gentlemancode.id
Apa Yang Terjadi Pada Tubuh Ketika Anda Marah

APA YANG TERJADI PADA TUBUH KETIKA ANDA MARAH

Published on Tuesday, 31 May 2016

Gentleman, tentu anda pasti pernah merasa marah, namun sebenarnya marah adalah emosi yang rumit dan bisa mempengaruhi berbagai bagian tubuh secara berbeda-beda.

Kemarahan adalah emosi alami yang negatif. Kemarahan memiliki spektrum yang berbeda, mulai dari frustrasi ringan, marah, sampai luapan kemarahan. Tidak hanya mempengaruhi emosi, kemarahan juga mempengaruhi otak Anda.

Dilansir dari Medicmagic, bagian dari otak yang akan merespon di muka ketika Anda marah adalah amigdala. Amigdala merespons emosi dan naluri yang terkait dengan rasa takut, stres, dan perasaan terancam.

Ketika Anda merasa marah, darah akan mengalir langsung ke korteks frontal dan mengurangi kemampuan untuk berpikir rasional. Hasilnya dapat menguntungkan, tetapi juga dapat merugikan Anda. Karena itu, ketika merasa marah, banyak orang tidak bertindak rasional dan akhirnya menyesal.

Ketika merasa marah, Anda harus menghitung dari satu sampai sepuluh sebelum bertindak, karena kemampuan otak untuk berpikir rasional tidak optimal.

Selain itu, efek dari kemarahan akan menyebabkan kelenjar adrenal memproduksi hormon adrenalin dan stres, yaitu kortisol. Kemudian darah yang biasanya mengalir ke lambung dan usus akan mengubah arah ke otot dan mempersiapkan tubuh Anda untuk melawan. Hal itu yang menyebabkan seseorang bisa melakukan hal-hal yang di luar kemampuan fisik mereka ketika mereka marah.

Ketika merasa marah, tekanan darah juga akan meningkat, peningkatan suhu tubuh, tingkat pernapasan dan denyut jantung juga meningkat, dan pupil akan melebar. Ini semua terjadi pada tubuh Anda ketika merasa marah pada satu waktu.

Gentleman, Kemarahan Anda tidak hanya akan mempengaruhi orang-orang di sekitar Anda. Kemarahan akan merusak kesehatan Anda lebih parah daripada untuk orang-orang di sekitar Anda.

Oleh karena itu, mulai sekarang Anda harus belajar untuk mengendalikan amarah Anda. Jika mengalami masalah dengan pengendalian emosi, ada baiknya mungkin Anda bisa meminta bantuan seorang terapis.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini