gentlemancode.id
Tidak Ada Kata Terlambat Untuk Berubah

TIDAK ADA KATA TERLAMBAT UNTUK BERUBAH

Published on Monday, 18 September 2017

Manusia adalah tempatnya salah, manusia selama hidupnya pasti pernah melakukan kesalahan gak mungkin engga. Kita ini bukan malaikat Bro, wajar banget kalo selama kita hidup kita banyak melakukan kesalahan dan kekeliruan. Sebanyak apapun Lo melakukan kesalahan dan sebanyak apapun penyesalan-penyesalan yang sudah Lo alami dalam hidup Lo, Lo gak akan pernah bisa balikin waktu untuk mundur kebelakang untuk memperbaiki itu semua. Yang Lo perlu lakukan dan hanya bisa Lo lakukan adalah Lo tetap berjalan ke depan untuk memperbaiki apa saja kekeliruan yang sudah Lo perbuat dulu. Lo harus percaya bahwa tidak ada kata terlambat untuk berubah.

Gw yakin Lo semua pasti ingin berubah untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi dalam hal apapun. Untuk itu Bro, kita harus sama-sama belajar untuk berubah ke arah yang lebih baik dengan cara:

1. Menanamkan niat dalam diri untuk berubah

Niat adalah hal paling utama yang harus Lo miliki ketika Lo ingin berubah. Tanpa ada niat dari diri Lo maka mustahil Lo bisa berubah. Misalnya gini Bro, Lo pengen masuk tepat waktu ke kantor tapi Lo gak pernah ada niat untuk bangun pagi. Ya itu mah ngemeng doang namanya, mana bisa Lo datang tepat waktu tapi gak ada niat dan usaha untuk bangun pagi. Mimpi itu mah namanya! So, sekali lagi Gw bilang niatin bener-bener dalam diri Lo ketika Lo ingin berubah supaya timbul keinginan Lo untuk berusaha.

2. Berusahalah untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama

Jujur, ini emang susah Bro. Secara manusia itu selalu punya kecenderungan untuk mengulangi kesalahan yang sama. Contohnya gini Bro, Lo udah niat untuk masuk kantor atau masuk kuliah tepat waktu besok pagi, tapi kenyataannya Lo masih telat juga dan itu sudah terjadi beberapa kali padahal sebelumnya Lo udah berniat untuk berubah.

Berubah bukanlah hal yang gampang apalagi itu sudah menjadi kebiasaan. Tapi, bukan berarti gak bisa Bro. Kalo Lo udah niat Gw yakin Lo pasti bisa. Lo harus bisa move on dan berhenti melakukan hal-hal yang Lo anggap kurang baik untuk Lo lakukan. Pelan-pelan tapi pasti, Lo harus berusaha sekuat tenaga untuk terlepas dari kebiasaan buruk Lo dan tetaplah berusaha untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama.

3. Tidak usah terburu-buru, berubah itu bukan hal gampang

Kalo ternyata pada prosesnya Lo masih kesulitan untuk berubah dan Lo masih melakukan kesalahan yang sama, maka Lo bukan orang satu-satunya, Bro. Gak ada yang gampang dalam proses perubahan. Kuncinya adalah Lo harus sabar, dan Lo harus punya tekad yang kuat untuk berubah. Orang baik bukanlah orang yang tidak pernah berbuat salah. Tapi, orang yang baik itu adalah orang yang mau berusaha untuk berubah ketika mereka salah. Itu, Bro! Gak peduli Lo melakukan kesalahan yang sama berulang-ulang, selama Lo udah berusaha sekuat tenaga Lo untuk berubah dan Lo tau itu salah maka Lo jangan merasa gagal karena itu adalah sebuah proses. Tetap lakukan yang terbaik, karena gak ada yang sia-sia ketika Lo berusaha. Kalo Lo masih merasa kesulitan, Lo harus minta bantuan orang terdekat Lo dan jangan lupa untuk berdoa kepada Tuhan untuk meminta pertolongan Nya.

4. Tuhan tidak pernah tidur, mintalah bantuan kepada Nya.

Semua hal yang terjadi dalam kehidupan kita adalah atas kehendak Tuhan yang maha kuasa. Sebagai manusia yang beriman Lo harus percaya bahwa pada akhirnya Lo tidak berdaya tanpa bantuan Nya. Untuk itu, mintalah bantuan kepada Nya untuk membantu Lo supaya Lo bisa berubah menjadi pribadi yang lebih baik. Tapi ingat, itu semua harus dibarengi dengan usaha Lo juga karena Tuhan tidak akan merubah nasib seseorang yang tidak mau berusaha.     

Mungkin Itu aja Bro yang bisa Gw sampaikan, yuk sama-sama berubah untuk belajar memperbaiki diri kita. Ketika Lo berbuat salah, maafkanlah diri Lo sendiri, jangan terlalu keras sama diri Lo. Niatkan dalam hati Lo bahwa Lo harus berubah dan Lo harus yakin bahwa tidak ada kata terlambat untuk berubah. Kalo Lo udah ada niat untuk berubah maka lakukan sekarang juga jangan nunggu nanti. Kalo detik ini Lo punya kesempatan untuk memperbaiki kenapa harus nanti?

Oke deh Gw rasa cukup, semoga bermanfaat dan Jangan lupa share ke temen-temen Lo ya! Thanks.

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini