gentlemancode.id
Alasan Kenapa Gentleman itu Harus Pintar Jaga Mulut

ALASAN KENAPA GENTLEMAN ITU HARUS PINTAR JAGA MULUT

Published on Wednesday, 27 November 2019

Bro, Lo pernah denger ga pribahasa yang mengatakan bahwa diam itu emas?

Gw termasuk orang yang setuju sih sama pribahasa itu. Menurut Gw, kita itu jangan kebanyakan ngomong kalo memang nggak perlu.

Kebanyakan ngomong yang nggak perlu kadang malah membuat kita terlihat sotoy, terlihat bodoh, caper, dan kadang nggak dihargai.

Itu bukan berarti Lo harus diem sampe nggak mau ngomong ama siapa pun, tapi sebaiknya Lo harus bisa menentukan kapan Lo harus ngomong dan kapan Lo harus diem.

Ya elah bro ribet amat, kenapa harus gitu sih?

Gw akan memaparkan beberapa alasan kenapa Lo harus pinter jaga mulut, diantaranya adalah:

1. Membuat Lo terlihat berwibawa

Lo pasti bisa bedain gimana wibawanya antara orang yang ngomong dengan teratur dengan orang yang nyablak, bener nggak?

Orang yang bisa mengontrol omongannya pasti jauh lebih berwibawa dan orang bakalan segan sama dia. Atmosfir segan itulah yang akan Lo dapet ketika berhadapan dengan orang yang nggak banyak bicara atau mengontrol omongannya.

Beda banget kalo misalnya Lo berhadapan dengan orang yang nyablak, Lo pasti lebih bebas dan bahkan Lo bisa bersikap seenaknya sama dia. Itulah yang membuat orang yang nyablak itu jadi kurang wibawanya karena mereka terlalu banyak ngomong hal-hal yang sebetulnya nggak perlu sehingga orang juga nggak merasa perlu untuk menjaga sikapnya sama mereka.

Duh, tar Gw dibilang nggak asik dong kalo diem mulu?

Bro, Lo tetap bisa asik kok meskipun Lo nggak nyablak. Lo masih bisa tetap bercanda dengan asik selama Lo tahu waktu dan tempatnya.

2. Supaya tidak terlihat bodoh

Kalo kita nggak bisa mengontrol apa yang keluar dari mulut kita, terkadang kita jadi seneng untuk mengomentari banyak hal.

Mengomentari hal yang bukan urusan kita atau kita sotoy terhadap suatu masalah akan membuat kita jadi sok pintar. Nah, sikap sok pintar inilah yang akan membuat kita terlihat seperti orang bodoh, bro.

Ga ngerti politik, sok tahu ngomongin politik. Ga tahu soal ilmu kesehatan, sok ngomong ilmu kesehatan. Jangan deh bro ngomentarin hal yang kita nggak ngerti, mendingan diem aja.

3. Biar nggak disangka sotoy

Seperti yang sempet Gw singgung di poin ke dua tadi, kalo orang yang terlalu banyak ngomong dan sering banget ngomentarin banyak hal itu akan dicap sebagai orang yang sotoy, bro.

Kalo Lo udah dicap sebagai orang yang sotoy maka Lo akan mendapatkan beberapa kerugian bro dan salah satunya adalah pendapat Lo jadi kurang didengerin.

Nggak didengerin atau diacuhin itu nggak enak lho, nggak mau kan Lo kaya gitu?

4. Menjaga hubungan baik dengan orang-orang disekitar Lo

Nah ini kalo buat Gw poin yang sangat penting bro karena Lo didunia ini nggak hidup sendiri.

Kalo kita nggak pinter jaga mulut, kadang kita suka kelepasan dan mungkin omongan kita itu menyakiti teman-teman kita.

Nggak semua orang bisa menerima cara bercanda atau omongan kita. Untuk itu, sangat penting untuk menjaga mulut kita didalam pergaulan kita sehari-hari karena itu adalah cara dalam menjaga hubungan baik dengan orang-orang disekitar kita.

5. Lebih dihargai

Seperti yang sempat Gw singgung tadi, bahwa orang yang bisa jaga mulut itu akan terlihat lebih berwibawa, bro. Nah, itulah sebabnya Lo akan lebih dihargai dan disegani ketika Lo pintar dalam bertutur kata. Orang akan jauh menghormati Lo ketika sikap Lo sama mereka baik. Sikap yang baik itu salah satunya bisa Lo tampilkan dengan menjaga perkataan kita agar tidak berkata sesuatu yang nggak perlu atau bahkan sia-sia.

Masuk akal kan, bro?

Oke deh, nggak usah kebanyakan karena Gw rasa itu cukup. Semoga artikel ini bermanfaat buat Lo ya, sukses buat Lo semua, thanks and have a nice day!

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini