gentlemancode.id
7 Hal Yang Dapat Lo Lakukan Jika Orang Terdekat Lo Memiliki Serangan Panik

7 HAL YANG DAPAT LO LAKUKAN JIKA ORANG TERDEKAT LO MEMILIKI SERANGAN PANIK

Published on Thursday, 25 July 2019

Serangan panik (panic attack) bisa sangat menakutkan untuk orang yang mengalaminya. Tetapi bukan berarti mudah untuk mereka yang menyaksikan kejadian ini kepada orang yang mereka cintai. Meskipun di luar sana terdapat banyak cara mengenai apa yang harus dilakukan untuk menangani orang yang menderita serangan panik, entah itu istri, orang tua, atau teman, mungkin mereka masih belum tahu apa yang harus dilakukan ketika itu kejadian. Itulah sebabnya dalam banyak kasus, banyak orang yang merasa tidak bisa membantu dan tidak tahu harus bertindak apa. Namun, ada beberapa hal mendasar yang bisa Lo lakukan untuk membantu mereka.

Kami di Gentlemancode percaya bahwa sangat penting untuk kita mengetahui cara untuk menenangkan mereka yang mengalami serangan panik. Nah, kami ingin berbagi informasi yang sangat berguna ini yang kami kutip dari Brightside.

1. Tetap Tenang

Gw yakin akan sulit untuk tetap tenang ketika orang terdekat Lo sedang mangalami serangan panik. Tetapi, sikap tenang yang Lo tunjukan akan sangat membantu, bro. Ibarat api, kalo Lo ikutan panik, sama aja kaya Lo nyiram bensin ke api tersebut. Kalo Lo mulai stres dan ikut panik, maka itu hanya akan membuat serangan panik menjadi lebih lama bahkan memperburuk. Cobalah untuk berbicara dengan tenang dan hindari membuat keributan.

2. Jangan meremehkan perasaan mereka

Meskipun serangan panik tidak berbahaya, kita tidak bisa menganggap remeh apa yang mereka rasakan. Mereka yang mengalami serangan panik mungkin akan merasakan berbagai hal seperti sakit perut, pusing, susah bernafas, atau jantung berdebar. Serangan panik adalah pengalaman yang benar-benar mengerikan, bro. Jangan pernah menganggap remeh karena itu sama sekali nggak akan membantu. Yakinkan mereka bahwa Lo mengerti apa yang mereka rasakan dan Lo ada untuk mereka.

3. Tanyakan apa yang mereka butuhkan

Jangan berasumsi dan melakukan hal-hal yang Lo anggap tepat. Setiap orang mungkin memerlukan jenis dukungan yang berbeda, jadi tanyakan dengan lembut apa yang mereka butuhkan saat ini.Jangan sok tahu, jangan terburu-buru, dan jangan terlalu banyak nanya. Hormati setiap permintaan mereka sekalipun Lo menganggap permintaam mereka nampak nggak penting.

4. Ingatkan mereka bahwa itu akan segera berakhir

Serangan panik jarang berlangsung lebih dari setengah jam, tetapi kebanyakan keadaan tersebut mencapai puncaknya pada 2-10 menit pertama. Tetapi hampir semua orang yang menderita gangguan ini lupa akan hal itu karena hebatnya ketakutan yang mereka alami. Jadi, akan sangat membantu ketika Lo mengatakan bahwa yang mereka alami itu akan cepat berlalu.

5. Ingatkan mereka bahwa itu tidak berbahaya

Beberapa orang menyebutkan bahwa serangan panik terlihat seperti serangan jantung. Namun pada kenyataannya, gejala-gejala ini tidak berarti bahwa sesuatu yang berbahaya sedang terjadi.

Kalo Lo tahu bahwa orang yang sedang mengalami serangan panik ini telah menjalani semua pemeriksaan medis dan tidak ditemukan ancaman yang mengancam jiwa, maka beri tahu mereka bahwa serangan panik itu tidak berbahaya dan tidak ada hal buruk yang akan terjadi.

6. Bernafas bersama

Hal lain yang bisa Lo lakukan untuk menenangkan mereka adalah membantu mereka untuk mengatur napas. Seseorang yang mengalami serangan panik cenderung bernapas tidak teratur dan terlalu cepat. Mungkin sulit untuk membantu seseorang bernafas dengan benar karena itu tidak langsung membantu, tetapi ini adalah cara yang cukup vital yang bisa Lo lakukan untuk membantu mereka mencoba menghilangkan semua gejala yang menakutkan.

7. Sarankan agar mereka tidak melawannya, tetapi biarkan serangan tersebut berlalu dengan sendirinya

Meskipun orang yang mengalami serangan panik mungkin ingin meninggalkan tempat ramai atau mencari sesuatu yang bisa mengalihkan, ini mungkin bukan metode yang sangat membantu dari perspektif jangka panjang.

Hal ini hanya dapat membantu pada saat serangan panik, tetapi biasanya membuat keadaan menjadi lebih buruk karena orang mulai menghindari tempat-tempat ramai seperti pusat perbelanjaan atau transportasi umum.

Paul Salkovskis, Profesor Psikologi Klinis dan Ilmu Terapan di University of Bath, mengatakan bahwa sangat penting untuk tidak membiarkan ketakutan kita akan serangan panik mengendalikan kita. Jadi, sarankan agar seseorang duduk dan membiarkan kepanikan itu berlalu dengan sendirinya.

Gimana bro, ada yang bisa Lo tambahin nggak? Semoga artikel ini bermanfaat ya dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini siapa tahu ada yang butuh.

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini