gentlemancode.id
8 Bahaya Makan Sambil Berdiri

8 BAHAYA MAKAN SAMBIL BERDIRI

Published on Monday, 05 February 2018

Kalo kita menghandiri undangan pernikahan, biasanya ketika kita makan umumnya kita akan makan dan minum sambil berdiri. Hal ini merupakan kebiasaan yang umum dilakukan karena memang biasanya dalam acara tersebut tidak disediakan tempat duduk untuk para tamu sehingga para tamu pun mau nggak mau harus berdiri ketika ingin menikmati hidangan yang disediakan. Tapi tau nggak Lo bro kalo makan sambil berdiri itu bahaya? Ya, tidak hanya minum sambil berdiri saja yang berbahaya, makan sambil berdiri pun sama bahayanya.

Untuk seseorang yang tidak terlalu sering melakukannya (makan sambil berdiri) hanya akan mengalami resiko ringan yang sewaktu-waktu bisa terjadi seperti sakit perut sementara. Tapi bro, kalo kebiasaan makan sambil berdiri ini menjadi kebiasaan Lo maka akan ada resiko serius yang akan muncul diantaranya adalah:

1. Asam lambung naik ke esofagus

Makan sambil berdiri akan menyebabkan asam lambung tiba-tiba naik, bro. Bumbu masakan yang mengandung merica atau cabai rentan menyebabkan asam lambung naik ke arah esofagus dan akan memberikan efek panas yang bisa memicu munculnya luka dan iritasi pada dinding esofagus.

2. Kinerja pencernaan menurun

Ketika Lo makan sambil berdiri, maka itu akan menyebabkan makanan jatuh ke dalam lambung lebih cepat dan secara tiba-tiba. Nah, kondisi ini akan mengakibatkan dinding lambung menderita luka dan iritasi. Organ pencernaan yang mengalami luka akan menyebabkan rasa nyeri sehingga seseorang akan mengalami mual dan muntah serta mengakibatkan kinerja pencernaan menjadi terganggu.

3. Kanker saluran esofagus

Duh ngeri nih, bro. Ternyata makan sambil berdiri bisa menyebabkan sel-sel kerongkongan mengalami iritasi dan infeksi. Nah, kondisi ini dapat mempercepat pertumbuhan sel yang tidak normal yang berpotensi menjadi sel kanker aktif pada saluran esofagus.

4. Gangguan pada saraf otak

Kebiasaan makan sambil berdiri dapat menyebabkan makanan yang masuk melalui kerongkongan akan langsung berjalan dengan kasar menuju pencernaan. Keadaan ini mampu menyebabkan disfungsi saraf pada saraf otak dan memicu denyut jantung menjadi tidak normal.

5. Kinerja ginjal terganggu

Makanan yang masuk ketika kita makan sambil berdiri tidak akan mengalami proses penggilingan secara normal sehingga akan menyebabkan terhambatnya penyerapan nutrisi dan mengakibatkan ginjal bekerja keras untuk mengolah air untuk mendukunng terjadinya proses penghancuran makanan tersebut. Kondisi ini beresiko menyebabkan ginjal mengalami iritasi dan kelelahan sehingga kinerja ginjal akan terganggu. Kalo misalnya tidak mendapatkan penanganan medis maka keadaan ini akan membuat ginjal mengalami kerusakan.

6. Ulu hati tidak nyaman

Makan sambil berdiri tanpa minum akan menyebabkan penegangan otot dan aliran darah disekitar ulu hati menjadi tidak lancar. Kondisi ini akan menimbulkan rasa nyeri disekitar ulu hati dan memicu seseorang terkena keringat dingin dan stres ringan.

7. Memicu maag

Buat Lo yang memiliki penyakit maag, maka Lo harus menghindari makan sambil berdiri karena makanan yang masuk ke dasar lambung akan memicu penyakit maag Lo kambuh. Iritasi yang terjadi pada lambung seringkali memicu kambuhnya penyakit maag.

8. Mual dan muntah

Kalo misalnya Lo adalah orang yang memiliki lambung yang sensitif terhadap beberapa makanan seperti makanan berlemak, makanan pedas, atau makanan asam maka bukan hanya asam lambung Lo saja yang akan meningkat bro tetapi Lo juga akan merasakan rasa mual yang luar biasa karena rasa tidak nyaman pada lambung.

Idealnya, kalo Lo makan itu seharusnya Lo ada dalam posisi duduk bro bukan malah sambil berdiri. Kalo misalnya terpaksa maka makan sedikit aja dan hindari makanan yang beraroma dan makanan pedas agar kondisi lambung tetap stabil.

Makan dalam posisi duduk adalah posisi terbaik dan nggak akan menimbulkan keluhan kesehatan karena ketika kita sedang duduk makanan yang masuk ke dalam sistem pencernaan akan dihancurkan secara perlahan, lembut dan normal sehingga tubuh akan tetap berada dalam kondisi terbaiknya.

Sekian info dari kami, semoga bermanfaat bro dan jangan lupa di share ya. Thanks.

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini