gentlemancode.id
18 Makanan ini bisa nurunin stress Bro

18 MAKANAN INI BISA NURUNIN STRESS BRO

Published on Wednesday, 18 January 2017

Di zaman yang serba hectic seperti sekarang ini emang gampang banget bikin kita stress.  Bayangin aja kebutuhan serba mahal, macet, kerjaan numpuk, masalah banyak, cicilan banyak, dan berbagai macam lika liku hidup lainnya emang bakal rentan bikin kita stres.

Tapi Bro,  yang namanya juga idup iya gak, gak mungkin kan bebas dari masalah?

Nah, buat ngatasin stres, banyak banget Bro caranya. Salah satunya adalah dengan memakan makanan-makanan ini. Makanan yang akan Gw sebutin dibawah ini disinyalir dapat menurunkan stres loh. Yuk disimak!

Yoghurt

Rasanya yang asem-asem manis gak cuman hanya bisa menyegarkan Bro, yoghurt ternyata bisa meningkatkan kandungan serotonin dalam otak yang mana itu bisa menurunkan tingkat stress, dan bisa bikin Lo merasa lebih tenang.

Cokelat

Gw rasa hampir semua orang suka ama camilan yang satu ini. Rasanya yang unik bikin kita gak pengen berhenti ketika memakannya. Hmmm yummy. Seperti halnya yoghurt, cokelat juga ternyata bisa meningkatkan serotonin didalam otak, sehingga Lo akan merasa bahagia sesudah memakannya.

Almond

Almond mengandung vitamin B2, vitamin E, Magnesium, dan seng. Vitamin B dan magnesium mempunyai peranan dalam produksi serotonin, yang membantu mengatur suasana hati dan mengurangi stres, sedangkan vitamin E adalah atioksidan yang mampu mengatasi radikal bebas yang berkaitan dengan stres dan penyakit jantung.

Brokoli

Brokoli adalah salah satu sayuran yang sangat baik untuk tubuh. Brokoli mengandung antioksidan yang cukup tinggi dan juga asam folat dan vitamin B. Asam folat dapat membantu menghilangkan stres, mengurangi cemas, dan mengatasi depresi. Kandungan serat yang dimilikinya juga dapat membantu sistem pencernaan.

Ikan

Menurut buku The Anxiety Book dari Jonathan Davidson and Henry Dreher, Omega-3 yang terkandung di dalam ikan tidak hanya membantu perkembangan otak tapi juga menenangkan otak dari hal-hal yang membuat stres.

Teh Hijau

Banyak sekali kandungan yang sangat baik di dalam teh hijau untuk kesehatan seperti catechin yang dapat mencegah radikal bebas dan juga menyehatkan mata. Selain itu, ada juga asam amino thenine  yang dipercaya dapat menenangkan otak.

Susu

Kandungan kalsium yang dimiliki oleh susu dipercaya dapat menenangkan hati dan juga mengurangi ketegangan otot dan saraf. Pilihlah susu yang berjenis low-fat agar lemak yang terkandung didalam susu tidak menumpuk didalam tubuh.

Bluberry

Kandungan kalori yang rendah membuat blueberry sangat baik untuk diet, selain itu buah yang banyak tumbuh di amerika serikat ini memiliki antioksidan dan flavonoid yang dapat mencegah penuaan otak yang disebabkan oleh stres.

Ice Cream

Susu dan krim yang terkandung dalam ice cream dipercaya memiliki banyak asam amino tryptophan yang dapat memberikan efek tenang kepada otak kita. Tapi, pilih lah ice cream berjenis low fat agar lemak didalam tubuh tidak bertambah banyak.

Kedelai

Kadar protein, Vitamin B, kalsium, dan magnesium yang terkandung di dalam kedelai mampu menghilangkan stres dan menyehatkan. Jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi makanan sehat yang satu ini. Harganya murah namun kaya nutrisi.

Gandum

Kandungan vitamin B pada gandum mampu menstimulasi produksi hormone serotonin yang dapat menenangkan otak. Bukan hanya itu, makanan ini termasuk kedalam makanan rendah lemak, sehingga tentu tidak akan menambah lemak yang ada didalam tubuh.

Madu

Kandungan madu kaya akan vitamin dan juga antioksidan. Madu sangat baik untuk membantu regenerasi sel, meningkatkan kekebalan tubuh, melawan depresi, anti peradangan dan juga anti biotik. Rasa manis yang dimiliki oleh madu juga dapat memberikan efek tenang. Sedangkan nutrisi yang dimiliki oleh madu dipercaya mempunyai peran untuk pendorong energi.

Kismis atau Buah yang dikeringkan

Kismis, aprikot, kacang almond, dan kacang hazelnut merupakan beberapa jenis makanan yang kaya akan selenium, magnesium serta vitamin B yang berperan dalam meredakan stres. Makanan tersebut juga efektif digunakan untuk relaksasi otot.

Vitamin E dan B2 yang terkandung pada almond dapat melawan depresi dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Demikian juga kismis yang kaya nutrisi dan serat.

Ubi

Biasanya, kebutuhan akan karbohidrat dan gula akan meningkat ketika seseorang stres. Karbohidrat, betakarotin, vitamin, gula, dan juga serat yang dimiliki oleh ubi bisa membantu kebutuhan tersebut.

Jeruk

Sumber vitamin C yang satu ini ternyata efektif untuk mengurangi stres. Selain itu jeruk juga dapat mengembalikan kortisol dan tekanan darah ke tahap normal, tanpa tekanan.

Pisang

Pisang kaya akan vitamin A, B, dan C. Selain itu pisang juga mempunyai kandungan mineral yang bermanfaat bagi tubuh, terutama saat stres.

Alpukat

Kandungan kalium yang bisa kita dapatkan dari buah alpukat adalah salah satu cara terbaik untuk menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

Teh hitam

Sebuah penelitian di Inggris mengungkapkan bahwa meminum teh hitam sebanyak 4 kali setiap hari dalam jangka waktu 6 minggu, dapat menurunkan hormon penyebab stres.

Oke Bro, itu tadi 18 jenis makanan yang mampu menurunkan tingkat stres yang kita alami. Ternyata makanan tersebut gak susah ya buat didapat.

Stres itu wajar terjadi, yang penting kita mampu untuk mengatasinya. Salah satu caranya bisa dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang Gw sebutkan diatas.

Nah, biar temen-temen Lo gak pada stres lagi, jangan lupa di share ya artikelnya. Trims.

Sumber gambar:
https://www.pexels.com/

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini