gentlemancode.id
Ayo bro jangan loyo, jaga stamina dengan 4 cara ini

AYO BRO JANGAN LOYO, JAGA STAMINA DENGAN 4 CARA INI

Published on Saturday, 20 January 2018

Stamina yang baik akan mendukung Lo dalam semua kegiatan Lo. Kalo stamina Lo loyo maka Lo nggak akan bisa melakukan aktvitas Lo secara maksimal, bro. Ya, kalo stamina Lo lagi nggak bagus maka Lo mungkin nggak punya tenaga untuk melakukan apa-apa. Stamina adalah kekuatan dan energi yang dibutuhkan oleh seseorang untuk mendapatkan tenaga. Jadi jelas, kalo setamina Lo lagi nggak bagus Lo nggak akan punya energi untuk melakukan sesuatu. Untuk itu, Lo perlu bro meningkatkan stamina Lo supaya Lo bisa menjalani hari-hari Lo dengan lebih sehat dan lebih kuat. Gimana caranya?

1. Konsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang

Makanan yang kita konsumsi akan digunakan tubuh sebagai bahan bakar untuk dijadikan sumber energi. Makanan sehat dengan gizi seimbang akan membuat tubuh Lo  berenergi sehingga stamina Lo akan meningkat. Usahakan untuk selalu mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan rendah lemak yang terdiri dari sayuran, buah-buahan, dan daging tanpa lemak. Dokter menyarankan agar sepertiga makanan yang kita konsumsi berasal dari tepung dan karbohidrat.

Supaya tubuh selalu mendapatkan energi, jangan mengkonsumsi makanan dalam jumlah besar sekaligus. Tapi, konsumsilah makanan dalam porsi kecil di sepanjang hari. Selain itu, pilihlah camilan sehat seperti sayur mentah, buah, dan kacang-kacangan di sela-sela waktu makan. Untuk persediaan energi, bawalah kacang-kacangan dan buah ketika melakukan aktivitas dalam waktu yang lama seperti di kantor atau di kampus.

2. Jangan sampai kekurangan cairan

Meminum air putih secara teratur akan banyak sekali memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan. Beberapa diantaranya adalah membantu  menurunkan berat badan dan mencegah batu ginjal. Air putih juga bisa meningkatkan stamina karena mampu menekan rasa lelah pada otot. Ketika jaringan otot mengelami dehidrasi maka otot tidak akan bisa memberikan kinerja yang baik, jadi jagalah stamina dengan meminum sekitar setengah liter air putih beberapa jam sebelum melakukan aktivitas yang berat.

3. Lakukan banyak latihan fisik

Meskipun latihan fisik bisa membuat Lo lelah, tapi ini cuma dampak jangka pendek, bro. Latihan fisik pada dasarnya akan memberikan dan meningkatkan energi dan stamina secara keseluruhan dalam jangka waktu yang lama. Nah, agar stamina Lo meningkat, luangkan lah waktu untuk melakukan olahraga secara teratur. Buat orang dewasa, cobalah untuk melakukan latihan kardiovaskular tingkat sedang minimal 150 menit dalam seminggu, disertai dengan latihan yang agak berat minimal seminggu dua kali.

Latihan kardiovaskular seperti berlari, aerobik, dan bersepeda akan melatih paru-paru dan jantung sehingga meningkatkan kemampuan tubuh untuk memasok oksigen. Sebagai hasilnya, latihan ini akan membuat daya tahan dan stamina tubuh meningkat secara bertahap.

Latihan kekuatan seperti angkat beban, sit up, push up dan lain sebagainya akan membantu membangun stamina otot secara bertahap. Seiring waktu berjalan, Lo akan bisa mengangkat beban yang lebih berat dalam waktu yang lebih lama.

4. Cukup istirahat

Meskipun melakukan latihan dengan aktif adalah hal penting, namun beristirahat dalam jumlah yang cukup juga merupakan hal yang nggak kalah penting bro kalo Lo ingin mendapatkan stamina yang baik. Cukup istirahat mampu membuat Lo lebih segar, berenergi, dan fokus sehingga Lo bisa melakukan berbagai aktivitas. Kalo Lo kurang istirahat, maka itu akan membuat Lo lemah dan pada akhirnya akan membuat kinerja Lo jadi nggak bagus. Kurang tidur akan menimbulkan beberapa masalah untuk kesehatan bro yang pada akhirnya akan berdampak negatif untuk stamina Lo seperti naiknya berat badan, tekanan darah tinggi, dan mudah sakit.

Walaupun kebutuhan tiap orang nggak sama, National Sleep Foundation menyarankan agar orang dewasa tidur sekitar 7 sampe 9 jam dalam semalam. Tidur kurang dari 6 jam dalam semalam biasanya dianggap masih kurang dan tidak sehat sehingga bisa menimbulkan beberapa masalah kesehatan seperti yang Gw sebutin tadi.

Jadi bro, kalo Lo nggak mau aktvitas Lo terganggu karena Lo sakit atau Lo ngerasa lemes, maka mulai sekarang Lo harus merencanakan untuk segera meningkatkan stamina Lo. Caranya Lo bisa ikutin tips yang Gw jelasin di atas. Pada dasarnya sih nggak ribet, asal Lo udah niat dan Lo konsisten melakukannya. Semoga bermanfaat bro, dan jangan lupa di share ya. Thanks.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini