gentlemancode.id
12 makanan terbaik penambah energi

12 MAKANAN TERBAIK PENAMBAH ENERGI

Published on Thursday, 23 March 2017

Apakah Lo adalah orang yang memiliki kegiatan yang padat atau kesibukan yang tinggi sehingga Lo membutuhkan banyak energi? Kalo iya, maka Lo harus mempersiapkan asupan makanan yang baik agar energi Lo cukup untuk mendukung aktivitas Lo tersebut. Makanan berfungsi seperti bahan bakar pada sebuah kendaraan, kalo kualitas bahan bakar yang dipakai kurang baik maka tenaga yang akan dihasilkan oleh mesin kendaraan tersbut akan menjadi tidak maksimal. Demikian juga dengan tubuh kita, kalo misalnya makanan yang kita konsumsi kurang baik maka energi yang dihasilkan pun tidak akan maksimal. Oleh karena itu sangat penting untuk kita untuk memilih makanan apa saja yang baik untuk memaksimalkan energi yang kita butuhkan.

Dibawah ini adalah beberapa makanan yang baik yang mampu meningkatkan energi yang kita miliki. Apa saja? Simak dibawah ini ya Bro.

1. Almond

Almond adalah camilan yang sangat baik yang cocok untuk meningkatkan energi. Almond memiliki nutrisi yang penting yang baik untuk tubuh kita, seperti magnesium, dan vitamin B. Kedua nutrisi ini dapat diubah menjadi energi. Dikutip dari Everyday Health, level magnesium yang rendah dapat membuat kita mudah cape. Hal ini terjadi karena magnesium memiliki peranan yang penting dalam proses metabolisme tubuh, seperti mengontrol gula darah, dan mengatur tekanan darah. Sedangkan apabila kita kekurangan vitamin B, maka kondisi tersebut dapat memicu rasa lemah, kurang konsentrasi, dan mudah marah.

2. Salmon

Selain lezat, salmon juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh kita. Salmon memiliki kandungan nutrisi berupa asam lemak  omega 3. Asam lemak omega 3 diduga mampu meningkatkan memori, mengurangi depresi, membangkitkan energi, dan memperbaiki suasana hati. Selain itu asam lemak omega 3 juga baik untuk kesehatan jantung.

Dengan mengkonsumsi ikan salmon,  ternyata itu dapat membantu kita untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat, sehingga kita bisa mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular.

Hebatnya lagi, mengkonsumsi ikan salmon dapat membantu kita dalam menurunkan berat badan. Ikan ini bisa menjadi menu pilihan ketika makan malam agar kita tidak makan berlebihan pada malam hari, karena protein yang dimiliki oleh ikan salmon mampu membuat kita merasa kenyang.

3. Pisang

Kalo Lo gak suka pisang, coba pikir lagi deh, karena buah yang satu ini bisa Lo jadikan sebagai makanan penambah energi. Makanan ini praktis, murah, dan juga sehat. Pisang bisa kita jadikan alternatif ketika kita buru-buru dan tidak ingin melewatkan sarapan. Pisang mengandung kalium, serat, dan vitamin B yang sangat baik manfaatnya untuk tubuh kita.

4. Yogurt

Untuk mendapatkan energi yang banyak kita membutuhkan makanan yang mengandung tinggi karbohidrat dan juga rendah lemak agar tidak menimbulkan masalah kesehatan seperti naiknya berat badan. Yogurt rendah lemak adalah makanan yang bisa kita jadikan sebagai pilihan dalam menyediakan energi untuk tubuh kita, karena yogurt mengandung tinggi karbohidrat, protein dan juga  rendah lemak. Nice!

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah jenis makanan yang memiliki kandungan protein yang baik untuk kita. Selain itu kacang-kacangan juga mengandung serat, dan nutrisi penting lainnya yang diperlukan oleh tubuh sehingga mampu membuat kita lebih kenyang dan bertenaga. Satu sendok selai kacang pada roti gandum mampu memberikan energi yang cukup untuk kita dalam menjalani aktivitas kita.

6. Coklat hitam

Coklat mampu memenuhi kebutuhan karbohidrat yang kita butuhkan. Pada dasarnya semua jenis coklat mampu menyediakan karbohidrat untuk kita, namun kenapa coklat hitam lebih baik? Itu tidak lain adalah karena coklat hitam mengandung antioksidan yang tinggi dan juga rendah lemak. Coklat yang banyak kita temui di pasaran saat ini kebanyakan sudah dicampur dengan gula, bahkan mungkin pemanis buatan. Keadaan ini tentu tidak baik untuk kesehatan kita.

7. Madu

Satu sendok madu mampu memberikan energi setara dengan minuman berenergi yang banyak beredar saat ini. Madu tentunya jauh lebih baik dibandingkan dengan minuman berenergi karena madu mampu memberikan efek yang baik untuk kesehatan kita. Madu memiliki indeks glikemi yang rendah, sehingga aman untuk kita konsumsi. Madu mengandung pemanis alami yang bisa dengan mudah diubah oleh tubuh menjadi energi.  

8. Buah apel

Apel adalah camilan yang sempurna untuk kita karena mengandung vitamin, serat dan juga karbohdirat. Kandungan serat yang tinggi dalam buah apel mampu membuat kita menjadi kenyang lebih lama dan memberikan cadangan energi untuk kita. Kita tidak perlu khawatir mengenai kandungan lemak dalam buah apel karena buah ini memiliki kandungan lemak yang rendah sehingga tidak akan membuat kita menjadi gemuk.

9. Telur

Telur merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh kita, karena telur mampu memenuhi 30% kebutuhan protein harian kita. Protein sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam proses pembentukan otot dan juga menjaga kekuatan tulang. Selain itu kandungan lemak baik dalam telur juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah stroke.

10. Buah anggur

Buah mungil dengan tampilan segar ini merupakan salah satu idola banyak orang di dunia karena memiliki rasa yang manis dan menyegarkan. Anggur memiliki kandungan zat gizi yang baik bagi tubuh. Setiap jenis  anggur memiliki nilai gizi tersendiri, namun secara umum kandungan nutrisi anggur terdiri dari 70 persen air dan 20 persen zat gula, yang menjadikan buah anggur sangat baik untuk metabolisme tubuh. Ada banyak alasan mengapa buah yang satu ini menjadi begitu istimewa dan alasan yang paling utama adalah manfaatnya untuk kesehatan. Anggur tidak hanya menyediakan energi yang melimpah untuk kita, tapi anggur juga mampu  mencegah berbagai macam penyakit berbahaya seperti katarak, jantung, bahkan kanker.

11. Sayur-sayuran.

Ada banyak jenis sayuran yang mampu memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan dan juga  menyediakan sumber energi seperti brokoli, bayam, dan wortel. Sayur memang bukan sumber energi utama, tapi kita tidak bisa meremahkannya karena sayur adalah sumber makanan terbaik dari vitamin, karbohidrat, antioksidan, dan juga mineral. Yang tidak kalah penting adalah bahwa sayur-sayuran mengandung lemak yang rendah sehingga sangat cocok dijadikan makanan ketika kita menjalankan diet.

12. Gandum

Makanan padat berisi satu ini bisa kita jadikan sebagai menu sarapan yang sempurna karena mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Gandum adalah makanan yang mampu memberikan energi yang bisa kita jadikan alternatif sebagai pengganti nasi.

Gandum dapat kita gunakan sebagai menu diet yang sempurna karena mampu menjaga asupan penuh gizi tanpa menambah berat badan.

Sumber gambar:
[1] https://www.pexels.com/

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini