gentlemancode.id
#LoPastiBisa - Ketika Lo Merasa Hidup Tidak Adil, Baca Ini!

#LOPASTIBISA - KETIKA LO MERASA HIDUP TIDAK ADIL, BACA INI!

Published on Monday, 07 May 2018

Dalam hidup, nggak semua hal bisa berjalan seperti apa yang kita mau, bro. Ya, begitulah hidup, hidup berjalan dengan aturannya sendiri yang kita sama sekali nggak bisa menentukan semuanya harus sesuai dengan keinginan kita. 

Kadang, hidup memang terlihat nggak adil. Banyak pertanyaan yang berputar dalam benak kita mengenai keadaan yang kita hadapi sekarang. Kenapa kita seperti ini, kenapa kita mengalami ini dan kenapa orang lain terlihat lebih bahagia dari kita? Bagaimanapun juga, manusia memang hidup dalam keadaan yang berbeda-beda, nggak mungkin sama. Bahagia itu pilihan dan itu tergantung dari bagaimana sudut pandang Lo menilai hidup. Bagaimanapun dan apapun yang Lo alami dalam hidup, itu semua adalah proses, bro. Ya, proses! Dalam proses yang Lo jalani pasti ada kegagalan dan juga keberhasilan. Kadang Lo bahagia dan kadang Lo sedih. Semuanya ada waktunya dan semua akan indah pada waktunya. 

Ketika Lo merasa terpuruk, ketika Lo dalam masa-masa sulit dan merasa bahwa hidup ini nggak adil buat Lo, Lo cukup perlu percaya dan meneguhkan keyakinan bahwa Lo sedang ada dalam suatu proses. Proses dimana Lo akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih hebat dan lebih baik lagi. Memang ini nggak akan gampang, tapi semoga 7 alasan ini bisa menguatkan Lo!

1. Ingatlah bahwa Lo bukanlah orang yang paling menderita

Percayalah bro, bahwa pikiran negatif sebetulnya datang dari diri Lo sendiri dan pikiran negatif inilah yang justru akan membuat hidup Lo makin terasa berat untuk dijalani. Padahal, kebahagiaan hanyalah soal merubah sudut pandang dan cara berpikir Lo, bro.

Coba ingat juga bahwa pikiran dan emosi Lo hanya akan dipenuhi energi negatif saat Lo terus-terusan memikirkan dan menyesali apa yang terjadi. Padahal sebenarnya Lo bisa menemukan pelajaran-pelajaran baik dari hal buruk yang pernah Lo alami itu. Percayalah, Lo bukan orang yang paling menderita, ada banyak bahkan sangat banyak orang-orang yang lebih sulit daripada Lo.

2. Berdamailah dengan diri Lo sendiri

Oke mungkin Lo hidup dalam keterbatasan, kegagalan demi kegagalan sering Lo alami dalam hidup. Tapi bro, coba sejenak luangkan waktu Lo untuk berpikir dengan kepala dingin deh. Apakah kondisi Lo saat ini bisa diubah? Kalo Lo yakin bahwa Lo bisa mengubahnya, coba berdamailah dengan diri sendiri dan cobalah lakukan cara apapun untuk mengubahnya jika memang Lo mampu. Bertindak, bukan menyesali dan menyalahkan keadaan. Karena Lo nggak akan kemana-mana, kalo Lo nggak bertindak.

3. Jangan Menyalahkan Keadaan

Semua yang terjadi dalam hidup Lo nggak ada yang terjadi karena kebetulan, bro. Bisa jadi ketika Lo mengalami banyak masalah dan hidup Lo terkesan berantakan, mungkin penyebabnya adalah karena Lo kurang teliti, tidak berhati-hati, malas, ceroboh atau Lo belum bisa menempatkan diri. Coba deh kembali tanyakan pada diri Lo sendiri, apakah layak kalo Lo menyalahkan keadaan?

4. Hidup hanya sekali, jangan terlalu banyak ambisi dan obsesi

Banyak lho bro, orang yang hidupnya terbebani karena terlalu banyak memiliki obsesi. Ingin kaya, punya uang banyak, ingin punya ini itu, ingin keliling dunia, atau ingin selalu dihormati. Ketika keinginan-keinginan itu gagal untuk diraih, maka yang muncul adalah perasaan kecewa atau frustasi.

Kondisi inilah yang akhirnya menjebak Lo dalam pikiran-pikiran negatif. Lo mulai menyalahkan diri sendiri dan keadaan di sekitar Lo. Menganggap bahwa dunia nggak adil atau nasib baik nggak berpihak pada Lo.

Punya ambisi dan obsesi tentu boleh-boleh aja. Tapi, Lo harus udah siap dengan segala kemungkinan terburuknya supaya Lo lebih siap menghadapi kemungkinan yang tidak Lo harapkan. Ketika Lo menginginkan sesuatu, tapi Lo belum berhasil, ingat baik-baik bahwa Lo akan tetap berbahagia dengan apa yang Lo punya sekarang. Ingat juga bahwa Lo masih punya banyak alasan untuk melanjutkan hidup dengan lebih baik.

5. Jangan membandingkan diri Lo dengan orang lain

Lo belum mendapatkan pekerjaan impian Lo, karir Lo nggak berkembang, kehidupan finansial Lo nggak baik atau usaha Lo gagal? Ketika Lo mengalami hal ini, pikirkanlah solusi atau cara-cara untuk mengatasinya, bro. Fokuslah pada diri Lo sendiri, bukan malah sibuk memikirkan orang lain yang kehidupannya lebih baik, lebih mapan atau lebih berkecukupan.

Tapi, kalo Lo memang butuh pembanding, lihatlah orang lain yang hidupnya nggak seberuntung diri Lo. Misal, Lo belum mendapatkan pekerjaan impian Lo, atau belum bisa mandiri secara finansial? Cobalah Lo tengok bagaimana nasib teman-teman Lo yang sekarang masih belum lulus, tengoklah juga mereka yang sedang dalam kondisi nggak sehat atau hidupnya di bawah garis kemiskinan. Syukuri apa yang Lo punya saat ini bro jangan memikirkan sesuatu yang belum Lo miliki.

6. Jangan tempatkan diri Lo sebagai korban

Lo adalah korban dari pikiran-pikiran buruk Lo sendiri, bro. Ingat bahwa nggak ada orang yang layak bertanggung jawab jika sampai saat ini hidup Lo masih belum bahagia. Ingat juga, satu-satunya yang bisa mengendalikan hidup Lo, ya diri Lo sendiri. Sebagai seorang gentleman, Lo sebaiknya bijaksana dalam menjalani hidup Lo. Saat Lo mengalami banyak masalah, yakinlah bahwa kewajiban Lo adalah menyelesaikannya satu persatu, bukan malah Lo lari dari masalah Lo itu atau Lo menyalahkan orang lain atas masalah yang Lo alami saat ini.

7. Percayalah bahwa hal baik akan datang pada saat yang tepat

Mungkin poin ini terlalu klise. Tapi, percayalah bahwa di balik kegagalan, di balik banyak kekecewaan yang Lo alami, sudah ada rencana-rencana baik yang menanti Lo nanti. Apa yang Lo alami saat ini, pekerjaan Lo, kehidupan Lo sehari-hari atau hubungan Lo dengan pasangan, tanpa Lo sadari hal-hal ini sadang memberi makna tersendiri dalam hidup Lo. Badai pasti berlalu bro, begitupun kesulitan yang Lo alami sekarang, pasti suatu saat nanti akan berakhir dan berganti dengan kebahagiaan. 

Nah itu dia bro, alasan-alasan yang bisa menguatkan Lo ketika Lo merasa hidup nggak adil buat Lo! Bahagia, sedih atau kecewa adalah hal yang wajar dalam hidup. Ketika Lo mengalami masa-masa sulit, percayalah bahwa Lo masih punya Tuhan yang berkuasa atas diri dan kehidupan Lo yang mampu merubah keadaan Lo dengan mudah. Lo juga harus meyakini bahwa setiap kesulitan yang Lo alami pasti akan bisa Lo hadapi. #LoPastiBisa!

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini