gentlemancode.id
5 Kesalahan Pola Makan yang Membuat Otot Sulit Berkembang

5 KESALAHAN POLA MAKAN YANG MEMBUAT OTOT SULIT BERKEMBANG

Published on Saturday, 17 March 2018

Membentuk otot sesuai dengan keinginan emang bukan hal gampang, bro. Selain Lo harus siap buat capek, Lo juga harus menerapkan pola makan yang tepat dan juga konsisten. Karena percuma bro kalo misalnya Lo udah latihan keras tapi pola makan Lo berantakan, maka otot yang Lo inginkan nggak akan bisa Lo capai. Nah bro, berikut ini adalah lima kesalahan pola makan yang harus Lo hindari ketika Lo ingin membentuk badan. Apa aja?

1. Tidak Cukup Makan

Beberapa orang menerapkan diet ketat untuk menurunkan berat badan. Pola makan seperti ini mungkin memang bisa menurunkan bobot tubuh, tapi tidak akan bisa meningkatkan massa otot, bro. Untuk dapat meningkatkan massa otot, jumlah kalori yang masuk harus lebih besar dari kalori yang keluar.

Otot Lo memerlukan kalori berkualitas tinggi dari protein dan karbohidrat serta latihan beban untuk dapat berkembang. Jadi, jika berlatih secara rutin dan menguras banyak energi selama latihan, Lo memerlukan kalori yang cukup untuk membangun otot.

Lo bisa mengusahakan asupan protein sebanyak 0.5 gram per kilogram berat badan. Ditambah dengan asupan karbohidrat yang cukup, maka Lo akan sukses mengembangkan otot Lo.

2.Tidak Memperhitungkan Kapan Lo Harus Makan

Mendapatkan cukup asupan nutrisi saja nggak cukup bro, Lo juga perlu memperhatikan kapan Lo harus makan. Nggak cuma makanan pasca latihan saja yang penting, tapi makanan pra latihan dan selama latihan juga sama pentingnya untuk Lo perhatikan.

Menurut penelitian, naiknya level asam amino dan insulin selama latihan dapat meningkatkan performa otot selama latihan dan akan membantu pertumbuhan otot yang lebih cepat. Jadi, kalo Lo berlatih di gym, cobalah makan cemilan sebelum mengangkat beban. Yogurt dan buah atau protein bar yang dimakan 45 menit sebelum latihan dapat membantu memberi bahan bakar pada otot.

3. Inkonsistensi Nutrisi

Tubuh manusia itu selalu berusaha beradaptasi untuk berada dalam kondisi homeostasis. Ini berarti kalo Lo pengen membentuk otot, Lo perlu konsisten selama beberapa waktu agar tubuh Lo bisa beradaptasi, baik itu latihan maupun program nutrisi Lo.

Kalo Lo melakukan suatu program nutrisi setelah beberapa saat dan belum terlihat hasilnya, jangan buru-buru menggantinya dengan program yang lain. Tubuh memerlukan waktu 4-6 minggu untuk beradaptasi terhadap program tertentu.

Rencanakan nutrisi dan latihan agar tidak terganggu dengan pekerjaan atau kegiatan Lo. 

4. Konsumsi Alkohol

Lo mungkin suka nongkrong dan berpesta bareng teman-teman Lo. Nongkrong ditemani alkohol mungkin menyenangkan. Tapi jika Lo melakukannya, itu bisa berdampak negatif terhadap pencapaian Lo di gym. Dehidrasi akibat minum minuman beralkohol yang berlebihan bisa mengganggu progres Lo bro, belum lagi ditambah junk food yang mungkin saja Lo makan ketika Lo mabuk.

Penelitian juga menunjukkan bahwa mengkonsumsi alkohol setelah latihan dapat menghalangi perkembangan otot Lo. Jadi, jauhi minuman beralkohol ya, bro!

5. Terlalu Bergantung Pada Protein Shake

Protein shake memang pas untuk dijadikan kudapan sebelum dan sesudah latihan, atau bahkan pengisi energi Lo sehari-hari. Namun, protein shake sebaiknya tidak dijadikan sebagai sumber protein utama.

Meskipun bubuk whey protein ini praktis dan mengandung asam amino yang penting, makanan yang mengandung protein yang sebenarnya mengandung banyak nutrisi penting lainnya, bro. Lagipula, pemrosesan yang dilakukan pada whey shake bisa saja menurunkan kualitas protein yang terkandung di dalamnya. Jadi, usahakan untuk mendapatkan 90% asupan protein dari makanan utuh seperti daging, terlur, susu, dan kacang-kacangan.

Nah, setelah mengetahui sejumlah kesalahan pola makan yang dapat menghambat perkembangan otot di atas, semoga Lo semakin sadar dengan pola makan dan makanan yang dikonsumsi agar perkembangan Lo lewat latihan di gym agar bisa optimal. Selain pola latihan dan pola makan, jangan lupa juga untuk memperhatikan kualitas tidur Lo ya.

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini