gentlemancode.id
4 Alat Ini Bisa Menjadi Media Penyebar Kuman. Lalu Bagaimana Cara Menghindarinya?

4 ALAT INI BISA MENJADI MEDIA PENYEBAR KUMAN. LALU BAGAIMANA CARA MENGHINDARINYA?

Published on Thursday, 21 July 2016

Bro pasti sudah sering mendengar bahwa banyak berbagai macam penyakit yang timbul akibat kuman atau virus yang secara tidak sadar datang tanpa diundang. Tapi jika di teliti lebih jauh, hal ini terjadi bukan karena alasan, hal ini terjadi akibat kita kurang memperhatikan kebersihan disekitar kita atau alat-alat yang kita gunakan sehari-hari.

Nah, bicara mengenai alat-alat yang kita gunakan setaip hari, kita harus mengetahui bahwa ada beberapa alat yang mungkin berpotensi untuk menyebarkan kuman atau virus penyebab berbagai macam penyakit. Nah agar Bro lebih waspada dan peduli terhadap kebersihan, kali ini Genta akan berbagi informasi mengenai alat apa saja yang berpotensi menyebarkan kuman atau virus. Mari kita simak Bro.

1. Telepon Genggam

Aktivitas yang kita lakukan setiap hari entah itu didalam ruangan atau di luar ruangan pasti selalu melilbatkan tangan kita untuk beraktivitas. Entah kuman apa saja yang sudah menempel pada tangan kita, dan kemudian kita memegang telepon genggam kita terus menerus membuat kuman itu menempel pada telepon genggam kita.

Para Peneliti di University of Surrey melakukan pengamatan terhadap bakteri yang terdapat pada ponsel. Mereka mengamati pertumbuhan bakteri tersebut dan terkejut dengan apa yang mereka temukan. Dalam beberapa kasus, para peneliti menemukan bakteri berbahaya seperti bakteri Staphylococcus aureus pada ponsel tersebut. Diperkirakan sekitar 20% orang memiliki bakteri ini pada tubuh seseorang, yang kerap tinggal pada saluran pernapasan.

2. Dompet

Kita pasti tidak pernah lepas dari barang yang satu ini, karena dompet merupakan tempat penyimpanan uang yang kita perlukan untuk kebutuhan kita sehari-hari. Setaip hari kita membawa dompet kemana saja, ke kantor, angkutan umum, toilet, dan lain sebaginya. Entah berapa banyak bakteri yang menempel pada dompet kita.

3. Wadah Tisu Toilet

Bermacam-macam orang pasti akan menyentuh alat ini, apalagi di toilet umum. Saat orang-orang secara bergantian mengambil tisu atau ketika mengisi kembali tisu ke wadah, maka bermacam-macam kuman dan bakteri bisa terkumpul di dalamnya.

4. Spons Untuk Mencuci Peralatan Makan

Dikutip dari alodokter.com, Penelitian medis terkait kebersihan dapur mengungkapkan bahwa spons pencuci piring dapat mengandung 200 ribu kali lebih banyak kuman dibandingkan dengan dudukan toilet sekalipun. Dengan kata lain, spons ini adalah alat rumah tangga yang bisa jadi mengandung paling banyak kuman. Hiiii.

Nah Bro, ternyata alat-alat yang kita gunakan sehari-hari bisa jadi bisa menyebarkan kuman atau penyakit. Kebiasaan hidup bersih seperti mencuci tangan dapat meminimalisir penyebaran kuman atau penyakit tersebut.

Mencuci tangan dengan sabun setelah memegang benda atau sebelum makan adalah tindakan yang efektif dalam mencegah penyebaran kuman. Mencuci tangan dengan sabun juga sebaiknya dilakukan setelah menggunakan kamar mandi.

Semoga informasi ini bermanfaat Bro.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini