gentlemancode.id
Akibat Buruk terlalu berlebihan ketika berolahraga

AKIBAT BURUK TERLALU BERLEBIHAN KETIKA BEROLAHRAGA

Published on Friday, 01 June 2018

Olahraga memang memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Namun, terlalu berlebihan ketika melakukannya justru akan mengakibatkan kesehatan kita menjadi malah terganggu. Sesuatu yang berlebihan memang nggak baik bro apapun itu.

Dibawah ini adalah beberapa akibat buruk yang bisa terjadi ketika kita berlebihan dalam berolahraga, diantaranya adalah:

Osteoarthritis

Osteoarthritis atau penyakit degenerasi sendi menyebabkan sendi-sendi di dalam tubuh mengelami pembengkakan. Salah satu faktor yang menyebabkan gangguan kesehatan ini adalah karena melakukan olahraga secara berlebihan.

Kesehatan Mental

Dari beberapa studi, olahraga yang dilakukan secara berlebihan mampu menyebabkan kesehatan mental yang buruk bahkan bisa menyebabkan seseorang mengalami depresi.

Kelelahan

Olahraga yang dilakukan secara berlebihan bisa menyababkan tenaga habis terkuras sehingga tubuh akan terasa lemas dan tidak memilliki energi untuk melakukan aktivitas lainnya. Olahraga yang dilakukan secara berlebihan akan menyebabkan tubuh tidak sempat untuk berisitirahat sehingga membuat Lo kelelahan. Jika kondisi ini terus berlanjut, maka Lo bisa terkena sindrom kelelahan kronis.

Nyeri Otot

Olahraga yang dilakukan terlalu lama akan membuat otot-otot pada tubuh terasa sakit. Rasa sakit yang Lo rasakan adalah salah satu tanda bahwa Lo melakukan olahraga melebihi dari yang seharusnya. Sendi-sendi, tulang, dan beberapa anggota tubuh akan terasa nyeri, bahkan otot bisa mengalami cedera jika olahraga dilakukan secara berlebihan.

Masalah Tidur

Ketika Lo memaksakan diri untuk berolahraga secara berlebihan, maka Lo akan memiliki risiko mengalami kesulitan tidur bahkan insomnia. Otot-otot yang bekerja secara berlebihan akan membuat Lo merasa gelisah sehingga menyebabkan Lo kesulitan untuk tidur nyenyak.

Gangguan pola makan

Orang-orang yang melakukan olahraga secara berlebihan hanya memiliki satu tujuan di dalam pikiran mereka, yaitu tubuh yang bugar. Untuk mencapai tujuan tersebut, mereka akhirnya mengalami gangguan makan seperti bulimia dan anoreksia.

Kesehatan jantung terganggu

Dari penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di Jerman, olahraga yang dilakukan secara berlebihan dapat meningkatkan risiko kematian akibat serangan jantung atau stroke. Selain itu, olahraga yang dilakukan secara berlebihan juga bisa melemahkan jantung.

Berpengaruh kepada sistem kekebalan tubuh

Tubuh pada dasarnya akan memulihkan dirinya sendiri ketika kelelahan setelah berolahraga saat Lo beristirahat di malam hari. Tapi, kalo Lo kecanduan berolahraga dan Lo susah tidur di malam harinya, maka lama kelamaan sistem kekebalan tubuh Lo tidak akan bisa bekerja sebagaimana mestinya. Akibatnya, Lo jadi gampang sakit, bro.

Sakit punggung

Olahraga yang dilakukan secara berlebihan akan membuat otot-otot punggung bekerja lebih dari biasanya dan menyebabkan tekanan yang tidak diinginkan pada tulang punggung. Hal inilah yang kemudian akan menyebabkan sakit di bagian punggung dikarenakan aktivitas olahraga yang terlalu berat.

Tidak dipungkiri olahraga memang baik untuk dilakukan. Namun, jangan sampe Lo melakukannya secara berlebihan ya karena bukan sehat yang akan Lo dapat kalo Lo melakukannya secara berlebihan. Jadi, lakukanlah olahraga dalam batas normal, misal 15 menit atau 30 menit setiap hari atau tiga kali dalam seminggu. Kalo Lo mengalami gangguan kesehatan akibat olahraga yang dilakukan secara berlebihan, maka sebaiknya Lo segera hubungi dokter agar gangguan tersebut bisa segara diatasi. Ingat bro, sesuatu yang berlebihan itu nggak baik begitupun olahraga.

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini