gentlemancode.id
Salah Jurusan Kuliah? Coba Renungkan 6 Hal Ini, Bro!

SALAH JURUSAN KULIAH? COBA RENUNGKAN 6 HAL INI, BRO!

Published on Tuesday, 20 August 2019

Yang namanya manusia, udah pasti kita jauh dari kata sempurna. Beberapa kali Lo pasti pernah salah dalam hidup Lo, termasuk soal pilihan jurusan kuliah misalnya.

Salah jurusan merupakan salah satu kesalahan yang mungkin banyak orang alami. Bisa jadi karena gengsi nama besar perguruan tinggi dan jurusan atau memenuhi keinginan orang tua atau sekadar ikut-ikutan orang terdekat Lo.

Kalau Lo merasa salah jurusan, jangan nyesel, bro. Coba deh renungkan 6 hal ini!

1. Nggak ada sesuatu yang terjadi secara kebetulan

Tidak ada satu hal pun dalam hidup Lo yang terjadi tanpa suatu alasan. Bahkan setetes air yang jatuh ke tanah pun punya alasan tersendiri untuk jatuh.

Semua terjadi karena kehendak Tuhan, bukan kebetulan. Lo nggak pernah tahu apa alasan yang ada di baliknya sebelum Lo menjalaninya.

2. Terimalah bahwa Lo tidak bisa selalu mendapatkan apa pun yang Lo inginkan

Bukan hanya kecerdasan dan kerja keras doang yang Lo butuhkan untuk mewujudkan semua impian Lo. Ada faktor lain yang berpengaruh, yaitu keberuntungan dan doa. Jadi, Lo harus mulai belajar untuk menerima kekalahan Lo dengan lapang dada. Jadikan itu semua sebagai motivasi Lo untuk bangkit dan melakukan yang terbaik dalam hidup Lo.

3. Cintai apa yang Lo lakukan, jangan hanya melakukan apa yang Lo cintai

Cobalah memandang hidup dari sisi yang berbeda, bro. Mulailah mencintai apa pun yang Lo lakukan, meski itu bukanlah hal yang Lo sukai. Percaya deh, Lo akan tahu bahwa nggak ada perjuangan dan pengorbanan yang sia-sia, semua akan indah pada waktunya.

4. Sukses tidak melulu tentang prestasi akademis, kembangkan diri Lo di bidang lain

Lakukan lah sesuatu yang sesuai dengan passion Lo. Asah bakat dan kemampuan nonakademis Lo sebisa mungkin dengan memperbanyak teman. Lo akan bertemu banyak orang dengan berbagai latar belakang, belajarlah dari mereka, dan mulailah terapkan hal baik yang bisa Lo pelajari dalam hidup Lo.

5. Bekerja bukanlah tentang seberapa banyak ilmu yang Lo punya, tapi seberapa besar usaha Lo untuk belajar mengasah keahlian Lo

Meski beberapa pekerjaan butuh latar belakang pendidikan tertentu yang sesuai, tanpa usaha lain untuk menekuni bidang Lo semasa kuliah nggak akan menjadikan Lo seorang profesional.

Sejatinya pendidikan hanya membantu Lo mempelajari ilmu dasar saja, bukan keahlian. Tahap pendidikan ini hanya perantara untuk menempa mental dan kemampuan Lo berpikir kritis, sistematis, dan terstruktur.

6. Salah jurusan bukanlah akhir dari segalanya

Cobaan akan senantiasa datang silih berganti dalam hidup Lo, bro. Kalau Lo sanggup melewati satu rintangan kecil yang menghalangi jalan Lo saat ini, mental Lo jelas akan lebih tertempa menghadapi rintangan besar yang kelak akan menghalangi langkah Lo selanjutnya.

Nah, jangan pernah putus asa saat Lo merasa salah pilih jurusan. Bersyukurlah karena nggak semua orang punya kesempatan untuk melanjutkan pendidikan tinggi hingga sarjana.

Gunakan waktu dan kesempatan yang ada dalam genggaman Lo untuk mencapai lompatan yang lebih tinggi lagi! Percaya deh, Lo pasti bisa karena nggak ada sesuatu yang nggak mungkin!

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini