikap Lo sih, Bro. Lo mau jadi orang yang bersyukur atau Lo mau jadi orang yang selalu merasa kurang. Itu pilihan Lo dan Lo juga bebas mau bilang ini klise atau apapun. Karena sikap Lo bukan Gw yang menentukan, tapi Lo sendiri Bro.

Bersyukur dan merasa cukup itu bukan berarti Lo harus pasrah terhadap keadaan dan berhenti berusaha. Sebagai manusia Lo tetap harus maju dan berkembang. Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, dan besok harus lebih baik dari hari ini. Karena hidup itu bukan hanya persoalan bergerak saja, lebih dari itu hidup harus selalu tumbuh dan berkembang menjadi lebih baik dan lebih baik lagi.

Apa yang  Gw maksud dengan merasa cukup disini adalah Lo merasa bersyukur dan cukup atas apa yang Lo dapatkan saat ini dan menerima dengan ikhlas apapun yang Lo dapet sekalipun itu tidak sesuai dengan apa yang Lo harapkan. Dan memang, hidup itu gak mungkin selalu mulus dengan apa yang kita inginkan. Kadang dalam prosesnya kita memang mengalami berbagai macam lika-liku yang kadang kita gak ngerti ujungnya akan seperti apa karena masa depan tetap akan selalu menjadi misteri untuk kita. Misteri yang akan memberikan banyak kejutan dan tantangan untuk kita arungi setiap detiknya.

Sekarang Gw ngerti kenapa orang tua kita dulu sering bilang kalo urusan rejeki jangan pernah melihat keatas karena itu akan membuat kita selalu merasa kurang. Kalo untuk memacu semangat sih sebenernya sah-sah aja. Tapi yang menjadi masalah adalah ketika Lo merasa kurang dengan apa yang Lo dapatkan karena membandingkan diri Lo dengan orang yang lebih dari Lo. Kalo kaya gini, Lo gak akan pernah mensyukuri apapun yang Tuhan berikan sama Lo.

Tapi, kalo kita kaitkan dengan sifat manusia, selama masih bernafas pada dasarnya sifat manusia itu emang gak akan pernah merasa cukup. Mungkin saat ini pengen punya mobil, begitu nanti dapet pasti pengen hal lain, dan begitu seterusnya. Manusiawi, Bro.

Kita sebagai manusia gak dilarang untuk menginginkan apapun di dunia ini. Lo pengen jadi miliarder boleh, pengen punya mobil banyak silahkan, pengen punya pulau pribadi monggo, gak pernah ada yang ngelarang, Bro. Tapi, ketika Lo belum mendapatkan apa yang Lo inginkan, Lo harus bersyukur atas apa yang Lo dapat saat ini. Bersyukur itu sangat penting untuk Lo lakukan supaya Lo gak stres dengan apa-apa yang belum Lo dapat. Dengan bersyukur Lo gak akan pernah merasa kurang dan Lo gak akan pernah merasa ada dibawah. Sebaliknya, dengan bersyukur Lo pasti akan selalu merasa diatas dan selalu merasa beruntung.

Selain itu, ketika Lo udah pandai bersyukur maka Lo akan mendapatkan beberapa manfaat lain yang tentunya baik untuk kualitas hidup Lo seperti:

1. Lebih Bahagia

Orang  yang pandai bersyukur sudah pasti tidak akan pernah mengeluh dengan apa yang dia dapat saat ini. Orang yang pandai bersyukur pasti akan senantiasa berfikir positif terhadap apapun yang dia alami entah itu baik atau buruk.

2. Jauh Dari Stres

Karena orang-orang yang pandai bersyukur kehidupannya lebih bahagia daripada yang tidak pandai bersyukur, hidup mereka cenderung jauh dari stres karena pikiran mereka udah dipenuhi oleh pikiran-pikiran positif yang akan membuat kehidupan mereka jauh lebih santai sehingga jauh dari yang namanya stres.

3. Selalu Merasa Beruntung

Orang yang pandai bersyukur akan selalu merasakan keberuntungan dalam hidup mereka. Bagaimanapun situasinya, mereka tetap berbesar hati dan selalu mensyukuri apapun yang mereka terima saat itu tanpa mengeluh kekurangan.

Sebaliknya, orang yang tidak pandai bersyukur justru akan banyak mengalami permasalahan hidup, seperti:

1. Selalu Merasa Menjadi Orang Paling Menderita

Orang yang tidak pandai bersyukur suka membandingkan dirinya dengan orang yang memiliki kelebihan yang tidak dimiliki olehnya, maka pada akhirnya dia selalu merasa menjadi orang yang paling menderita di dunia dan selalu merasa dibawah. Padahal, banyak orang lain diluar sana yang kehidupannya tidak seberuntung dirinya.

2. Gampang Stres

Orang yang tidak pandai bersyukur cenderung mudah terkena stres dikarenakan sempitnya hati dan pikiran mereka. Pikiran negatif yang ada dalam kepala mereka menyebabkan mereka mudah sekali tertekan dan akhirnya down. Kalo sikap ini dibiarin terus, lama-lama bisa berujung kepada depresi.

3. Tidak Pernah Merasa Cukup

Ini bahaya nih Bro. Ketika Lo selalu merasa tidak cukup dengan apa yang udah Lo dapet saat ini, dalam arti Lo merasa apa yang Lo dapet itu seharusnya lebih dari yang Lo dapatkan sekarang, maka siap-siap aja Lo akan diperbudak sama ambisi Lo tersebut.  Karena balik lagi sama apa yang Gw bilang sebelumnya, selama manusia masih bernafas manusia itu gak akan pernah merasa cukup sekalipun dunia dan isinya udah ada dalam genggaman dia. Kalo Lo seperti ini, Lo akan cape sendiri Bro. Bagaimanapun juga, Lo harus mampu untuk mencukupkan diri sekaligus selalu berusaha untuk mengembangkan diri tanpa harus diperbudak oleh ambisi.

Hidup ini pada hakikatnya adalah sebuah anugrah, anugrah yang tidak ternilai harganya. Setiap hembusan nafas yang kita dapatkan adalah salah satu bentuk rejeki yang diberikan Tuhan kepada kita karena sebetulnya rejeki itu gak selalu datang dalam bentuk uang, Bro! Bentuknya macem-macem. Kesehatan, pekerjaan, keluarga, anak, dan anggota badan yang berfungsi dengan baik juga merupakan rejeki dari Tuhan. Maka, sudah sepantasnya kita mensyukuri semua nikmat Tuhan yang sudah diberikan kepada kita.  Dengan Lo selalu bersyukur, maka Lo pasti akan selalu merasa menjadi orang paling beruntung dan Lo gak akan pernah merasa ada dibawah.

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini