gentlemancode.id
Buah Kaya Akan Manfaat, Jangan Lupa Makan Buah Ya

BUAH KAYA AKAN MANFAAT, JANGAN LUPA MAKAN BUAH YA

Published on Monday, 20 June 2016

Kita pasti sudah tahu bahwa buah kaya akan manfaat untuk tubuh kita. Dibandingkan dengan suplemen dan obat-obatan yang banyak beredar di toko, buah jauh lebih aman dalam menjaga dan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh kita.

Selain tidak berbahaya, buah lebih murah dibandingkan dengan suplemen atau obat yang sekarang banyak beredar. Jadi jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi buah. Berikut ini adalah beberapa buah yang baik untuk kita konsumsi.

1. Apel

Satu apel berukuran sedang mengandung 4 gram serat makanan, yang dapat memenuhi sekitar 17% asupan serat harian yang disarankan. Masih dengan takaran yang sama, apel mampu menyediakan 14% kebutuhan harian vitamin C Anda.

Vitamin C dan beta karotin yang merupakan anti oksidan alami pun banyak terdapat dalam apel. Buah ini juga merupakan sumber vitamin B kompleks seperti riboflavin, thianmin, dan pyridoksin (vitamin B6). Ada juga kandungan potasium, fosfor, dan kalsium meski dalam jumlah kecil.

2. Jeruk

Buah jeruk mengandung sejumlah nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, serat, kalium, fruktosa, limonoid, Polyphonel, Karetonoid, Flavonoid, Beta karotin, gula, dan karbohidrat.

Mempertahankan asupan natrium yang rendah sangat penting untuk menurunkan tekanan darah, namun meningkatkan asupan kalium mungkin sama pentingnya karena efek vasodilatasinya. Menurut the National Health and Nutrition Examination Survey, kurang dari 2% orang dewasa AS tidak memenuhi asupan harian kalium sebanyak  4700 mg. Juga dari catatan, asupan kalium yang tinggi dikaitkan dengan 20% penurunan risiko kematian karena berbagai kasus.

3. Pear

Kandungan serat buah pir berperan sangat penting bagi pencernaan manusia. Satu porsi buah pir menyediakan 18% dari kebutuhan asupan serat harian, jadi sangat kuat untuk kesehatan dan fungsi pencernaan. Sebagian besar serat dalam buah pir merupakan serat tak larut, yang berarti bertindak sebagai agen pengumpul di usus. Serat akan mengakumulasi makanan sehingga lebih mudah untuk melewati usus. Selain itu, merangsang sekresi lambung dan cairan pencernaan sehingga makanan bisa bergerak lembut, dalam keadaan yang lebih mudah dicerna. Ini akan mengatur buang air besar dan mengurangi kemungkinan sembelit dan diare, karena menambah pergerakan usus. Juga, sifat serat pir yang berpasir membantu mengikat agen penyebab kanker dan radikal bebas dalam usus besar dan melindunginya dari efek merusak.

4. Jambu Biji Merah

Salah satu manfaat jambu adalah mencegah penebalan darah, sehingga mempertahankan fluiditas darah dan mengurangi tekanan darah. Jambu juga membantu mengurangi kolesterol dalam darah Penelitian telah menunjukkan bahwa bahan makanan yang kurang serat (seperti tepung halus) menambah tekanan darah, karena konversi cepat untuk gula. Jambu sangat kaya serat dan hipoglikemik sehingga efektif membantu menurunkan tekanan darah dan memicu kerja jantung lebih baik yang mencegah timbulnya gejala penyakit jantung.

5. Semangka

Satu buah semangka terdiri dari 91 persen air dan 6 persen gula. Semangka mengandung beberapa macam vitamin termasuk vitamin A, B1, B6, dan yang paling menonjol adalah vitamin C. Selain itu, semangka juga mengandung asam amino sitrulin, asam spantotenik, tembaga, biotin, potasium, kalium, dan magnesium.

Kandungan elektrolit dan air yang tinggi dalam semangka sangat baik untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Kandungan lemak dan kalorinya pun sangat rendah, hanya 30 kalori per 100 g sehingga Anda tidak perlu khawatir berat badan akan bertambah jika mengkonsumsi buah manis ini. Serat pangan yang ada di dalamnya justru membantu melancarkan pencernaan dan baik untuk teman diet.

6. Melon

Selain memiliki rasa yang segar, buah melon juga mengandung segudang nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Dalam 100 gram daging buah melon terdapat zat gizi penting seperti, karbohidrat 14,8 gr, protein 1,55 gr, lemak 0,5 gr, potassium 546,9 mg, vitamin A 5.706,5 IU (mencukupi 64 persen kebutuhan vitmain A harian), dan vitamin C 74,7 mg (mencukupi 12 persen kebutuhan vitamin C harian).

Selain efektif mencegah serangan kanker, kandungan adenosine pada buah melon juga mampu menghentikan penggumpalan sel darah yang dapat mengakibatkan serangan jantung dan stroke. Adenosine bekerja dengan cara melancarkan peredaran sel-sel darah merah sehingga memperkecil risiko serangan jantung dan stroke.

7. Belimbing Manis

Belimbing manis merupakan buah yang kaya vitamin A dan C yang bersifat antioksidan dan kalium. Yang patut diperhitungkan juga adalah seratnya, terutama serat pektin yang berguna bagi kesehatan pembuluh darah.

8. Nanas

Nanas kaya akan vitamin A dan C yang bersifat antioksidan. Selain itu juga mengandung kalsium, fosfor, magnesium, mangan, zat besi, thiamin, natrium, kalium, gula buah (sukrosa), serta enzim bromelain, suatu enzim protese yang bekerja sebagai pemecah protein. Selain itu nanas juga mengandung cukup banyak serat.

9. Alpukat

Alpukat adalah buah yang mengandung vitamin E tertinggi. Vitamin E merupakan vitamin penting, yang membantu untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Vitamin E juga memiliki efek positif pada penyakit jantung, stroke, pencegahan kanker, dan pengembangan katarak, dan banyak diklaim memiliki sifat antipenuaan.

10. Sirsak

Sirsak mengandung vitamin C yang tinggi, serta beberapa vitamin B seperti thiamin, riboflavin, dan niasin. Sirsak juga mengandung mineral seperti kalsium , fosfor dan sedikit zat besi. Buah sirsak terdiri dari 67,5 % daging lembut, kulit  20 % , biji  8,5% dan 4 % nya adalah inti buah.

Vitamin B1 yang ada dalam sirsak berkhasiat mempercepat metabolisme , sirkulasi darah dan mencegah gangguan saraf .Juga mengandung vitamin B2 yang penting untuk produksi energi bagi tubuh, penyimpanan lemak , berfungsinya sistem saraf dan pemeliharaan otot jantung.

Bagaimana? buah-buah yang disebutkan diatas adalah hanya sedikit dari banyak buah-buahan yang kaya akan manfaat untuk tubuh kita. So, Jangan malas makan buah ya. Stay fresh gentleman.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini