gentlemancode.id
Buat Lo yang baru mau mulai nge-gym, ikuti 9 tips ini bro

BUAT LO YANG BARU MAU MULAI NGE-GYM, IKUTI 9 TIPS INI BRO

Published on Thursday, 25 January 2018

Lo yang tadinya malas untuk berolahraga tiba-tiba pengen nyoba nge-gym? Wow, itu adalah sebuah permulaan yang baik buat Lo bro. Dengan pola latihan yang benar dan teratur, nge-gym bisa membantu Lo mendapatkan tubuh ideal dan akan membantu Lo meningkatkan stamina Lo. Buat Lo yang baru aja pengen mulai nge-gym ada baiknya Lo mengikuti beberapa tips ini sebagai dasar pengetahuan Lo sebelum memulai latihan.

1. Cari pengetahuan sebanyak-banyaknya mengenai gym

Sebelum Lo memulai latihan di gym, sebaiknya Lo mencari pengetahuan sebanyak-banyaknya mengenai olahraga dan pola hidup sehat dari berbagai sumber. Lo bisa mendapatkannya dari majalah, buku, internet, atau bisa juga dari video-vieo yang di unggah di Youtube. Dengan pengetahuan yang baik tentang pola hidup sehat dan olahraga, maka itu akan membantu Lo nanti dalam pola latihan Lo.

2. Buat jadwal latihan

Buat jadwal latihan yang kira-kira Lo punya waktu longgar untuk melakukannya dan patuhilah jadwal tersebut dengan baik. Dengan dibuatnya jadwal latihan, maka Lo akan lebih terpacu untuk melakukan latihan berdasarkan jadwal yang sudah Lo buat sebelumnya. Kalo nggak dijadwalin, biasanya Lo nggak disiplin bro sama latihan yang harus Lo lakukan.

3. Buat target yang realistis

Target seperti apa yang ingin Lo capai dari latihan Lo? Apakah Lo pengen badan Lo penuh dengan otot atau Lo hanya pengen nurunin berat badan Lo? Nah, tentukan apa yang ingin Lo capai secara realistis. Misal Lo pengen nurunin berat badan, maka nurunin 1 kg per minggu adalah target yang bisa dikejar. Sementara buat Lo yang pengen menambah massa otot, menambah massa otot 400-500 gram seminggu itu masih realistis, bro.

4. Jaga nutrisi makanan

Ya bro, kalo Lo mau menjaga badan Lo supaya tetap ideal maka Lo harus menjaga asupan makanan Lo. Pilih makanan yang tinggi protein, karbohidrat seimbang, dan rendah lemak. 

5. Mulai latihan secara perlahan

Kalo Lo baru mulai, maka jangan sampe Lo terburu-buru bro. Mulailah secara perlahan dan lakukan secara bertahap. Para ahli merekomendasikan untuk melakukannya 2-3 hari per minggu setidaknya 30 menit per hari. 

6. Jangan lupa untuk melakukan peregangan

Selain pemanasan, jangan lupa untuk melakukan peregangan otot sebelum dan setelah melakukan latihan. Pemanasan dan peregangan akan mengurangi risiko cedera saat melakukan latihan. 

7. Jangan hanya melakukan latihan di satu jenis olahraga

Saat Lo latihan, Lo bisa melakukan aktivitas apapun sesuai dengan target yang udah Lo buat sebelumnya. Sama seperti ketika Lo berolahraga  di rumah atau di luar ruangan, Lo bisa melakukan berbagai macam jenis latihan. Jadi, jangan cuma melakukan satu latihan yang sama bro, tapi lakukan latihan lain secara bergantian.

8. Ketahui berat beban dan cara yang benar menggunakan alat-alat fitness

Mungkin Lo akan bingung ketika pertama kali memulai latihan karena banyaknya alat latihan yang disediakan di tempat fitness. Nah, kalo Lo bingung Lo jangan malu untuk bertanya karena kalo Lo salah dalam menggunakan alat-alat tersebut Lo bisa terkena cedera, bro.  Biar lebih aman, mintalah petugas di tempat fitness Lo untuk memberikan saran mengenai latihan apa yang cocok buat Lo yang baru mulai. Biasanya tiap tempat fitness suka ada trainer nya bro, jadi jangan malu untuk meminta bantuan mereka ya.

9. Ketahui kapan waktu untuk istirahat

Mungkin Lo berfikir bahwa latihan setiap hari itu baik. Padahal, kita perlu untuk mengimbangi waktu latihan Lo dengan istirahat, karena kalo Lo nggak istirahat, tubuh dan otot Lo nggak punya waktu untuk memulihkan diri.

Nah, awal-awal biasanya Lo akan merasa sakit atau nyeri setelah latihan, jangan khawatir bro itu baik karena artinya otot Lo sudah merasakan efek latihan yang Lo lakukan. Nggak usah panik dan biarkan rasa nyeri itu pulih secara alami.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini