gentlemancode.id
6 Manfaat Berjalan Kaki

6 MANFAAT BERJALAN KAKI

Published on Wednesday, 18 May 2016

Jangan menganggap remeh olahraga jalan kaki atau malah malas untuk melakukan olahraga jalan kaki, Bro. Kalo misalnya Lo mempunyai masalah dengan lutut atau kaki Lo, jangan jadikan masalah ini sebagai alasan buat Lo untuk tidak melakukan olahraga, karena sebetulnya Lo bisa menyiasatinya dengan berjalan ringan.

Idealnya berjalan kaki dilakukan selama kurang lebih 30 menit dalam sehari. Tapi, agar tubuh Lo tidak kaget saat melakukannya, sebaiknya Lo melakukannya selama 10 hingga 15 menit saja dalam sehari sebagai permulaan, baru setelah itu secara bertahap Lo bisa meningkatkan durasinya sesuai dengan kemampuan Lo. Kalo Lo melakukannya secara rutin dan dengan menjalani pola hidup sehat, maka Lo akan memiliki kemungkinan lebih besar untuk mendapatkan beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan seperti yang Gw rangkum dari alodokter.com dibawah ini.

Jalan Kaki baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol

Gw kasih tau nih Bro, berjalan kaki memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan jantung dan juga bisa mengatur tingkat kolesterol Lo. Sebuah studi mengatakan, dengan berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit disinyalir dapat menurunkan kemungkinan seorang wanita mengalami masalah jantung sekitar 40 persen. Mengapa? Hal ini dikarenakan dengan berjalan kaki, kita dapat meningkatkan denyut jantung, meningkatkan sirkulasi darah, dan juga memperkuat jantung. Tidak hanya itu, berjalan kaki secara teratur bisa menurunkan kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh kita, serta menurunkan tekanan darah. Tapi, kalo Lo memiliki masalah dengan jantung, cobalah untuk mengonsultasikan masalah tersebut sama dokter Lo. Hal ini dimaksudkan supaya Lo mengetahui seberapa lama dan seberapa berat Lo bisa melakukan olahraga jalan kaki. Hal ini penting karena hal ini berhubungan dengan batas kegiatan seperti apa yang baik untuk jantung Lo.

Mencegah diabetes tipe 2

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang menjadi momok menakutkan untuk sebagian orang. Ternyata, diabetes tipe 2 bisa kita cegah dengan berjalan kaki setidak-tidaknya selama 30 menit dalam sehari. Dengan berjalan kaki, Lo telah membuat otot untuk bekerja lebih keras sehingga kemampuan untuk menyerap glukosa menjadi meningkat. Dengan berjalan kaki selama 30 menit saja, Lo sudah bisa mengurangi kemungkinan terkena diabetes tipe 2 kurang lebih hingga 30 persen.

Menurunkan berat badan

Dengan berjalan cepat selama kurang lebih 30 menit dalam sehari, Lo bisa membakar setidaknya 150 kalori per hari. Semakin cepat Lo melangkahkan kaki, maka semakin banyak kalori yang akan dibakar. Namun tentu saja tidak cukup hanya dengan berjalan kaki, Lo juga perlu menunjangnya dengan pola makan yang sehat.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kurangnya olahraga bisa membuat tubuh Lo mudah terserang penyakit. Cobalah untuk menyempatkan diri untuk melakukan jalan kaki setidaknya selama 30 menit dalam sehari. Dengan begitu sistem kekebalan tubuh Lo akan meningkat untuk melawan infeksi. Berjalan kaki selama 30 menit juga bisa membuat tidur Lo lebih nyenyak dan secara otomatis tubuh akan melepaskan zat kimia yang membuat Lo merasa lebih baik.

Mengurangi stres

Mungkin sebelumnya tidak terpikirkan bahwa ternyata berjalan kaki bisa membantu dalam mengurangi atau bahkan mencegah stres. Menyempatkan berjalan kaki dalam sehari bisa mengurangi stres atau mencegahnya. Berjalan kaki dan aktifitas fisik lainnya bisa memicu endorfin yang membuat mood Lo merasa lebih baik dan mengurangi rasa cemas serta depresi.

Mencegah osteoporosis

Penyebab osteoporosis adalah terjadinya penipisan tulang yang menyebabkan tulang menjadi keropos, dan rentan patah dikarenakan rapuh. Dengan melakukan olahraga jalan kaki, Maka Lo dapat membangun dan mempertahankan kesehatan tulang Lo agar tetap kuat dan sehat.

Selain enam manfaat di atas, masih banyak lagi manfaat lainnya dari berjalan kaki untuk kesehatan kita. So, manfaatkan sebaik-baiknya olahraga yang murah meriah ini. Selain murah, olahraga ini juga sangat mudah untuk dilakukan. Luangkan sedikit saja waktu Lo dalam sehari untuk berjalan kaki.

Referensi:
[1] alodokter.com
 

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini