gentlemancode.id
Bahaya Gas Karbon Monoksida Bagi Manusia

BAHAYA GAS KARBON MONOKSIDA BAGI MANUSIA

Published on Friday, 22 December 2017

Beberapa waktu yang lalu, media diramaikan dengan kabar meninggalnya pentolan salah satu boyband dari korea yaitu SHINee. Kabar ini langsung tersebar luas dan viral, Bro. Gw yakin Lo semua pasti sempet denger atau baca berita tersebut karena hampir semua media memberitakan hal ini. Diduga, penyebab kematiannya itu adalah karena keracunan gas karbon monoksida, Bro. Kok bisa ya gas karbon monoksida bisa berbahaya seperti itu? Untuk tahu jawabannya, simak penjelasannya dibawah ini ya!

1. Gas karbon monoksida merupakan gas yang berbahaya, namun sulit dideteksi keberadaannya

Karakter gas karbon monoksida diantaranya adalah tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa dan tidak merangsang. Nah, itulah sebabnya gas karbon monoksida sulit untuk di deteksi. Kalo seseorang sampe menghirupnya sekalipun dalam kadar rendah, orang tersebut dapat mengalami sesak napas dan pucat, Bro. Kalo gas yang dihirup kadarnya lebih tinggi, maka keadaan tersebut akan menyebabkan pingsan bahkan kematian.

2. Kenapa gas ini berbahaya?

Ketika seseorang menghirup gas karbon monoksida, maka gas tersebut akan masuk kedalam paru-paru dan mengikat hemoglobin pada darah. Hemoglobin lebih mudah terikat kepada karbon monoksida dibadingkan dengan oksigen. Nah, keadaan ini akan menyebabkan jumlah karbon monoksida meningkat dan jumlah oksigen akan berkurang. Ini lah yang menyebabkan seseorang mengalami sesak, pingsan, bahkan meninggal.

3. Menyebabkan berbagai macam gangguan fungsi organ tubuh

Dari informasi yang Gw dapat dari Alodokter, ketika nafas terganggu, paru-paru tidak bisa mengalirkan oksigen ke dalam darah dengan lancar. Tidak hanya itu, gagal napas juga dapat menimbulkan berbagai macam gangguan pada fungsi organ tubuh. Seperti, dapat menimbulkan penyumbatan pada pembulu darah paru-paru, serangan jantung, menganggu fungsi ginjal, gangguang pencernaan, gangguan darah seperti polisitemia, kekurangan oksigen pada otak, dan kegagalan multi organ yang menyebabkan berbagai organ tubuh gagal berfungsi sebagaimana mestinya hingga berakibat fatal.

4. Karbon monoksida ada di sekitar kita

Gas karbon monoksida diproduksi saat bahan bakar tidak terbakar dengan sempurna. Tubuh Lo akan lebih mudah untuk menyerap karbon dioksida dibanding oksigen, terlebih saat kadar karbon dioksida di udara terlalu tinggi. Faktor ini dapat mempercepat proses keracunan karbon monoksida.

Sumber emisi karbon monoksida diantaranya adalah: tungku pembakaran, asap pembuangan kendaraan bermotor, kompor kayu, pemanas yang menggunakan kerosene, dan gas.

5. Gejala dan cara mecegah keracunan gas karbon monoksida

Gejala-gejala yang umum dari keracunan karbon monoksida sering mirip dengan penyakit lain, seperti influenza. Di antaranya: sakit kepala, mual, pusing, kesulitan berkonsentrasi, nyeri dada, sesak napas dan penglihatan buram.

Gejala lain yang disebabkan keracunan ini termasuk rasa kantuk, pingsan, hingga koma. Keracunan karbon monoksida akut dapat berujung pada kematian. Kematian yang terjadi akibat keracunan gas karbon monoksida adalah kematian yang biasanya tidak disadari, karena korban dapat sewaktu-waktu meninggal pada saat tidur atau mabuk tanpa adanya gejala apapun.

Penanganan pertama yang bisa dilakukan ketika merasakan gejala tersebut adalah membuka ventilasi atau pintu ruangan lebar-lebar untuk segara membuang gas karbon monoksida yang tersisa.

Kalo Lo nggak pengen sampe keracunan gas ini, pastikan ruangan yang terpasang perlatan gas atau perapian memiliki sirkulasi udara yang baik. Terus, hindari memanaskan kendaran bermotor pada garasi tertutup. Selain itu, kalo misalnya Lo sering merokok, cobalah untuk tidak merokok di sembarang tempat agar tidak menganggu kesehatan orang lain.

Nah Bro, itulah beberapa hal yang harus Lo waspadai mengenai gas karbon monoksida. Inget Bro, seperti yang Gw bilang tadi bahwa gas ini begitu dekat dengan keseharian kita, jadi kita harus lebih ekstra hati-hati dan selalu waspada.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ya. Thanks.

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini