gentlemancode.id
Waktu yang Tepat Untuk Introspeksi Diri

WAKTU YANG TEPAT UNTUK INTROSPEKSI DIRI

Published on Friday, 06 April 2018

Hai bro, gimana kehidupan Lo? Lancar-lancar aja? Atau justru lagi ada masalah? Ngomongin hidup, pasti ada aja masalah yang datang dan pergi, bener nggak? Pasti ada aja masalah dengan satu orang dan orang lainnya. Ketika saat ini Lo sedang merasa bersalah atau Lo sedang ada masalah, nggak ada salahnya buat Lo untuk mengintrospeksi diri, bro. Nggak gampang memang, karena manusia punya kadar egoismenya masing-masing. Tapi bro, dengan waktu yang tepat, Lo pasti  bisa untuk mengintrospeksi diri Lo sendiri. Untuk apa? Supaya hidup Lo bisa berjalan dengan lebih baik, dan supaya Lo bisa mengevaluasi setiap permasalahan yang terjadi, nggak cuma dari sudut pandang Lo saat ini, tapi dari pelajaran-pelajaran yang pernah Lo alami dalam hidup Lo. Nah, sebenernya kapan sih waktu yang tepat buat Lo introspeksi diri?

1. Saat Lo Sedang Sendirian

Ketika Lo sedang sendiri, Lo bisa gunakan waktu tersebut untuk intorspeksi diri, bro. Lo bisa gunakan waktu ini untuk mengevaluasi setiap masalah yang terjadi dan menemukan solusi dari setiap masalah yang ada. Memang nggak akan sebentar, tapi dengan ini Lo akan bisa bercermin pada diri Lo sendiri. Lo bisa menemukan solusi, belajar dan mengakui kesalahan yang sudah Lo lakukan selama ini. Setelah Lo selesai memikirkan atau mempertimbangkan sesuatu, segeralah bertindak untuk segera memperbaikinya.

2. Saat Suasana Tenang

Menemukan suasana tenang memang nggak gampang. Cobalah dengan secangkir teh atau kopi hangat, temukan spot yang menarik supaya Lo bisa berpikir, atau Lo bisa melakukannya sebelum tidur bro, saat suasana benar-benar tenang. Lo bisa menggunakan suasana dan pikiran Lo yang tenang untuk mencari jalan keluar dari permasalahan yang ada. Coba deh!

3. Saat Masalah Datang Bertubi-Tubi

Masalah udah pasti akan selalu Lo alami selama Lo hidup, bro. Ketika masalah yang satu belum selesai dan timbul masalah yang lain, ini saatnya Lo buat mengintrospeksi diri Lo. Sebelum keadaan semakin buruk, Lo bisa mencari tahu dan mengevaluasi masalah yang ada dengan pikiran yang tenang, tidak terbawa emosi dan fokus pada solusi.

4. Saat Lo Mudah Salah Paham Dengan Orang Lain

Ketika Lo merasa orang lain membicarakan Lo di belakang, Lo jangan mudah berspekulasi buruk tentang orang tersebut. Cobalah luangkan waktu untuk mengevaluasi hal-hal yang terjadi akhir-akhir ini, dan ajak juga orang tersebut untuk ngobrol sama Lo. Ketika Lo bisa menemukan waktu yang tepat untuk ngobrol, bawalah suasana agar menjadi lebih santai dan coba bicarakan keadaan yang terjadi akhir-akhir ini. Dengan begini Lo akan bisa meluruskan masalah yang ada dan terhindar dari salah paham orang lain dan diri Lo sendiri.

5. Saat Hidup Lo Begitu-Gitu Saja

Ketika Lo merasa hidup Lo datar dan mulai membosankan, Lo bisa mulai mengevaluasi diri Lo, bro. Lakukan seperti yang sudah di sebutkan di poin dua. Siapa tau dengan ini akan muncul ide-ide brilian untuk mengembangkan diri Lo. Oh iya, Lo juga bisa belajar dari sudut pandang yang berbeda lho, misal dengan mengobrol dengan orang lain atau mencari referensi dari buku atau internet untuk menemukan hal baru yang membuat diri Lo jadi lebih baik.

Introspeksi diri memang sebaiknya sebisa mungkin sering Lo lakukan, bro. Ini adalah kesempatan untuk Lo bercermin pada diri sendiri dan melihat masalah sebagai hal untuk memicu diri Lo menjadi lebih baik lagi. Dengan introspeksi, Lo akan membuat hidup Lo lebih berkualitas dan Lo bisa menata hidup Lo menjadi lebih bermakna serta menghargai setiap waktu yang ada untuk jadi lebih baik dari sebelum-sebelumnya. Ingat bro, hidup itu harus tumbuh dan berkemang jangan gitu-gitu aja.

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini