gentlemancode.id
Agar tidak sakit di musim pancaroba

AGAR TIDAK SAKIT DI MUSIM PANCAROBA

Published on Friday, 14 June 2019

Biasanya, saat musim pancaroba, banyak sekali penyakit yang menyerang tubuh kita. Batuk, pilek, dan sebagainya kerap kali menyerang. Namun, Lo nggak perlu khawatir, bro. Dikutip dari hellosehat.com, beberapa tips ini bisa Lo lakukan agar tidak sakit di musim pancaroba.

Musim pancaroba adalah waktu dimana terjadi peralihan musim antara musim penghujan dan musim kemarau. Pada saat ini cuaca jadi tidak menentu, kadang mendung, hujan, atau bahkan sangat panas.

Nah, cuaca yang nggak tentu ini biasanya akan mengundang bakteri dan virus yang menyebabkan infeksi pada tubuh. Biasanya penyakit yang umum itu adalah pilek, flu, batuk sampe sakit tenggorokan. Meskipun penyakit-penyakit tersebut bisa diobati dengan mudah, tapi tetap aja gejala yang ditimbulkan sangat mengganggu.

Lo semua pasti nggak mau kan sakit di musim pancaroba? Nah, untuk itu Lo harus punya pertahanan tubuh yang bagus agar Lo terhindar dari infeksi virus dan bakteri dengan meningkatkan sistem imun.

Dengan sistem imun yang baik maka tubuh akan lebih responsif terhadap benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, antibodi yang dihasilkan untuk melawan bibit penyakit juga akan jauh lebih kuat.

1. Tingkatkan asupan makanan bergizi

Makanan merupakan sumber energi dan nutrisi untuk tubuh. Selain menjaga agar organ tubuh bekerja secara normal, nutrisi dari makanan seperti vitamin C, zat besi, dan protein ternyata mampu mendukung sistem kekebalan tubuh.

Nutrisi tersebut bisa Lo dapatkan dari berbagai makanan seperti daging merah, telur, ikan, jeruk, dan sayuran hijau.

2. Minum cukup air putih

Tips selanjutnya yang jangan pernah Lo sepelekan adalah mencukupi kebutuhan cairan setiap hari. Air bukan hanya pelepas dahaga doang bro, tapi juga berfungsi untuk menjaga kelembapan tubuh dan sebagai komponen utama dalam pembentukan plasma darah.

Lalu, air juga memiliki peran dalam mengedarkan oksigen ke seluruh bagian tubuh dan membantu membuang zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Organ tubuh tidak akan bisa bekerja dengan efektif ketika tubuh kekurangan cairan, termasuk sistem kekebalan tubuh. Itulah alasannya kenapa Lo harus mencukupi kebutuhan air setiap harinya khususnya di musim pancaroba agar Lo bisa mencegah sakit.

Namun perlu di ingat bro, kebutuhan air setiap orang itu berbeda-beda, tergantung pada faktor usia, kondisi kesehatan, dan jenis aktivitas yang dilakukan. Untuk kisaran banyaknya air yang harus dipenuhi oleh anak-anak dan orang dewasa setiap hari, antara lain dari 1200 ml sampe 2000 ml atau kira-kira sekitar delapan gelas per hari.

3. Cukup Tidur

Hal selanjutnya yang jangan sampe Lo sepelekan adalah cukup tidur, bro. Tidur merupakan waktu untuk organ tubuh Lo beristirahat. Kalo misalnya Lo sering banget begadang atau kurang tidur, maka organ tubuh Lo bakalan kelelahan. Akibatnya, sistem kekebalan tubuh Lo akan melemah dan membuat Lo jadi gampang sakit.

Cobalah untuk mengatur jam tidur dan bangun Lo, bro. Hindari kegiatan yang bisa mengganggu waktu tidur, seperti main hp, membaca, atau makan.

4. Olahraga

Cuaca yang nggak jelas saat pancaroba jangan menjadi alasan buat Lo untuk tidak berolahraga. Olahraga itu penting bro karena olahraga merupakan aktivitas yang berperan dalam menyehatkan tubuh. 

Ketika kita berolahraga maka tubuh akan memproduksi hormone dopamin. Hormon ini berperan dalam memberpaiki suasana hati dengan membuat perasaan Lo menjadi lebih bahagia. Selain itu, dopamin juga diggunakan oleh sel-sel kekebalan untuk mengatur tanggapan tubuh terhadap infeksi.

Nggak usah yang ribet-ribet, Lo bisa jogging, jalan santai, atau mungkin bersepeda.

Nah bro, kira-kira itu tadi beberapa cara agar tidak sakit di musim pancaroba. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini sama temen-temen Lo, thanks and have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini