gentlemancode.id
5 Minuman Sumber Elektrolit Alami yang Baik Diminum saat Berbuka

5 MINUMAN SUMBER ELEKTROLIT ALAMI YANG BAIK DIMINUM SAAT BERBUKA

Published on Tuesday, 21 May 2019

Puasa di bulan Ramadan merupakan salah satu ibadah yang memiliki nilai dan pahala yang besar. Ditambah lagi dengan tetap melakukan berbagai macam aktivitas sehari-hari, maka tentu itu akan menjadi ladang pahala untuk kita yang menjalankan puasa. Tapi tahu nggak, bro? Melakukan berbagai macam kegiatan saat berpuasa bisa menyebabkan tubuh kehilangan banyak elektrolit dan dehidrasi lho.

Elektrolit itu apa sih?

Elektrolit merupakan ion-ion yang memiliki peranan penting dalam menjaga keseimbangan tekanan darah, fungsi otot, dan saraf. Untuk itu, Lo harus mengonsumsi makanan atau minuman yang bisa segera mengembalikan elektrolit ketika sedang berbuka.

Tenang bro, Lo nggak perlu beli minuman elektrolit dalam kemasan kok, karena ada lho sumber elektrolit alami yang bisa Lo dapatkan dengan mudah dan murah. Mau tahu? 

1. Air Kelapa

Bulan puasa gini, Lo pasti nggak bakalan susah nyari yang jualan kelapa muda, bro. Selain menyegarkan, air kelapa memiliki kandungan kalium dalam jumlah yang tinggi. Kalium merupakan salah satu jenis ion yang berperan dalam menyeimbangkan cairan tubuh. Mengonsumsi air kelapa saat berbuka mampu mengembalikan ion dan cairan yang hilang selama berpuasa dengan cepat.

2. Sitrus

Buah-buahan yang merupakan keluarga sitrus seperti jeruk nipis, lemon, jeruk mandarin, dan sebagainya adalah buah yang kaya akan kalsium dan juga kalium yang bisa menjadi sumber elektrolit. Lo bisa mengonsumsinya secara langsung atau di jus, bro. Buah-buahan ini bisa dengan cepat ngembaliin ion dan mencegah tubuh mengalami dehidrasi. Selain itu, kandungan vitamin C dalam jeruk mampu meningkatkan daya tahan tubuh selama puasa.

3. Jus Semangka

Semangka mengandung lebih dari 90 persen air. Selain itu, semangka juga merupakan sumber elektrolit alami yang baik dikonsumsi saat berbuka. Jus semangka mampu mengembalikan elektrolit penting yang hilang saat melakukan berbagai kegiatan dalam keadaan berpuasa. Tidak hanya itu aja, konsumsi jus semangka juga sangat baik untuk menjaga kesehatan sistem saraf dan jantung.

4. Wedang Jahe

Buat Lo yang super sibuk dan sering pegal-pegal, coba deh Lo rutin minum jahe hangat saat berbuka. Selain dapat menghilangkan capek dan pegal-pegal, jahe juga mampu mengembalikan elektrolit yang hilang setelah seharian beraktivitas. 

5. Timun

Kandungan kalium dan magnesium yang tinggi pada mentimun membuat buah yang sering dijadikan lalapan ini sangat cocok untuk dikonsumsi saat berbuka. Selain itu, nutrisi yang ada dalam mentimun juga bermanfaat dalam melawan peradangan, menurunkan risiko kanker, mengatasi masalah pencernaan, hingga memperkuat daya ingat.

Nah bro, itu dia tadi beberapa sumber elektrolit alami yang cocok untuk Lo konsumsi ketika berbula. Selain mengonsumi sejumlah makanan tadi, Lo juga perlu mengonsumsi air putih sebanyak mungkin agar tubuh Lo tidak mengalami dehidrasi selama puasa.

Sumber:
[1] https://www.idntimes.com/

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini