gentlemancode.id
Bagaimana caranya mendapatkan tidur berkualitas

BAGAIMANA CARANYA MENDAPATKAN TIDUR BERKUALITAS

Published on Wednesday, 27 December 2017

Bro, apakah Lo adalah orang yang sering mengalami susah tidur atau tidur yang tidak nyenyak? Kalo, iya maka wajib banget hukumnya buat Lo untuk baca artikel ini sampe selese karena Gw akan ngasi tau Lo mengenai gimana caranya mendapatkan tidur yang berkulitas, Bro.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa kurang tidur memiliki peran dalam menurunnya kemampuan berpikir dan mencerna informasi. Kurang tidur juga menjadi penyebab terjadinya kecelakaan ketika bekerja atau berkendara. Nah, jika keadaan ini dibiarkan dalam jangka yang panjang, kurang tidur akan menyebabkan meningkatnya resiko serangan jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi, Bro.

Sebelum kita masuk ke pembahasan tentang gimana caranya agar kita mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas, terlebih dahulu kita akan membahas apa kira-kira yang menjadi penyebab seseorang mengalami sulit tidur. Kenapa? Karena dengan mengetahui penyebabnya, maka kita lebih mudah dalam mengatasi kondisi ini. Dibawah ini adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang mengalami susah tidur:

1. Stres

Nggak bisa kita pungkiri, permasalahan yang kita alami seperti urusan pekerjaan, percintaan, dan keuangan dapat membuat kita stres. Masalah ini akan terus berputar dalam pikiran kita dan membuat kita terus-terusan memikirkannya. Inilah salah satu penyebab mengapa kita sulit untuk memejamkan mata ketika ingin tidur di malam hari.

2. Usia

Faktor usia juga menjadi salah satu penyebab seseorang mengalami susah tidur. Memasuki usia 40 tahun, pada umumnya seseorang akan mengalami perubahan pola tidur. Jika sebelumnya bisa tidur nyenyak setiap malam, maka untuk orang-orang yang berusia 40 tahun ke atas akan mengalami kecenderungan untuk terbangun di malam hari. Nah, semakin sering kita terbangun, maka kita tidak akan mendapatkan kualitas tidur yang baik.

3. Efek samping zat kimia

Alkohol dan kafein yang Lo konsumsi mampu membuat Lo terbangun pada malam hari  lebih sering dari biasanya. Konsumsi nikotin berlebihan juga bisa menyebabkan hal yang sama. Apalagi kalo misalnya Lo terlalu banyak mengkonsumsi alkohol, Lo akan mengalami sakit kepala dan berkeringat, Bro. 

Nah, setelah Lo tahu penyebabnya, sekarang saatnya Lo mengetahui gimana cara mengatasinya. Dibawah ini adalah beberapa cara yang bisa Lo ikuti untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

1. Membatasi tidur siang

Tidur siang apabila terlalu lama maka akan menjadi penyebab susah tidur ketika malam tiba. Untuk itu, disarankan untuk membatasi waktu tidur siang Lo Bro supaya nanti malam Lo bisa tidur dengan nyenyak.

2. Hindari olahraga keras sebelum tidur

Olahraga yang terlalu berat yang Lo lakukan sebelum tidur akan menyebabkan Lo mengalami susah tidur, Bro. Olahraga cenderung akan membuat tubuh Lo menjadi segar. Keadaan inilah yang akan membuat Lo menjadi susah tidur karena sensasi segar yang Lo dapat dari olahraga akan membutuhkan waktu yang lama untuk menenangkan diri sehingga Lo akhirnya susah untuk tidur.

3. Hindari makanan berat menjelang tidur

Makanan berat akan membuat sistem pencernaan Lo bekerja lebih keras. Mengkonsumsi makanan berat menjelang tidur akan membuat Lo tidak bisa tidur dengan cepat. Kalo misalnya Lo laper, Lo bisa menyiasatinya dengan makanan kecil seperti biskuit, susu, atau sereal. Makanan ini akan membuat Lo justru lebih rileks, Bro. Tapi inget, batasi waktu makan Lo, paling lambat satu jam sebelum Lo tidur.

4. Hindari kopi dan rokok

Kopi mengandung kafein yang bisa membuat Lo susah untuk tidur karena Lo nggak ngerasa ngantuk. Kalo pun dipakasin, Lo akan berkali-kali kebangun Bro. Nah, hal inilah yang membuat kualitas tidur Lo menurun. Kalo misalnya Lo emang doyan banget ngopi maka Lo harus tau kapan aja waktu yang tepat untuk ngopi karena nggak semua waktu baik untuk menikmati kopi.

5. Hindari nonton TV di kamar apalagi mengerjakan pekerjaan kantor

Idealnya, tempat tidur itu adalah tempat untuk Lo istirahat Bro bukan tempat untuk nonton TV apalagi ngerjain tugas kantor. Kalo Lo pengen tidur cepet, maka Lo harus menghentikan semua kegiatan Lo. Jauhkan laptop, tablet, atau hp Lo supaya Lo bisa segera tidur.

6. Buatlah jadwal tetap

Tidur pada jam yang sama secara rutin akan bermanfaat untuk membantu tubuh untuk menciptakan body alarm.  Jadwal tidur yang tetap akan membantu Lo untuk tidur nyenyak. Nah, jangan lupa juga Bro untuk membuat tempat tidur Lo senyaman mungkin dan gunakan cahaya yang redup agar tubuh bisa beristirahat dengan baik.

Banyak cara yang bisa Lo lakukan untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Lo bisa memulainya sekarang, minimal tentukan waktu tidur Lo agar tubuh dapat menyesuaikan jam tidur yang stabil. Nah, itu aja yang bisa Gw bagi kali ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ya. Thanks.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini