gentlemancode.id
Akibat terlalu lama menatap layar smartphone

AKIBAT TERLALU LAMA MENATAP LAYAR SMARTPHONE

Published on Thursday, 19 April 2018

Hampir bisa dipastikan, setiap hari kita pasti nggak pernah lepas dari yang namanya smartphone. Entah itu Lo gunakan untuk maen games, cek email atau hanya sekedar mantengin media sosial, smartphone sudah menjadi barang wajib yang harus selalu Lo bawa. Giliran nggak ada, pasti berasa deh bedanya. Seakan-akan ada yang kurang gitu dan Lo ujung-ujungnya jadi mati gaya, bener nggak bro?

Apapun alasan Lo dalam menggunakan smartphone, sebaiknya Lo punya batasan waktu dalam menggunakannya. Bagaimanapun juga, terlalu lama menatap layar smartphone akan memberikan dampak buruk untuk kesehatan. 

Dibawah ini adalah beberapa dampak negatif yang diakibatkan terlalu lama menatap layar smartphone, diantaranya adalah:

1. Gangguan Penglihatan

Sebagai salah satu bagian tubuh yang terpapar langsung oleh radiasi yang dihasilkan oleh smartphone, mata adalah salah satu bagian tubuh yang paling beresiko mengalami gangguan. Dalam dunia kedokteran, gangguan penglihatan ini disebut Computer Vision Syndrome (CVS) dengan gejala mata kering yang terjadi karena mata jarang berkedip. Untuk mencegah hal tersebut, Lo harus mengurangi durasi penggunaan smartphone dan hindari menggunakan smartphone dalam keadaan gelap karena itu bisa memicu otot dan syaraf mata bekerja lebih berat. 

2. Pandangan Kabur

Otot mata akan menjadi tegang ketika Lo terlalu lama memandangi layar smartphone. Hal ini akan menyebabkan mata menjadi tidak mampu untuk fokus dengan cepat pada jarak yang berbeda. Untuk mengatasinya, kalo misalnya Lo udah melihat layar smartphone dalam waktu yang cukup lama, pejamkan mata terlebih dahulu selama sekitar 10 atau 20 detik sebelum Lo melihat ke arah yang berbeda.

3. Sakit Kepala

Posisi leher yang salah dan otot mata yang tegang akibat terlalu lama menatap layar smartphone bisa menjadi salah satu penyebab sakit kepala. Selain itu, hal ini juga bisa menjadi penyebab rabun jauh, bro. Untuk meminimalisir kemungkinan tersebut terjadi, Lo harus cukup istirahat dan Lo harus menggurangi durasi Lo dalam melihat layar smartphone. Selain itu, jaga jarak mata Lo supaya tidak terlalu dekat dengan smartphone ya.

4. Tubuh mudah terkena sindrom metabolik

Terlalu lama menatap layar smartphone tidak hanya menyebabkan lupa waktu saja, namun kebiasaan ini juga akan mengganggu metabolisme tubuh. Menurut Victoria L. Dunckley, pakar kesehatan internasional, orang-orang jadi menerapkan gaya hidup yang cenderung asal-asalan, seperti makan sembarangan, kurang istirahat, dan malas berolahraga. Akibatnya, sindrom metabolik seperti penyakit obesitas, diabetes dan tekanan darah tinggi tidak bisa dihindarkan.

Lalu solusinya bagaimana?

Sebagai solusinya, Profesor Steven Gortmaker  yang merupakan guru besar sosiologi kesehatan Harvard, menganjurkan untuk menerapkan konsep 20-20-20. Artinya, sesudah 20 menit melihat layar, pandanglah objek yang berada pada jarak sejauh 20 meter, selama 20 detik. Langkah ini dapat melemaskan otot mata, sekaligus menyeimbangkan kinerja mata.

Mulai sekarang, cobalah untuk mulai memanfaatkan smartphone sewajarnya saja. Usahakan untuk tidak menatap layar smartphone dalam jangka waktu yang terlalu lama. Kalo misalnya sekarang Lo memiliki masalah pada mata lebih baik segera periksakan diri ke dokter ya!

Referensi:
[1] https://hellosehat.com

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini