gentlemancode.id
5 Manfaat mengurangi makanan manis

5 MANFAAT MENGURANGI MAKANAN MANIS

Published on Tuesday, 23 May 2017

Makanan manis emang juara, tapi kalo terlalu banyak juga bahaya. Resiko yang paling umum dialami akibat terlalu banyak makanan manis adalah diabetes. Sampai saat ini penyakit ini belum ditemukan obatnya. Oleh karena itu, untuk menghindari penyakit tersebut kita dianjurkan untuk membatasi makanan yang manis-manis, dan dengan diimbangi gaya hidup yang lebih sehat tentunya.

Selain mengurangi resiko terkena penyakit diabetes, mengurangi makanan manis ternyata memiliki beberapa manfaat lain loh yang baik untuk tubuh. Berikut ini adalah 5 manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengurangi makanan yang manis-manis:

1. Kulit yang lebih sehat

Sebuah studi menunjukkan bahwa jumlah gula dalam darah mempengaruhi kesehatan kulit. Ketika kita makan terlalu banyak gula, maka terjadi proses dalam tubuh yang mengakibatkan elastisitas kulit menjadi menurun.

2. Mengurangi lemak dalam perut

Lemak di area perut alias lemak visceral merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung dan diabetes. Baru-baru ini data dari Framingham Heart Study menemukan adanya kaitan antara konsumsi minuman manis dengan komposisi lemak visceral. Disebutkan bahwa semakin banyak kita mengkonsumsi minuman manis, maka semakin tinggi tingkat lemak visceral kita.

3. Menjadi lebih berenergi

Gula buatan umumnya adalah karbohidrat sederhana. Ini berarti komponen tersebut dapat dicerna dengan cepat. Efeknya, gula darah kita akan meningkat tajam kemudian cepat turun lagi. Jika membutuhkan bahan bakar energi, gantilah asupan manis dengan camilan tinggi protein seperti kacang almond.

Asupan-asupan tersebut membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, sehingga energi juga akan bertahan lebih lama. Demikian disampaikan nutrisionis sekaligus penulis The 21-Day Sugar Detox, Diane Sanfilippo.

4. Menurunkan resiko obesitas

Studi epidemiologis menunjukkan adanya kaitan antara kenaikan berat badan dan konsumsi gula berlebih. Konsumsi gula berlebih pun diyakini dapat memberikan tambahan kalori, yang berujung pada risiko kegemukan.

5. Menyehatkan jantung

Semakin banyak mengonsumsi gula, maka semakin tinggi risiko kita untuk terkena penyakit jantung. Dalam sebuah studi di jurnal JAMA beberapa waktu lalu, peneliti menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi gula dengan kadar gula tertinggi, memiliki risiko kematian akibat penyakit jantung dua kali lebih tinggi. Hmmm, serem ya.

Makan makanan manis boleh-boleh aja, selama tau batasan dan gak berlebihan. Ngurangin dikit makanan manis mah gak seberapa lah dengan kesehatan kita, bener gak Bro?

Referensi:
[1] www.detik.com

Sumber gambar:
[1] https://www.pexels.com/

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini